BeritaArrow iconReksa DanaArrow iconArtikel

Konflik Rusia - Ukraina Diprediksi Bikin Cuan Reksadana Ini

Abdul Malik04 Maret 2022
Tags:
Konflik Rusia - Ukraina Diprediksi Bikin Cuan Reksadana Ini
Ilustrasi konflik Rusia - Ukraina yang berdampak pada kinerja pasar modal, termasuk pasar saham, reksadana, emas dan SBN. (Shutterstock)

Pada booming komoditas akhir tahun 2000-an banyak reksadana tematik setelah selesai cycle boom-nya malah under perform

Bareksa.com - Bagaimana dampak invasi Rusia ke Ukraina kepada industri reksadana nasional? Manajer Investasi (MI) menilai reksadana indeks atau index fund berpotensi tumbuh lebih tinggi karena kenaikan sejumlah komoditas akibat terdampak perang antara Rusia dan Ukraina.

Hal ini karena Indonesia dinilai mendapat potensi keuntungan karena efek dari ketegangan Rusia dan Ukraina. Tubagus Farash Akbar Farich, Direktur Avrist Asset Management menyatakan saham sektor komoditas di lantai bursa berpotensi terkerek naik karena harga minyak melonjak sehingga mendongkrak harga komoditas lainya.

Komoditas itu seperti lomgam atau baja, pertambangan, minyak sawit mentah (CPO), gandum, dan lainnya yang harganya melonjak beberapa waktu terakhir. Menurut Farash, lonjakan harga komoditas karena Rusia dan Ukraina selama ini merupakan salah satu pemasok (supplier) terbesar komiditas energi dan gandum.

Promo Terbaru di Bareksa

"Sehingga dengan perang, pasokan menjadi terganggu, padahal sebelumnya supply juga belum normal penuh karena ekonomi baru restarting akibat pandemi Covid-19. Sekarang menjadi tambah parah termasuk logistik yang sebelumnya melewati daerah terkait menjadi terganggu," kata Farash kepada Bareksa, Kamis (3/3/2022).

Farash mengungkapkan Indonesia yang selama ini juga merupakan produsen batu bara, nikel, minyak, CPO serta komoditas lainnya, dapat menjual barang tersebut di harga pasar yang sangat tinggi saat ini. Saat bersamaan, hal ini juga bermanfaat bagi penerimaan pajak bagi negara seperti tahun lalu.

Peluang Cuan Reksadana Ini

Bagaimana dampaknya ke reksadana? Farash mengatakan reksadana indeks atau index fund, berpotensi tumbuh lebih baik lagi.

"Saya rasa semua reksadana indeks baik IDX30 maupun LQ45 ada exposure ke sektor tersebut, dan tidak ketinggalan bank yang kinerja year to date baik dan bisa lebih baik lagi," kata Farash.

Kenapa bukan reksadana saham? Alasannya, kata Farash, karena index fund lebih merata sektornya.

"Takutnya kalau fokus di energi dan komiditas saja terlewat rebound di sektor perbankan, telekomunikasi dan lain-lain. Dulu di booming komoditas akhir tahun 2000-an banyak reksadana tematik yang hanya fokus di komoditas, seingat saya, setelah selesai cycle boom-nya, reksadana tersebut under perform," jelas Farash.

Berdasarkan daftar reksadana indeks atau index fund yang tersedia di Bareksa, tercatat 6 index fund membukukan imbal hasil positif sepanjang tahun berjalan di 2022 hingga 2 Maret.

Reksadana tersebut ialah Reksa Dana Indeks Principal Index IDX30 Kelas O dengan imbalan 5,02 persen, RHB SRI KEHATI Index Fund dengan cuan 4,88 persen, Reksa Dana Indeks Avrist IDX30 dengan imbal hasil 4,87 persen.

Kemudian disusul Reksa Dana Indeks BNP Paribas Sri Kehati dengan return 4,69 persen, Reksa Dana Kresna Indeks 45 dengan imbalan 4,53 persen dan Reksa Dana Indeks Syailendra MSCI Indonesia Value Index Fund Kelas A dengan imbalan 2,61 persen.

Illustration

Sumber : Bareksa

Index Fund dan Reksadana Saham Adalah

Reksadana indeks atau index fund ialah reksadana yang meniru portofolio indeks acuannya, baik itu indeks saham maupun indeks obligasi. Karena itu, tujuan dari penerbitan reksadana indeks adalah meniru pergerakan indeks acuannya.

Reksadana indeks merupakan salah satu jenis reksadana yang disarankan dipilih sebagai instrumen investasi oleh Warren Buffet, legenda hidup investasi dunia.

Di sisi lain Sesuai dengan namanya, reksadana saham mayoritas berinvestasi di saham. Reksadana saham wajib berinvestasi minimum 80 persen di saham.

Reksadana saham termasuk dalam reksadana terbuka ini merupakan reksadana yang memberikan potensi hasil investasi lebih tinggi dibandingkan ketiga jenis reksadana lainnya. Meski begitu, disertai dengan risiko yang lebih tinggi pula.

Sementara itu salah satu kesamaan reksadana indeks dan reksadana saham, adalah keduanya baik untuk investor yang memiliki profil risiko agresif untuk tujuan jangka panjang atau setidaknya lebih dari 5 tahun.

(Martina Priyanti/AM)

***

Ingin berinvestasi aman di reksadana yang diawasi OJK?

- Daftar jadi nasabah, klik tautan ini
- Beli reksadana, klik tautan ini
- Download aplikasi reksadana Bareksa di App Store
- Download aplikasi reksadana Bareksa di Google Playstore
- Belajar reksadana, klik untuk gabung Komunitas Bareksa di Facebook. GRATIS

DISCLAIMER​
Investasi reksadana mengandung risiko. Investor wajib membaca dan memahami prospektus dan fund fact sheet dalam berinvestasi reksadana.




Pilihan Investasi di Bareksa

Klik produk untuk lihat lebih detail.

Produk EksklusifHarga/Unit1 Bulan6 BulanYTD1 Tahun3 Tahun5 Tahun

Trimegah Dana Tetap Syariah

1.314,36

Up0,41%
Up3,60%
Up0,02%
Up5,91%
Up19,01%
-

Capital Fixed Income Fund

1.764,83

Up0,56%
Up3,41%
Up0,02%
Up7,22%
Up17,48%
Up42,87%

STAR Stable Income Fund

1.915,81

Up0,53%
Up2,89%
Up0,02%
Up6,25%
Up30,81%
Up60,29%

Syailendra Pendapatan Tetap Premium

1.757

Down- 0,19%
Up3,05%
Up0,01%
Up4,62%
Up19,15%
Up47,74%

Trimegah Dana Obligasi Nusantara

1.038,38

Up0,12%
Up2,03%
Up0,02%
Up2,94%
Down- 1,75%
-

Video Pilihan

Lihat Semua

Artikel Lainnya

Lihat Semua