BeritaArrow iconReksa DanaArrow iconArtikel

Rutin Investasi Rp5 Juta per Bulan Bisa Jadi DP Rumah dengan Reksa Dana STAR Stable Income Fund

Hanum Kusuma Dewi10 Oktober 2023
Tags:
Rutin Investasi Rp5 Juta per Bulan Bisa Jadi DP Rumah dengan Reksa Dana STAR Stable Income Fund
Ilustrasi investasi reksa dana pendapatan tetap STAR Stable Income Fund untuk persiapan uang muka (DP) rumah. (Shutterstock)

Reksa Dana pendapatan tetap dari STAR AM ini mencatat kinerja 7,22% setahun per 4 Oktober 2023

Bareksa.com - Generasi milenial disebutkan oleh Menteri Keuangan RI Sri Mulyani mengalami kesulitan untuk membeli rumah karena harganya yang terbilang mahal. Namun, Smart Investor tentu bisa mewujudkan impian punya rumah sendiri dengan memanfaatkan fasilitas Kredit Pemilikan Rumah (KPR) asal memiliki uang muka yang cukup.

Mengumpulkan uang muka (DP) rumah untuk KPR merupakan tantangan tersendiri bagi kamu yang baru memiliki penghasilan. Akan tetapi, hal itu masih bisa diraih dengan cara pengaturan keuangan yang termasuk berinvestasi reksa dana.

Sebagai contoh, harga rumah baru di kawasan Jabodetabek sekitar Rp1 miliar. Lalu penghasilan saat ini, misalnya, ada di kisaran Rp15 juta, dan alokasi untuk menabung atau investasi sekitar sepertiga dari gaji atau sekitar Rp5 juta.

Promo Terbaru di Bareksa

Kemudian, kamu bisa mulai menyisihkan Rp5 juta per bulan untuk menyiapkan uang muka rumah 5 (lima) tahun mendatang. Misalkan target uang muka yang diinginkan adalah Rp300 juta atau 30% dari harga rumah, agar bisa mengajukan KPR ke bank.

Nah, target DP 30% sekitar Rp300 juta ini bisa dicapai dengan menabung reksa dana.

Simulasi Reksa Dana

Dari berbagai macam reksa dana, reksa dana pendapatan tetap dapat dipilih untuk investasi jangka menengah sekitar 2-5 tahun. Reksa dana pendapatan tetap yang berisikan efek surat utang atau obligasi ini juga cocok untuk investor dengan profil risiko moderat.

Satu reksa dana pendapatan tetap terbaik yang tersedia di super app Bareksa adalah STAR Stable Income Fund. Reksa dana yang dikelola oleh STAR Asset Management ini mencatat imbal hasil (return) sebesar 7,22% dalam setahun terakhir (per 4 Oktober 2023).

Untuk memahami bagaimana mengumpulkan uang muka rumah dengan reksa dana, mari kita gunakan simulasi yang berdasarkan data historis.

Misalkan kamu mulai investasi awal senilai Rp5 juta pada 5 tahun yang lalu di reksa dana STAR Stable Income Fund. Kemudian, secara rutin, kamu menambah investasi (top up) reksa dana Rp5 juta per bulan. Maka modal total investasi selama 5 tahun adalah Rp305 juta.

Karena ada pertumbuhan nilai reksa dana pendapatan selama 5 (lima) tahun, total hasil investasi reksa dana menjadi Rp389,9 juta. Artinya, ada pertumbuhan Rp84,9 juta, atau sekitar 27,85% dari modal investasi, seperti terlihat dalam grafik berikut ini.

Grafik Simulasi Investasi Reksa Dana

Illustration

Sumber: Bareksa.com

Dengan hasil investasi senilai Rp389,9 juta tersebut, kamu tentu bisa membayar uang muka rumah. Bahkan, masih ada uang lebihnya yang bisa digunakan untuk biaya-biaya serta membeli perabotan rumah.

Selanjutnya, kamu yang sudah terbiasa menabung reksa dana Rp5 juta per bulan, kini bisa melanjutkan kebiasaan tersebut untuk membayar angsuran KPR bulanan. Rumah seharga Rp1 miliar pun kini bukan lagi impian.

Tentang STAR Stable Income Fund

STAR Stable Income Fund adalah reksa dana pendapatan tetap yang portofolionya adalah mayoritas obligasi korporasi. Produk ini cocok untuk investor pemula dan mau mencoba produk stabil untuk jangka waktu menengah.

