BeritaArrow iconReksa DanaArrow iconArtikel

23 Juli Hari Anak Nasional, Sudah Siap Dana Pendidikan? Simak 3 Investasi Ini di Bareksa

Hanum Kusuma Dewi21 Juli 2023
Tags:
23 Juli Hari Anak Nasional, Sudah Siap Dana Pendidikan? Simak 3 Investasi Ini di Bareksa
Ilustrasi seorang ibu yang mengajarkan anaknya untuk investasi guna menyiapkan dana pendidikan sang buah hati. (Shutterstock)

Berinvestasi di reksadana, SBN Ritel, dan emas bisa menjadi cara untuk menyiapkan kebutuhan finansial anak di masa depan

Bareksa.com - Tanggal 23 Juli diperingati sebagai Hari Anak Nasional. Salah satu dari 10 hak anak adalah hak untuk mendapatkan pendidikan. Smart Investor yang sudah memiliki anak, atau berencana memiliki anak, perlu menyiapkan dana pendidikan demi memberikan yang terbaik untuk buah hati.

Tersedia beragam cara menyiapkan dana pendidikan, salah satunya dengan cara investasi. Dengan berinvestasi, kamu berpeluang mengalahkan inflasi terutama inflasi pendidikan yang diperkirakan mencapai 10% hingga 15% per tahun. Tak hanya itu, investasi juga berpotensi meraih cuan menarik yang dapat memperkuat persiapan dana pendidikan anak.

Dalam menyiapkan dana pendidikan, kamu bisa memilih jenis investasi berdasarkan jangka waktu dan profil risiko. Misalkan, untuk dana pendidikan jangka panjang seperti kuliah atau 10 tahun lagi, reksadana saham dan emas logam mulia bisa jadi pilihan.

Promo Terbaru di Bareksa

Sementara untuk dana pendidikan jangka pendek, misalnya masuk PAUD (dengan anak saat ini baru lahir), pilihannya bisa di pasar uang. Untuk jangka menengah sekitar 3-5 tahun, SBN atau reksadana pendapatan tetap biasanya jadi opsi yang cocok.

Nah, berikut tiga pilihan investasi yang saat ini tersedia di Bareksa yang bisa dipertimbangkan untuk menyiapkan dana pendidikan anak.

1. Reksadana

Reksadana dikelola oleh manajer investasi/MI berpengalaman dan mengelola dananya secara profesional. Saat ini tersedia ratusan produk reksadana di Bareksa, dengan beragam jenis reksadana antara lain reksadana pasar uang, reksadana pendapatan tetap, reksadana saham, reksadana campuran, dan reksadana indeks.

Investasi reksadana juga fleksibel karena investor bisa mencairkan dananya kapan saja. Tidak harus menunggu hingga jangka waktu tertentu untuk dapat mencairkan dana tersebut. Reksadana online praktis karena semua serba dilakukan secara online, bisa kapan saja dan di mana saja.

Kelebihan lainnya adalah nilai minimum investasi di reksadana sangat terjangkau, bisa mulai Rp10.000. Reksadana diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK), lembaga independen negara yang mengawasi seluruh kegiatan di dalam sektor keuangan.

​​Klik untuk Beli Reksadana Sekarang

2. Surat Berharga Negara (SBN) Ritel

SBN Ritel adalah produk investasi yang diterbitkan dan dijamin oleh pemerintah melalui Kementerian Keuangan dan ditawarkan kepada individu atau investor ritel. Keuntungan investasi di SBN Ritel antara lain 100% aman karena dijamin negara dan Undang-Undang, meraih cuan sekaligus berkontribusi menyediakan pembiayaan pembangunan negara, dan mudah serta praktis karena semua dilakukan secara online.

Pada tahun ini, pemerintah berencana menerbitkan tujuh seri SBN Ritel terbaru. Direktur Surat Utang Negara (SUN) Direktorat Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko (DJPPR) Kementerian Keuangan, Deni Ridwan menyampaikan pemerintah masih akan menerbitkan SBN Ritel pada sisa tahun 2023, yaitu Sukuk Ritel seri SR019 yang akan mulai ditawarkan pada tanggal 18 Agustus s.d. 13 September 2023 (tentative). Kemudian, Obligasi Negara Ritel seri ORI024 pada tanggal 9 Oktober s.d. 2 November 2023 (tentative).

