Beli iPhone 14 Hasil Nabung Reksadana Rp40 Ribuan per Hari, Ini Caranya

Reksadana pasar uang memberikan potensi imbal hasil lebih menarik daripada tabungan bank
Hanum Kusuma Dewi • 09 Sep 2022
cover

Desain iPhone 14 Pro yang baru diluncurkan Apple menampilkan varian warna Deep Purple. (apple.com)

Bareksa.com - Apple kembali meluncurkan produk iPhone terbaru yaitu seri iPhone 14 dalam acara Apple Event bertajuk "Far Out" pada Kamis (8/9/2022) pukul 00:00 WIB.  Jajaran iPhone 14 series terdiri dari empat model yaitu iPhone 14 regular, iPhone 14 Plus, iPhone 14 Pro dan iPhone 14 Pro Max. 

Dari segi desain, iPhone 14 mirip dengan pendahulunya yaitu iPhone 13 yang diluncurkan tahun lalu. Layar iPhone 14 Pro masih berukuran 6,1 inch, demikian pula iPhone 14 Pro Max 6,7 inch. Keduanya menggunakan layar OLED LTPO yang mendukung refresh rate 1-120Hz.

Di samping itu, ada fitur yang cukup menonjol. Misalnya saja iPhone 14 Pro dan iPhone 14 Pro Max cukup meningkat dari sisi kamera. Kini kamera utama iPhone 14 Pro dan 14 Pro Max berukuran 48 MP dengan quad-pixel sensor, aperture f/1.78 dan 24m focal length. Sensor ini diklaim 65% lebih luas dari pendahulunya.

Paling bikin ngeri, iPhone 14 Pro dan 14 Pro Max dibekali chipset A16 yang dibuat 4 nm dengan 16 miliar transistor. Kemampuannya jauh melebihi kompetitor yang ada di pasaran saat ini.

Apple turut menyematkan kamera ultra-wide 12 MP dengan ukuran 1,4 micron dan aperture f/2.2, menjanjikan peningkatan tiga kali di kondisi low light dan foto makro yang lebih baik. Kamera telephoto mash 12 MP diklaim dua kali lebih baik.

Apple juga menanggalkan notch di iPhone 14 dan 14 Pro yang mengadopsi punch hole dan diberi nama Dynamic Island. Agar berbeda dengan Android, Apple memaksimalkan bagian itu untuk menampilkan notifikasi dan aktivitas latar belakang. Juga dibuat intuitif sehingga memberi pengalaman baru.

Bagaimana dari sisi harga? 

Harga iPhone 14 dan iPhone 14 Pro sama seperti harga iPhone 13 dan iPhone 13 pro saat dirilis September 2021 lalu. Harga iPhone 14 mulai dari US$799 atau sekitar Rp11,9 juta. 

Begitu pula harga iPhone 14 Pro mulai dari US$999 atau sekitar Rp14,8 juta. Varian tertinggi, yaitu iPhone 14 Pro Max 1 TB dibanderol seharga US$1.599 atau sekitar Rp23,8 juta. 

Di Amerika Serikat, iPhone 14 sudah bisa dipesan (pre-order) mulai tanggal 9 September 2022 dan dijual mulai 16 September 2022. Demikian juga di Singapura, yang masuk dalam negara pertama yang menjual iPhone 14 series. Namun, masih belum diketahui kapan seri iPhone 14 ini tersedia di Indonesia. 

Cara Nabung Reksadana untuk Beli iPhone 14

Di luar negeri, harga iPhone 14 yang tertera bisa berbeda dengan yang dikonversi ke rupiah. Sebab, bila orang membeli iPhone 14 di Singapura untuk dipakai ke Indonesia, akan ada biaya pungutan bea masuk dan pajak dalam rangka impor (PDRI) serta harus mendaftarkan IMEI. Belum lagi ongkos kirim. 

Makanya, sambil menunggu iPhone 14 rilis di Indonesia, Smart Investor pecinta produk Apple sebaiknya mulai mengumpulkan uang. Reksadana bisa dijadikan satu cara menyiapkan dana untuk membeli iPhone 14. 

Reksadana adalah kumpulan dana investor yang dikelola oleh manajer investasi untuk dimasukkan ke dalam aset-aset keuangan seperti pasar uang, obligasi dan saham. Jenis reksadana pasar uang, yang risikonya rendah, bisa dipilih untuk investasi atau mengumpulkan uang jangka sekitar 1 tahun. 

Reksadana pasar uang punya potensi imbal hasil yang lebih menarik dibandingkan dengan tabungan bank atau deposito. Di Bareksa, Top 10 reksadana pasar uang dengan kinerja tertinggi mencatatkan imbal hasil 3,97% hingga 4,73% setahun terakhir (per 8 September 2022) atau rata-rata 4,18% setahun. Imbal hasil ini sudah bersih, tidak dipotong pajak atau biaya admin bulanan lagi. 

Tabel Kinerja Top 10 Reksadana Pasar Uang Bareksa

Sumber: Bareksa.com, per 8 Agustus 2022

Misalnya, Smart Investor ingin membeli iPhone 14 Pro dengan kisaran harga Rp14,8 juta, yang merupakan hasil investasi diharapkan. Smart Investor bisa menggunakan Kalkulator Investasi Bareksa untuk memperkirakan dana yang perlu dikumpulkan secara bulanan. 

Sebagai contoh, jangka waktu yang diinginkan selama 12 bulan dan return (imbal hasil) diharapkan 4,18% sesuai rata-rata kinerja historis top 10 reksadana pasar uang di Bareksa, maka untuk mencapai target Smart Investor perlu menyiapkan dana sekitar Rp1,2 juta per bulan, atau sekitar Rp40 ribuan per hari. 

Grafik Kalkulator Investasi

Sumber: Bareksa.com

Nah, kalau sudah tahu cara menabung untuk mengumpulkan uang membeli iPhone 14 dengan reksadana, tunggu apalagi? Ayo segera beli reksadana pilihan Smart Investor di Bareksa. 

Baca juga Promo Beli Reksadana Bareksa Pakai OVO, Auto Cashback dan Voucher hingga Rp200 Ribu

(hm)

* * * 

Ingin berinvestasi aman di emas dan reksadana secara online yang diawasi OJK?

- Daftar jadi nasabah, klik tautan ini
- Beli reksadana, klik tautan ini
- Beli emas, klik tautan ini
- Download aplikasi reksadana Bareksa di App Store​
- Download aplikasi reksadana Bareksa di Google Playstore
- Belajar reksadana, klik untuk gabung Komunitas Bareksa di Facebook. GRATIS

DISCLAIMER

Kinerja masa lalu tidak mencerminkan kinerja di masa mendatang. Investasi reksadana mengandung risiko. Investor wajib membaca dan memahami prospektus dan fund fact sheet dalam berinvestasi reksadana.