BeritaArrow iconReksa DanaArrow iconArtikel

Top 20 Reksadana Saham Juara Kelolaan Terbesar Agustus 2022, Capai Rp7,7 Triliun

Hanum Kusuma Dewi15 September 2022
Tags:
Top 20 Reksadana Saham Juara Kelolaan Terbesar Agustus 2022, Capai Rp7,7 Triliun
Ilustrasi investor wanita sedang memegang smartphone mengamati pergerakan pasar saham yang berpotensi naik dan mendorong kinerja reksadana. (Shutterstock)

Schroder Dana Prestasi Plus masih menempati posisi pertama reksadana saham terbesar nasional

Bareksa.com - Apakah Anda sedang mencari produk reksadana saham tapi masih bingung untuk memutuskan pilih yang mana? Berikut ulasan mengenai produk reksadana saham dengan kelolaan terbesar pada Agustus 2022.

Dalam memilih produk reksadana termasuk reksadana saham, selain mempertimbangkan reputasi manajer investasi, Smart Investor bisa memilih reksadana berdasarkan kinerja dan dana kelolaan yang diperoleh. Dana kelolaan atau asset under management/AUM, bisa jadi satu indikator kepercayaan investor untuk menaruh dana dalam produk reksadana, meski tidak selalu mencerminkan kinerja reksadana.

Lalu produk reksadana saham apa saja yang memiliki dana kelolaan besar? Berikut daftar produk reksadana saham terbesar Agustus 2022 yang mungkin bisa jadi pertimbangan.

Promo Terbaru di Bareksa

Baca juga Ini 10 Manajer Investasi Dana Kelolaan Reksadana Paling Jumbo di Agustus 2022

Schroder Dana Prestasi Plus tercatat kembali mengisi posisi puncak daftar 20 top produk reksadana saham dengan dana kelolaan terbesar pada akhir bulan lalu. Lalu disusul Batavia Dana Saham menyusul pada posisi ke-2.

Sementara Manulife Dana Saham Kelas A tercatat bertahan menempati posisi ke-3 pada bulan lalu dan disusul Manulife Saham Syariah Asia Pasifik Dollar AS yang juga bertahan mengisi posisi ke-4.

Selanjutnya ada BNP Paribas Cakra Syariah USD Kelas RK1 yang berhasil naik satu peringkat jadi menempati posisi ke-5 produk reksadana saham dengan kelolaan terbesar.

Top 3 reksadana saham terbesar nasional ini sudah tersedia di super app Bareksa dan bisa dimiliki oleh Smart Investor. Sementara dua reksadana saham yang berdenominasi dolar AS juga tersedia untuk investor Bareksa Prioritas.

Lebih lanjut daftar top 20 produk reksadana saham dengan kelolaan terbesar pada bulan lalu, terdapat dalam tabel di bawah ini. Informasi dalam tabel menunjukkan nilai dana kelolaan dalam denominasi rupiah, meski ada sejumlah reksadana saham yang berinvestasi dalam denominasi dolar AS.

Daftar 20 Produk Reksadana Saham dengan Kelolaan Terbesar Agustus 2022

Illustration

Sumber: Bareksa Mutual Fund Industry, Data Market - Monthly Report August 2022

Reksadana dengan Pertumbuhan Kelolaan Tertinggi

Adapun produk reksadana saham dengan pertumbuhan kelolaan terbesar sepanjang tahun berjalan/YTD adalah Ashmore Saham Sejahtera Nusantara, yakni tumbuh hingga sebesar 11%. Ashmore Saham Sejahtera Nusantara menempati posisi ke-9 dalam daftar produk reksadana saham dengan kelolaan terbesar Agustus 2022.

Sedangkan secara bulanan/MOM, Sam Dana Cerdas tercatat sebagai produk reksadana saham dengan pertumbuhan kelolaan paling besar yakni 7%. Pada bulan lalu, Sam Dana Cerdas menempati posisi ke-11 dalam daftar produk reksadana saham dengan kelolaan terbesar Agustus 2022.

