BeritaArrow iconSahamArrow iconArtikel

Japfa Comfeed (JPFA) Siapkan Dana Rp350 Miliar untuk Buyback Saham

Martina Priyanti27 Februari 2024
Tags:
Japfa Comfeed (JPFA) Siapkan Dana Rp350 Miliar untuk Buyback Saham
Ilustrasi pembelian kembali (buyback) atas saham-saham yang telah dikeluarkan. (Shutterstock)

Untuk melancarkan aksi korporasi ini JPFA akan meminta persetujuan dalam RUPSLB yang digelar pada hari Rabu, tanggal 3 April 2024

Bareksa.com - PT Japfa Comfeed Indonesia Tbk (JPFA) berencana melakukan pembelian kembali (buyback) atas saham-saham yang telah dikeluarkan oleh perseroan dan tercatat pada PT Bursa Efek Indonesia (BEI). Dalam keterangan tertulisnya Senin (26/2/2024), Manajemen JPFA menuturkan bahwa jumlah mandat Buyback yang akan dimintakan persetujuan dari pemegang saham adalah maksimum 1,5% dari seluruh saham yang telah ditempatkan perseroan, dengan maksimum dana sebesar Rp350 miliar.

Selanjutnya Jika JPFA memutuskan untuk memanfaatkan mandat buyback, Manajemen akan mempertimbangkan semua faktor keuangan dan non-keuangan yang relevan (misalnya kondisi pasar saham dan kinerja saham) serta ketersediaan sumber internal dan atau eksternal. Lebih lanjut, Manajemen tidak akan melaksanakan buyback apabila hal tersebut, sedemikian rupa dapat menyebabkan likuiditas dan kondisi operasional Perseroan akan terpengaruh secara material. Harga saham buyback akan ditentukan berdasarkan ketentuan yang diatur sesuai regulasi OJK dalam POJK 29/2023.

Perseroan hanya dapat melaksanakan mandate buyback setelah semua pembelian saham sebelumnya (saham treasury) telah digunakan seluruhnya oleh Perseroan. Pada tanggal pengumuman ini, jumlah saham hasil pembelian kembali lama yang disimpan dalam treasury adalah 98.905.300 saham dan aksi korporasi ini akan dilakukan baik melalui Bursa maupun di luar Bursa.

Promo Terbaru di Bareksa

Buyback akan dilaksanakan melalui Bursa di mana Perseroan akan menunjuk perantara pedagang efek yang terdaftar di Bursa. Sesuai ketentuan yang berlaku, Perseroan dapat menggunakan saham buyback tersebut untuk tujuan berikut, termasuk namun tidak terbatas pada penjualan kembali atau dijual diluar pasar kepada investor atau pemegang saham Perseroan, pembiayaan hutang yang bersifat ekuitas seperti obligasi yang dapat ditukarkan, ESOP termasuk namun tidak terbatas PT Japfa Performance Share Plan dan pengurangan modal, atau keperluan lainnya sepanjang diijinkan oleh ketentuan yang berlaku.

Disebutkan bahwa Manajemen JPFA tetap berkeyakinan bahwa pelaksanaan buyback tersebut tidak akan secara material mempengaruhi kondisi usaha atau kondisi keuangan Perseroan. Lebih dari pada itu, buyback tidak akan menyebabkan kekayaan bersih Perseroan menjadi lebih kecil dari modal yang ditempatkan ditambah cadangan wajib yang sudah disisihkan.

Untuk melancarkan aksi korporasi ini maka JPFA akan meminta persetujuan dalam Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa yang digelar pada hari Rabu, tanggal 3 April 2024.

Investasi Saham di Sini

(IQPlus/05727802/mp) ​

***

Ingin berinvestasi aman di saham dan reksadana secara online yang diawasi OJK?

- Daftar jadi nasabah, klik tautan ini
- Beli reksadana, klik tautan ini
- Beli emas, klik tautan ini
- Download aplikasi reksadana Bareksa di App Store​
- Download aplikasi reksadana Bareksa di Google Playstore
- Belajar reksadana, klik untuk gabung Komunitas Bareksa di Facebook. GRATIS

DISCLAIMER​​​​​

Investasi saham mengandung risiko dan seluruhnya menjadi tanggung jawab pribadi. Bareksa membuat informasi ini dari materi dan sumber-sumber terpercaya, serta tidak dipengaruhi pihak manapun. Informasi ini bukan merupakan ajakan, ataupun paksaan untuk melakukan transaksi dan Bareksa tidak memberikan jaminan atas transaksi yang dilakukan.

Pilihan Investasi di Bareksa

Klik produk untuk lihat lebih detail.

Produk EksklusifHarga/Unit1 Bulan6 BulanYTD1 Tahun3 Tahun5 Tahun

Trimegah Dana Tetap Syariah

1.317,1

Up0,14%
Up3,25%
Up0,02%
Up5,57%
Up18,23%
-

Capital Fixed Income Fund

1.770,56

Up0,58%
Up3,37%
Up0,02%
Up6,89%
Up17,19%
Up44,49%

Syailendra Pendapatan Tetap Premium

1.749,49

Down- 0,90%
Up3,16%
Up0,01%
Up3,87%
Up18,25%
Up46,69%

Trimegah Dana Obligasi Nusantara

1.038,44

Down- 0,06%
Up1,99%
Up0,02%
Up2,93%
Down- 2,23%
-

STAR Stable Amanah Sukuk

Produk baru

1.035,35

Up0,49%
-
Up0,03%
---

Video Pilihan

Lihat Semua

Artikel Lainnya

Lihat Semua