BeritaArrow iconReksa DanaArrow iconArtikel

Top 20 Reksadana Pendapatan Tetap Kelolaan Terbesar Juni 2023, STAR Stable Income Paling Melejit

Hanum Kusuma Dewi21 Juli 2023
Tags:
Top 20 Reksadana Pendapatan Tetap Kelolaan Terbesar Juni 2023, STAR Stable Income Paling Melejit
Ilustrasi reksadana terbaik yang digambarkan dengan bintang di atas tumpukan balok. (Shutterstock)

Kelolaan industri naik 2% sebulan, STAR Stable Income Fund melonjak 75%

Bareksa.com - Jenis reksadana pendapatan tetap yang saat ini mendominasi industri reksadana nasional per Juni 2023 mengalami pertumbuhan 8,31% sejak awal tahun. Sejumlah produk reksadana pendapatan tetap menunjukkan kinerja yang sangat cemerlang selama Juni 2023.

Laporan Bareksa Mutual Fund Industry Data Market - Monthly Report June 2023 yang mengolah data Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menyebutkan, asset under management (AUM) reksadana pendapatan tetap per Juni 2023 mencapai Rp156,93 triliun. Angka ini tumbuh sekitar 2% secara bulanan (MOM) dan 6% secara tahunan (YOY).

Grafik Pertumbuhan Kelolaan dan Unit Penyertaan Reksadana Pendapatan Tetap Nasional

Promo Terbaru di Bareksa

Illustration

Sumber: Bareksa Mutual Fund Industry Data Market - Monthly Report June 2023

Jenis reksadana yang mayoritas asetnya adalah efek surat utang dan atau sukuk syariah ini biasanya cocok untuk investasi jangka menengah sekitar 3-5 tahun. Investor dengan profil risiko moderat atau yang menginginkan diversifikasi portofolio dapat mempertimbangkan jenis reksadana pendapatan tetap.

Reksadana Pendapatan Tetap Terbesar

Dalam memilih reksadana, salah satu pertimbangan investor sekali kinerjanya adalah nilai dana kelolaan. Sering juga disebut nilai aktiva bersih (NAB) atau asset under management (AUM), angka ini bisa menjadi indikasi kepercayaan investor untuk menaruh dana mereka di produk reksadana.

Di sisi lain, besaran dana kelolaan juga menentukan bagaimana langkah manajer investasi untuk mengelola dana dan memberikan imbal hasil (return) maksimal bagi investornya. Berikut reksadana pendapatan tetap terbesar dari segi dana kelolaan per Juni 2023.

1. Danamas Stabil

Meski turun 1% secara bulanan, Danamas Stabil kelolaan Sinarmas Asset Management masih menduduki posisi pertama reksadana pendapatan tetap terbesar dengan AUM Rp16,96 triliun per Juni 2023. Danamas Stabil mengalami peningkatan kelolaan 4% sepanjang tahun berjalan.

2. Sucorinvest Stable Fund

Sucorinvest Stable Fund juga kembali tercatat bertahan mengisi posisi kedua produk reksadana pendapatan tetap dengan dana kelolaan terbesar, meski turun 10% secara bulanan dan minus 44% sepanjang tahun berjalan. Pada akhir Juni 2023, dana kelolaan reksadana dari Sucor AM ini tercatat Rp7,75 triliun.

Beli Sucorinvest Stable Fund

3. BNP Paribas Obligasi Kejora

Reksadana BNP Paribas Obligasi Kejora naik dua peringkat menjadi posisi ketiga untuk kelolaan reksadana pendapatan tetap terbesar per Juni 2023, setelah naik 10% secara bulanan. Produk kelolaan BNP Paribas Asset Management ini memiliki AUM sebesar Rp6,29 triliun per Juni 2023 dan sudah naik 38% sejak awal tahun.

4. Syailendra Pendapatan Tetap Premium

Selanjutnya, Syailendra Pendapatan Tetap Premium tercatat turun satu peringkat, jadi mengisi posisi keempat produk reksadana pendapatan tetap dengan dana kelolaan terbesar bulan lalu. Dana kelolaan produk yang dikelola Syailendra Capital ini pada Juni 2023 tercatat Rp6,23 triliun, tidak banyak berubah dalam sebulan, tetapi melonjak 278% sejak awal tahun.

Beli Syailendra Pendapatan Tetap Premium

5. Eastspring IDR Fixed Income Fund Kelas A

Kemudian, Eastspring IDR Fixed Income Fund Kelas A juga turun satu peringkat ke posisi lima, dengan dana kelolaan Rp5,89 triliun pada akhir Juni 2023. AUM reksadana kelolaan Eastspring Investments Indonesia ini tidak banyak berubah dalam sebulan, tetapi naik 5% sepanjang tahun berjalan.

Beli Eastspring IDR Fixed Income Fund Kelas A

Pertumbuhan Tertinggi

Pada bulan Juni, sejumlah reksadana dalam posisi top 20 mencatatkan pertumbuhan. Namun, yang paling melejit adalah STAR Stable Income Fund dengan pertumbuhan kelolaan sebesar 75% sebulan.