Selain itu, "ST011 akan mulai ditawarkan tanggal 3 s.d. 29 November 2023 (tentative)," kata Deni kepada Bareksa, Kamis (20/7/2023).

Tabel Jadwal Penawaran SBN Ritel 2023 Berikutnya (Tentative)

Seri SBN Ritel
Masa Penawaran
Sifat
SR019
18 Agt - 13 Sept 2023
Tradable
ORI024
9 Okt - 2 Nov 2023
Tradable
ST011
3 - 29 Nov 2023
Non-tradable

Sumber: Kementerian Keuangan, diolah Bareksa

Tak ingin ketinggalan investasi di SR019, ORI024, dan ST011? Pantengin jadwalnya dan bersiap investasi di Bareksa, sebagai salah satu mitra distribusi resmi yang ditunjuk oleh Kementerian Keuangan.

Daftar untuk Beli SBN Ritel di Sini

3. Emas Batangan

Pilihan lainnya untuk menyiapkan dana pendidikan anak dengan nabung emas. Bareksa menyediakan fitur Bareksa Emas. Kamu bisa berinvestasi emas dari manapun dan kapanpun. Dalam menyediakan fitur Bareksa Emas, Bareksa bekerja sama dengan Pegadaian, Treasury, dan Indogold. Bareksa Emas sebagai alternatif pilihan investor untuk memiliki emas fisik yang bisa dibeli secara digital atau emas online.

Mitra pengelolaan emas di Bareksa Emas, memiliki lisensi resmi dari otoritas terkait. Pegadaian memiliki izin dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Sementara itu, Treasury dan Indogold berlisensi sebagai pedagang emas digital dari Badan Pengawas Perdagangan Berjangka dan Komoditi (Bappebti) Kementerian Perdagangan.

Kalau ingin memegang wujud fisik emas, investor juga bisa menggunakan Fitur Cetak Fisik. Investor bisa memilih emas batangan dengan kadar 99,99% produksi Antam atau UBS.

Jadi, reksadana, emas batangan atau SBN, instrumen investasi apa saja yang kamu pilih untuk menyiapkan dana pendidikan untuk sekolah anak?

​Beli Emas Klik di Sini

(Martina Priyanti/hm)

***

Ingin berinvestasi sekaligus bantu negara?

PT Bareksa Portal Investasi atau Bareksa.com adalah platform e-investasi terintegrasi pertama di Indonesia, yang ditunjuk menjadi mitra distribusi (midis) resmi Kementerian Keuangan untuk penjualan Surat Berharga Negara (SBN) Ritel atau SBN Ritel secara online. Selain proses registrasi dan transaksi sangat cepat dan mudah, Anda juga dapat memantau investasi Anda dari mana saja dan kapan saja.

Bareksa telah mendapatkan penghargaan sebagai midis SBN terbaik selama empat tahun berturut-turut dari Kementerian Keuangan RI. Penghargaan terbaru yang diterima adalah penghargaan sebagai Midis SUN dengan Kinerja Terbaik 2021 dan Midis SBSN dengan Kinerja Terbaik Kategori Fintech 2021.

Belum memiliki akun Bareksa tetapi ingin berinvestasi di SBN Ritel? Segera daftar melalui aplikasi Bareksa sekarang, gratis hanya dengan menyiapkan KTP dan NPWP (opsional). Bagi yang sudah punya akun Bareksa untuk reksadana, lengkapi data berupa rekening bank untuk mulai membeli SBN Ritel di Bareksa. Bagi yang sudah pernah membeli SBR, ORI atau Sukuk di Bareksa sebelumnya, registrasi ulang akun di Bareksa untuk memesan SBN Ritel seri berikutnya.

DISCLAIMER

Kinerja masa lalu tidak mencerminkan kinerja di masa mendatang. Investasi reksadana mengandung risiko. Investor wajib membaca dan memahami prospektus dan fund fact sheet dalam berinvestasi reksadana.

Fitur Bareksa Emas dikelola oleh PT Bareksa Inovasi Digital, berkerja sama dengan Mitra Emas berizin.

Pilihan Investasi di Bareksa

Klik produk untuk lihat lebih detail.

Video Pilihan

Lihat Semua

Artikel Lainnya

Lihat Semua