BeritaArrow iconReksadanaArrow iconArtikel

Pilih Stabilitas Ketimbang Volatilitas? Trimegah Dana Obligasi Nusantara Jawabnya

Hanum Kusuma Dewi24 Januari 2024
Tags:
Pilih Stabilitas Ketimbang Volatilitas? Trimegah Dana Obligasi Nusantara Jawabnya
Ilustrasi investor dengan profil risiko moderat memeriksa smartphone untuk melihat kinerja investasi reksa dana Trimegah Dana Obligasi Nusantara. (Shutterstock)

Reksa dana pendapatan tetap ini mayoritas berinvestasi di aset obligasi korporasi

Bareksa.com - Kamu investor moderat yang sedang mencari produk investasi stabil untuk jangka menengah? Reksa dana pendapatan tetap Trimegah Dana Obligasi Nusantara bisa menjadi pertimbangan. Produk yang dikelola oleh PT Trimegah Asset Management ini menaruh mayoritas portofolionya di obligasi korporasi, yang terbilang lebih stabil saat pasar berfluktuasi.

Menurut prospektusnya, reksa dana ini bertujuan untuk memberikan tingkat pengembalian yang optimal melalui strategi berinvestasi pada Efek Bersifat Utang di sektor-sektor unggulan serta dapat melakukan investasi pada Efek bersifat ekuitas dan/atau instrumen pasar uang dalam negeri.

Secara lebih rinci, produk reksa dana yang sudah meluncur sejak 14 Mei 2020 ini sekarang mengambil strategi investasi yang mengutamakan stabilitas melalui obligasi korporasi. Apa alasannya?

Promo Terbaru di Bareksa

Menurut paparan dari manajer investasi yang meninjau kinerja Obligasi Negara dan Korporasi sejak 2015, Portofolio Reksa Dana yang berfokus pada Obligasi Korporasi mampu memberikan kinerja yang cukup baik di berbagai kondisi pasar obligasi.

Grafik Perbandingan Kinerja Portofolio Obligasi Negara vs Korporasi

Illustration

Sumber: Trimegah AM

Seperti terlihat dalam grafik, Obligasi Korporasi menunjukkan kinerja yang lebih stabil di berbagai tren pasar, dibandingkan dengan Obligasi Negara.

Lantas, bagaimana manajer investasi mengelola produk ini?

Trimegah AM menjelaskan bahwa proses investasi untuk meracik produk reksa dana ini melalui tiga proses, yaitu analisa top down, analisa bottom up, dan portfolio review secara berkala.

Dalam proses pertama, analisa top down, manajer investasi melakukan analisa terhadap kondisi ekonomi makro serta pasar modal baik global maupun domestik untuk menentukan strategi bobot penempatan alokasi aset dan durasi obligasi.

Kemudian, dalam analisa bottom up, pengelola dana membentuk universe (aset-aset dalam pantauan) untuk menyeleksi mana saja yang bisa masuk dalam portofolio. Proses analisis ini mencakup pemilihan sektor dan subsektor, pengecekan credit rating emiten, analisis laporan keuangan, background checking, hingga analisis likuiditas obligasi.

Terakhir, dalam portfolio review, manajer investasi meninjau kembali secara berkala bagaimana alokasi aset untuk meminimalisir risiko dan memberikan imbal hasil optimal. Review juga dilakukan terhadap masing-masing underlying asset untuk mencermati perubahan rating dan kondisi keuangan yang dapat menyebabkan risiko gagal bayar.

Strategi Produk

Berkaitan dengan strategi produk, manajer investasi tidak main-main. Trimegah Dana Obligasi Nusantara (TDON) akan berinvestasi pada Obligasi Korporasi berkualitas dengan minimum rating single A.

Illustration

Selain itu, untuk menjaga tingkat volatilitas, durasi portofolio TDON akan dijaga lebih rendah daripada 3 tahun. Sebagai informasi, durasi pada obligasi menunjukkan sensitivitas pada suku bunga. Semakin rendah durasi, menjadi kurang sensitif pada perubahan suku bunga sehingga harganya cenderung tidak volatil.

Apa saja isi portofolio TDON?

Menurut fund fact sheet Desember 2023, aset terbesar (top holdings) reksa dana ini adalah

  • Deposito Bank Muamalat

  • Sukuk Wakalah Medco Power Indonesia I Tahun 2018 Seri C

  • Sukuk Mudharabah Berkelanjutan III Indah Kiat Pulp & Paper Tahap I Tahun 2023 Seri A

  • Obligasi Berkelanjutan II Lontar Papyrus Pulp & Paper Industry Tahap II Tahun 2023 Seri B

  • Obligasi Berkelanjutan III Merdeka Copper Gold Tahap III Tahun 2022 Seri C

  • Obligasi Subordinasi Berkelanjutan III Bank BJB Tahap I Tahun 2021 Seri A

  • Obligasi Berkelanjutan I Trimegah Sekuritas Indonesia Tahap I Tahun 2023 Seri B

  • Sukuk Ijarah Berkelanjutan II Aneka Gas Industri Tahap IV Tahun 2021 Seri B

  • Obligasi Berkelanjutan I Provident Investasi Bersama Tahap II Tahun 2023 Seri B

  • Deposito Bank Panin Syariah

Nah, menimbang risiko global yang mereda jelang akhir 2023 serta potensi pemangkasan suku bunga acuan AS mulai kuartal pertama 2024, investor global mulai optimis terhadap pasar obligasi. Sebab, jika suku bunga turun, dampaknya akan positif pada pasar obligasi.