Menempati posisi ke-17, AUM reksadana yang dikelola oleh STAR AM ini mencapai Rp1,96 triliun per akhir Juni 2023. Pertumbuhan dana kelolaannya sepanjang tahun berjalan lebih fantastis, mencapai 1332% atau 14 kali lipat.

Beli STAR Stable Income Fund

Selain itu, produk yang juga mencatat pertumbuhan besar selama sebulan terakhir adalah Ashmore Dana Obligasi Nusantara yang naik 61%. Per akhir Juni 2023, reksadana yang dikelola oleh Ashmore Asset Management Indonesia ini mencatat AUM Rp2,28 triliun dan ada di posisi ke 14.

Tabel Reksadana Pendapatan Tetap Kelolaan Terbesar Juni 2023

Illustration

Sumber: Bareksa Mutual Fund Industry Data Market - Monthly Report June 2023

Sementara itu, sejumlah reksadana pendapatan tetap ini juga tersedia dan bisa dibeli di super app Bareksa. Produk tersebut antara lain:

  • ​Sucorinvest Stable Fund​
  • ​Syailendra Pendapatan Tetap Premium
  • ​Trimegah Fixed Income Plan
  • Manulife Pendapatan Bulanan II
  • Sucorinvest Sharia Sukuk Fund
  • ​Manulife Obligasi Negara Indonesia
  • Schroder Dana Mantap Plus II
  • STAR Stable Income Fund
  • Mandiri Investa Dana Utama

Reksadana Pendapatan Tetap Adalah

Melansir laman Schroder Indonesia, reksadana pendapatan tetap adalah reksadana yang berinvestasi minimum 80% di instrumen pendapatan tetap. Instrumen itu antara lain surat utang (obligasi) dan sukuk yang jatuh temponya lebih dari satu tahun.

Reksadana pendapatan tetap atau fixed income fund memiliki risiko yang relatif lebih tinggi dari reksadana pasar uang. Meski begitu, reksadana ini memberikan potensi imbal hasil investasi yang lebih tinggi dari reksadana pasar uang dan deposito.

Maka tidak heran kalau reksadana pendapatan tetap sesuai buat investor yang memiliki profil risiko konservatif – moderat untuk tujuan jangka menengah 1 - 3 tahun. Reksadana pendapatan tetap juga sering dijadikan sebagai pilihan investasi oleh investor dengan profil risiko yang lebih tinggi sebagai diversifikasi portofolio investasi atau ketika pasar saham mengalami ketidakpastian.

Bagi kamu yang sedang mencari produk investasi untuk tujuan jangka menengah bisa mempertimbangkan reksadana pendapatan tetap. Reksadana pendapatan tetap memiliki risiko fluktuasi cukup moderat dengan potensi imbal hasil optimal, terlebih di tengah gejolak pasar modal saat ini.

Artikel ini merupakan cuplikan dari laporan bulanan industri reksadana Bareksa Mutual Fund Industry, Data Market – Monthly Report June 2023. Untuk berlangganan laporan ini silakan hubungi [email protected] (cc: [email protected]).​

Klik untuk Beli Reksadana Sekarang

(Reynaldi Gumay/hm)

***

Ingin berinvestasi aman di emas dan reksadana secara online yang diawasi OJK?

- Daftar jadi nasabah, klik tautan ini
- Beli reksadana, klik tautan ini
- Beli emas, klik tautan ini
- Download aplikasi reksadana Bareksa di App Store​
- Download aplikasi reksadana Bareksa di Google Playstore
- Belajar reksadana, klik untuk gabung Komunitas Bareksa di Facebook. GRATIS

DISCLAIMER

Kinerja masa lalu tidak mencerminkan kinerja di masa mendatang. Investasi reksadana mengandung risiko. Investor wajib membaca dan memahami prospektus dan fund fact sheet dalam berinvestasi reksadana.


Pilihan Investasi di Bareksa

Klik produk untuk lihat lebih detail.

Produk EksklusifHarga/Unit1 Bulan6 BulanYTD1 Tahun3 Tahun5 Tahun

Trimegah Dana Tetap Syariah

1.311,21

Down- 0,04%
Up3,59%
Up0,02%
Up5,46%
Up18,25%
-

Capital Fixed Income Fund

1.767,05

Up0,56%
Up3,40%
Up0,02%
Up6,86%
Up17,17%
Up43,56%

Syailendra Pendapatan Tetap Premium

1.748,46

Down- 0,79%
Up3,43%
Up0,01%
Up3,97%
Up18,39%
Up46,82%

Trimegah Dana Obligasi Nusantara

1.033,61

Down- 0,45%
Up1,56%
Up0,01%
Up2,14%
Down- 2,42%
-

STAR Stable Amanah Sukuk

Produk baru

1.033,61

Up0,53%
-
Up0,03%
---

Video Pilihan

Lihat Semua

Artikel Lainnya

Lihat Semua