Manulife AM Raih Penghargaan Manajer Investasi Terbaik dari AsianInvestor

Pertumbuhan kelolaan reksadana MAMI kuartal pertama 2022 melampaui industri
Hanum Kusuma Dewi • 06 Jun 2022
cover

Ilustrasi penghargaan yang diraih oleh manajer investasi terbaik di Indonesia. (shutterstock)

Bareksa.com – PT Manulife Aset Manajemen Indonesia (MAMI) kembali menerima pengakuan sebagai manajer investasi terbaik di Indonesia. MAMI meraih penghargaan Fund House of the Year dari AsianInvestor, sebuah perusahaan publikasi terkemuka yang berbasis di Hong Kong dengan fokus seputar pengelolaan aset dan modal di Asia. 

Afifa, CEO & Presiden Direktur MAMI, dalam siaran pers yang diterima oleh Bareksa, mengungkapkan perasaan terhormat setelah menerima penghargaan bergengsi ini untuk kelima kalinya, setelah sebelumnya meraih penghargaan yang sama dari AsianInvestor pada tahun 2019, 2018, 2013 dan 2009.  

"Pengakuan dari pihak eksternal atas keunggulan MAMI sangat berarti bagi kami.  Ini merupakan bentuk validasi atas keunggulan strategi yang kami terapkan dalam pengelolaan dana para investor.  Fokus utama kami adalah memberikan kinerja produk yang optimal, menawarkan solusi investasi yang sesuai dengan kebutuhan para investor, serta memberikan layanan investasi yang terbaik bagi seluruh investor institusi dan individu.  Kami juga terus berinovasi, mengikuti perkembangan terkini, serta menyesuaikan dengan kebutuhan investor yang semakin beragam dan meningkat," kata Afifa. 

MAMI menjelaskan sejumlah upaya perusahaan untuk memberikan edukasi finansial dan melakukan kegiatan sosial bagi masyarakat Indonesia. Contohnya, di tengah pandemi, pada tahun 2021, manajer investasi ini melakukan kegiatan edukasi finansial secara online bagi berbagai lapisan masyarakat, antara lain bagi 420 mahasiswa/i dari 35 perguruan tinggi di 23 provinsi di Indonesia. Di samping itu, MAMI juga memberikan market update dan market outlook secara rutin bagi para investor institusi dan individu melalui berbagai jalur komunikasi. 

Baca juga Kelolaan Reksadana Saham Rp148,01 Triliun per April 2022, Ini Manajer Investasi Juaranya

Sejumlah kegiatan sosial yang telah dilakukan oleh MAMI antara lain dengan memberikan donasi berupa iuran sekolah bagi 338 pelajar yang tersebar di sembilan wilayah di Indonesia, menyediakan rumah belajar untuk sekolah non-formal bagi anak-anak usia playgroup hingga SMA, dan menyalurkan dana purifikasi reksa dana syariah MAMI untuk merenovasi jembatan di Gununghalu, Jawa Barat. 

Afifa menambahkan, bahwa tahun lalu MAMI juga terus memperluas jalur distribusi reksa dana kelolaannya melalui penandatanganan kerja sama dengan tiga mitra distribusi baru.  Kini produk reksa dana Manulife AM telah tersedia di 34 mitra distribusi, yang terdiri dari 22 mitra bank dan 12 mitra non-bank.  Berkat dukungan para mitra distribusi ini, jumlah investor yang mempercayakan pengelolaan dananya pada MAMI pun bertambah sekitar 134 persen hingga mencapai lebih dari 1,5 juta investor per akhir tahun 2021.

Perkembangan Dana Kelolaan

Sebagai penutup, Afifa menjelaskan perkembangan MAMI hingga akhir kuartal pertama tahun 2022. Di tengah kondisi pasar finansial global yang volatil serta berbagai tantangan lainnya yang dihadapi oleh industri di sepanjang akhir Maret 2021 hingga akhir Maret 2022, dana kelolaan MAMI masih bertumbuh. 

Baca juga Top 10 Manajer Investasi Kelolaan Reksadana Terbesar April 2022

MAMI berhasil mencatatkan pertumbuhan dana kelolaan atau asset under management (AUM) reksadana sebesar 14,3 persen YoY hingga mencapai Rp59,6 triliun pada akhir Maret 2022. Angka pertumbuhan ini jauh melampaui industri reksadana yang tumbuh sebesar 0,41 persen YoY Maret 2022.  

Karena pertumbuhan tersebut, bagian dari Manulife Investment Management yang beroperasi global ini berhasil mempertahankan posisi di peringkat pertama dalam daftar perusahaan manajer investasi dengan AUM reksa dana terbesar di Indonesia.  MAMI merupakan satu-satunya manajer investasi di Indonesia dengan double digit market share, yaitu sebesar 10,5 persen per Maret 2022.  

Pertumbuhan AUM reksadana Manulife AM tentunya memberikan kontribusi penting bagi pertumbuhan total AUM MAMI.  Pada periode satu tahun terakhir, total AUM MAMI tumbuh sebesar 10,7 persen hingga mencapai Rp109,4 triliun pada akhir Maret 2022.

“Kami sangat berterima kasih atas dukungan seluruh mitra distribusi MAMI, serta kepercayaan yang diberikan oleh para investor institusi dan individu kepada MAMI," tutup Afifa.

***

Ingin berinvestasi aman di emas dan reksadana secara online yang diawasi OJK?

- Daftar jadi nasabah, klik tautan ini
- Beli reksadana, klik tautan ini
- Beli emas, klik tautan ini
- Download aplikasi reksadana Bareksa di App Store​
- Download aplikasi reksadana Bareksa di Google Playstore
- Belajar reksadana, klik untuk gabung Komunitas Bareksa di Facebook. GRATIS 

DISCLAIMER​
Kinerja masa lalu tidak menjamin kinerja masa depan. Investasi reksadana mengandung risiko. Investor wajib membaca dan memahami prospektus dan fund fact sheet dalam berinvestasi reksadana.