Sementara itu dari daftar 20 reksadana saham terbesar secara dana kelolaan, ada 6 reksadana rupiah dan 3 reksadana dolar yang tersedia di marketplace reksadana Bareksa, yaitu:

Reksadana Saham Adalah

Sesuai dengan namanya, reksadana saham mayoritas berinvestasi di aset saham atau ekuitas. Reksadana saham menjadi salah satu jenis reksadana yang paling banyak dikenal masyarakat.

Reksadana saham merupakan cara lain untuk berinvestasi di saham secara tidak langsung. Dengan jumlah dana yang terjangkau investor bisa berinvestasi di saham dan tidak perlu repot-repot menganalisa dan memonitor saham yang dibeli.

Seperti dilansir dari laman resmi Schroders Indonesia, reksadana saham wajib berinvestasi minimum 80 persen di saham. Reksadana saham yang termasuk dalam reksadana terbuka ini merupakan reksadana yang memberikan potensi hasil investasi lebih tinggi dibandingkan ketiga jenis reksadana lainnya (pasar uang, pendapatan tetap dan campuran).

Dengan waktu bersamaan, potensi imbal hasil reksadana saham juga disertai dengan risiko yang lebih tinggi pula. Reksadana saham sesuai untuk investor yang memiliki profil risiko agresif untuk tujuan jangka panjang, lebih dari 5 tahun.

Racikan portofolio saham di dalam reksadana saham bisa bermacam-macam. Misalnya, reksadana saham big cap berinvestasi mayoritas di saham berkapitalisasi besar di bursa atau, reksadana saham small-mid cap berinvestasi mayoritas di saham-saham berkapitalisasi kecil-menengah di bursa.

Sebagian isi artikel ini merupakan cuplikan dari laporan bulanan industri reksadana Bareksa Mutual Fund Industry, Data Market – Monthly Report August 2022. Untuk berlangganan laporan ini silakan hubungi [email protected] (cc: [email protected]).

(Martina Priyanti/Tim Data/hm)

***

​Ingin berinvestasi aman di reksadana online yang diawasi OJK?

- Daftar jadi nasabah, klik tautan ini
- Beli reksadana, klik tautan ini
- Download aplikasi reksadana Bareksa di App Store​
- Download aplikasi reksadana Bareksa di Google Playstore
- Belajar reksadana, klik untuk gabung Komunitas Bareksa di Facebook. GRATIS

DISCLAIMER

Kinerja masa lalu tidak mencerminkan kinerja di masa mendatang. Investasi reksadana mengandung risiko. Investor wajib membaca dan memahami prospektus dan fund fact sheet dalam berinvestasi reksadana.


Pilihan Investasi di Bareksa

Klik produk untuk lihat lebih detail.

Produk EksklusifHarga/Unit1 Bulan6 BulanYTD1 Tahun3 Tahun5 Tahun

Trimegah Dana Tetap Syariah

1.314,83

Up0,43%
Up3,55%
Up0,02%
Up5,95%
Up19,11%
-

Capital Fixed Income Fund

1.764,51

Up0,56%
Up3,41%
Up0,02%
Up7,20%
Up17,66%
Up42,85%

STAR Stable Income Fund

1.915,47

Up0,53%
Up2,89%
Up0,02%
Up6,23%
Up30,99%
Up60,26%

Syailendra Pendapatan Tetap Premium

1.758,34

Down- 0,10%
Up3,14%
Up0,01%
Up4,70%
Up19,30%
Up47,85%

Trimegah Dana Obligasi Nusantara

1.038,12

Up0,08%
Up2,01%
Up0,02%
Up2,91%
Down- 1,48%
-

Video Pilihan

Lihat Semua

Artikel Lainnya

Lihat Semua