BeritaArrow iconSahamArrow iconArtikel

Pefindo Tegaskan Peringkat Id A Plus untuk Obligasi Barito Pacific (BRPT)

Hanum Kusuma Dewi06 November 2023
Tags:
Pefindo Tegaskan Peringkat Id A Plus untuk Obligasi Barito Pacific (BRPT)
Ilustrasi peringkat kredit (credit rating) perusahaan emiten yang akan menerbitkan surat utang atau obligasi korporasi. (Shutterstock)

Barito Pacific merencanakan penerbitan Obligasi Berkelanjutan III Tahap II sebesar Rp1,0 triliun pada kuartal empat 2023

Bareksa.com - PEFINDO menegaskan peringkat idA+ untuk PT Barito Pacific Tbk (BRPT) dengan outlook stabil. Lembaga pemeringkat ini juga menegaskan peringkat idA+ untuk Obligasi Berkelanjutan I, Obligasi Berkelanjutan II, dan Obligasi Berkelanjutan III, termasuk rencana penerbitan Obligasi Berkelanjutan III Tahap II sebesar Rp1,0 triliun pada kuartal keempat tahun 2023 untuk tujuan pembiayaan kembali.

Peringkat mencerminkan posisi pasar yang kuat dari segmen operasional utama BRPT pada bisnis petrokimia melalui PT Chandra Asri Petrochemical Tbk (TPIA) dan bisnis energi terbarukan melalui PT Barito Renewable Energy Tbk (BREN), pembagian dividen yang stabil dari anak-anak usaha utama, dan arus pendapatan yang stabil dari segmen energi. Namun, peringkat dibatasi oleh ukuran proteksi arus kas yang moderat, akses tidak langsung terhadap arus kas operasional anak perusahaan, dan risiko yang melekat dengan segmen operasi utama Perusahaan.

Peringkat dapat dinaikkan jika kinerja BRPT membaik yang tercermin dengan membaiknya profil keuangan secara berkelanjutan, terutama ukuran proteksi arus kas sebagai hasil dari upaya penurunan utang dan kemampuan menghasilkan arus kas yang lebih tinggi dari anak-anak perusahan.

Promo Terbaru di Bareksa

Namun, peringkat akan diturunkan jika terdapat penurunan dalam profil keuangan atau aliran arus kas dari anak-anak perusahaan secara berkelanjutan karena selisih yang menipis pada bisnis petrokimia, utang lebih besar dari yang diproyeksikan tanpa diiringi oleh kemampuan menghasilkan arus kas yang lebih kuat, atau bencana alam yang sangat memperburuk segmen panas bumi. Peringkat juga belum memperhitungkan belanja modal tambahan yang didanai dari utang untuk beberapa proyek TPIA, karena keputusan investasi final belum difinalisasi.

Didirikan pada tahun 1979, BRPT adalah perusahaan induk investasi yang dimiliki oleh Prajogo Pangestu. Saat ini Perusahaan beroperasi pada dua segmen utama, petrokimia dan energi terbarukan, melalui kepemilikan saham pengendali pada PT Chandra Asri Petrochemical Tbk (TPIA) dan PT Barito Renewable Energy Tbk (BREN). Per 30 September 2023, pemegang saham Perusahaan adalah Prajogo Pangestu (71,16%), PT Barito Pacific Lumber (1,21%), PT Tunggal Setia Pratama (0,34%), saham diperoleh kembali (0,20%), dan lainnya (27,09%).

Beli Reksadana, Klik di Sini

(IQPlus/30936823/hm)

***

Ingin berinvestasi aman di emas dan reksadana secara online yang diawasi OJK?

- Daftar jadi nasabah, klik tautan ini
- Beli reksadana, klik tautan ini
- Beli emas, klik tautan ini
- Download aplikasi reksadana Bareksa di App Store​
- Download aplikasi reksadana Bareksa di Google Playstore
- Belajar reksadana, klik untuk gabung Komunitas Bareksa di Facebook. GRATIS

DISCLAIMER​​​​​

Kinerja masa lalu tidak mencerminkan kinerja di masa mendatang. Investasi reksadana mengandung risiko. Investor wajib membaca dan memahami prospektus dan fund fact sheet dalam berinvestasi reksadana.

Saham adalah instrumen investasi yang memiliki risiko kerugian. Artikel ini bertujuan untuk berbagi informasi seputar pasar dengan analisa untuk meminimalisir risiko. Setiap keputusan transaksi beli jual saham ada di tangan investor.


Pilihan Investasi di Bareksa

Klik produk untuk lihat lebih detail.

Produk EksklusifHarga/Unit1 Bulan6 BulanYTD1 Tahun3 Tahun5 Tahun

Trimegah Dana Tetap Syariah

1.317,1

Up0,19%
Up3,37%
Up0,02%
Up5,62%
Up18,27%
-

Capital Fixed Income Fund

1.770,56

Up0,58%
Up3,37%
Up0,02%
Up6,89%
Up17,19%
Up44,49%

Syailendra Pendapatan Tetap Premium

1.749,49

Down- 0,88%
Up2,77%
Up0,01%
Up3,89%
Up18,26%
Up46,70%

Trimegah Dana Obligasi Nusantara

1.038,44

Down- 0,02%
Up2,04%
Up0,02%
Up2,98%
Down- 2,22%
-

STAR Stable Amanah Sukuk

Produk baru

1.035,35

Up0,51%
-
Up0,03%
---

Video Pilihan

Lihat Semua

Artikel Lainnya

Lihat Semua