Dengan pertimbangan tersebut, Trimegah Dana Obligasi Nusantara bisa menjadi pilihan bagi investor moderat dengan jangka waktu menengah. Selain itu, semua investor bisa juga memanfaatkan produk ini di Bareksa sebagai diversifikasi dan menyeimbangkan portofolio investasi.

Temukan Trimegah Dana Obligasi Nusantara sebagai produk eksklusif di super app Bareksa. Reksa Dana ini bisa dibeli dengan modal mulai Rp100.000 saja di Bareksa.

Beli Trimegah Dana Obligasi Nusantara

Promo Trimegah Dana Obligasi Nusantara

Smart Investor yang baru pertama kali membeli Reksa Dana Trimegah Dana Obligasi Nusantara di Bareksa berkesempatan mendapatkan hadiah. Tersedia reksa dana Rp50.000 untuk 200 investor tercepat.

Mau dapat hadiah? Caranya mudah, beli Trimegah Dana Obligasi Nusantara di Bareksa senilai minimal Rp1 juta selama periode promo. Gunakan kode promo 1TRIMJAN2024.

Baca juga syarat dan ketentuannya berikut ini.

Syarat dan Ketentuan Promo Trimegah Dana Obligasi Nusantara

1. Periode promo tanggal 24 Januari 2024 pukul 09.00 WIB - 12 Februari 2024 pukul 23.59 WIB

2. Promo berlaku KHUSUS untuk TRANSAKSI PERTAMA pembelian produk reksa dana TRIMEGAH DANA OBLIGASI NUSANTARA dengan memilih kode promo 1TRIMJAN2024

3. Satu investor hanya berhak memenangkan 1 (satu) jenis hadiah pada program promo dalam satu periode selama kuota tersedia

4. Program promo tidak berlaku untuk karyawan Bareksa

5. Investor dengan pembelian tercepat berhak memenangkan hadiah sesuai dengan kuota yang akan dibagikan selambatnya 20 hari kerja setelah pengumuman pemenang

6. Reksa Dana yang telah dibeli menggunakan kode promo tidak akan dihitung dalam penilaian program promosi apabila dijual sebelum tanggal 12 Mei 2024

7. Bareksa akan mengumumkan pemenang pada tanggal 30 Mei 2024 melalui media sosial dan email Bareksa.

8. Hadiah tidak dapat diuangkan dan dipindah tangankan

9. Keputusan Bareksa menentukan pemenang bersifat mutlak dan tidak dapat diganggu gugat.

10. Bareksa dapat membatalkan pemenang jika investor terbukti melakukan kecurangan, atau tidak dapat dihubungi

Ayo beli Trimegah Dana Obligasi Nusantara di Bareksa. Semangat capai tujuan keuangan kamu dan raih kesempatan untuk dapat hadiahnya.

Beli Trimegah Dana Obligasi Nusantara

(ADV | hm)

***

Ingin berinvestasi aman di emas dan reksadana secara online yang diawasi OJK?

- Daftar jadi nasabah, klik tautan ini
- Beli reksadana, klik tautan ini
- Beli emas, klik tautan ini
- Download aplikasi reksadana Bareksa di App Store​
- Download aplikasi reksadana Bareksa di Google Playstore
- Belajar reksadana, klik untuk gabung Komunitas Bareksa di Facebook. GRATIS

DISCLAIMER

Konten bersponsor. Kinerja masa lalu tidak mencerminkan kinerja di masa mendatang. Investasi reksadana mengandung risiko. Investor wajib membaca dan memahami prospektus dan fund fact sheet dalam berinvestasi reksadana.




Pilihan Investasi di Bareksa

Klik produk untuk lihat lebih detail.

Produk EksklusifHarga/Unit1 Bulan6 BulanYTD1 Tahun3 Tahun5 Tahun

Capital Fixed Income Fund

1.748,61

Up0,60%
Up3,49%
Up0,01%
Up7,75%
Up17,70%
Up43,65%

STAR Stable Income Fund

1.899,32

Up0,51%
Up2,82%
Up0,01%
Up6,45%
Up30,02%
Up62,01%

I-Hajj Syariah Fund

4.755,99

Up0,55%
Up2,78%
Up0,01%
Up6,46%
Up22,18%
Up40,57%

Syailendra Pendapatan Tetap Premium

1.754,13

Up0,56%
Up2,12%
Up0,01%
Up5,47%
Up20,26%
Up50,06%

Trimegah Dana Obligasi Nusantara

1.032,96

Up0,52%
Up1,50%
Up0,01%
Up2,50%
Down- 2,95%
-

Video Pilihan

Lihat Semua

Artikel Lainnya

Lihat Semua