Reksa dana pendapatan tetap yang dikelola oleh manajer investasi PT Surya Timur Alam Raya Asset Management (STAR AM) ini bertujuan untuk mengupayakan tingkat pertumbuhan yang stabil dan berkesinambungan dengan tingkat risiko yang terukur untuk melindungi modal Pemegang Unit Penyertaan.

Dari sisi kinerja, reksa dana ini menunjukkan pertumbuhan yang menarik. Selama setahun terakhir (per 4 Oktober 2023), STAR Stable Income Fund mencatat return 7,22%.

Lalu, apa yang menopang kinerja reksa dana ini? Berdasarkan fund fact sheet reksa dana per Agustus 2023, berikut daftar 10 aset terbesar (top holdings) STAR Stable Income Fund:

  • Deposito PT Bank Sahabat Sampoerna

  • Obligasi Berkelanjutan I SINAR MAS MULTIARTHA THP II TH 2020 SERI B

  • Obligasi Berkelanjutan II SINAR MAS MULTIFINANCE THP I TH 2020 SERI B

  • Obligasi Berkelanjutan IV Chandra Asri Petrochemical Tahap I Tahun 2022 Seri A

  • Obligasi Berkelanjutan IV Indomobil Finance Tahap III Tahun 2022 Seri B

  • Obligasi Berkelanjutan V BFI Finance Tahap V Tahun 2023 Seri B

  • Obligasi Berkelanjutan VI Astra Sedaya Finance Tahap I Tahun 2023 Seri B

  • Obligasi II Hino Finance Indonesia Tahun 2023 Seri B

  • Obligasi OKI PULP & PAPER MILLS II TH 2022 SERI B

  • Sukuk Mudharabah Lontar Papyrus Pulp & Paper Industry I Tahun 2018 Seri B

Reksa dana pendapatan tetap ini mendapat kepercayaan investor yang cukup besar, terlihat dari pertumbuhan dana kelolaannya (asset under management/AUM) dalam sebulan terakhir. Per Agustus 2023, AUM reksa dana ini mencapai Rp3,2 triliun, naik sekitar 10% dibandingkan angka per akhir Juli 2023 sebesar Rp2,9 triliun.

Temukan STAR Stable Income Fund sebagai produk eksklusif di super app Bareksa. Reksa Dana ini bisa dibeli dengan modal mulai Rp10.000 saja. Tersedia hadiah voucher reksa dana untuk pembelian produk STAR AM di Bareksa. Simak syarat dan ketentuannya di artikel: Promo STAR AM: Beli Reksa Dana Berhadiah Voucher hingga Rp2 Juta

Beli STAR Stable Income Fund


(ADV | hm)

* * *

Ingin berinvestasi aman di emas dan reksadana secara online yang diawasi OJK?

- Daftar jadi nasabah, klik tautan ini
- Beli reksadana, klik tautan ini
- Beli emas, klik tautan ini
- Download aplikasi reksadana Bareksa di App Store​
- Download aplikasi reksadana Bareksa di Google Playstore
- Belajar reksadana, klik untuk gabung Komunitas Bareksa di Facebook. GRATIS

DISCLAIMER

Konten bersponsor. Kinerja masa lalu tidak mencerminkan kinerja di masa mendatang. Investasi Reksa Dana mengandung risiko. Investor wajib membaca dan memahami prospektus dan fund fact sheet dalam berinvestasi Reksa Dana.


Pilihan Investasi di Bareksa

Klik produk untuk lihat lebih detail.

Produk EksklusifHarga/Unit1 Bulan6 BulanYTD1 Tahun3 Tahun5 Tahun

Trimegah Dana Tetap Syariah

1.312,44

Down- 0,08%
Up3,34%
Up0,02%
Up5,46%
Up18,23%
-

Capital Fixed Income Fund

1.768,97

Up0,54%
Up3,38%
Up0,02%
Up6,87%
Up17,31%
Up43,84%

Syailendra Pendapatan Tetap Premium

1.747,79

Down- 0,93%
Up3,15%
Up0,01%
Up3,84%
Up18,26%
Up46,65%

Trimegah Dana Obligasi Nusantara

1.034,9

Down- 0,36%
Up1,69%
Up0,01%
Up2,70%
Down- 2,29%
-

STAR Stable Amanah Sukuk

Produk baru

1.034,47

Up0,49%
-
Up0,03%
---

Video Pilihan

Lihat Semua

Artikel Lainnya

Lihat Semua