BeritaArrow iconReksa DanaArrow iconArtikel

Pertama Hadir di Bareksa, Ini 6 Keuntungan Investasi di Reksa Dana MAGOLD A2

Abdul Malik17 September 2021
Tags:
Pertama Hadir di Bareksa, Ini 6 Keuntungan Investasi di Reksa Dana MAGOLD A2
Ilustrasi investor Muslimah yang gembira karena melihat perkembangan investasinya di reksa dana saham syariah MAGOLD A2. (Shutterstock)

MAGOLD Kelas A2 untuk pertama kalinya dijual kepada investor di Bareksa melalui Bareksa Prioritas

Bareksa.com - Ada kabar baik buat investor Reksa Dana PT Manulife Aset Manajemen Indonesia (MAMI). Perusahaan manajemen investasi terbesar di Tanah Air itu pada Jumat (20/8/2021) mulai menjual produk Reksa Dana Manulife Saham Syariah Golden Asia Dolar AS (MAGOLD) A2 melalui Bareksa.

Berbeda dengan distribusi MAGOLD Kelas A1 yang tersedia di sejumlah mitra distribusi MAMI termasuk juga perbankan, MAGOLD Kelas A2 baru mulai didistribusikan untuk pertamakalinya di Bareksa melalui Bareksa Prioritas.

Manulife Saham Syariah Golden Asia Dolar AS (MAGOLD) Kelas A2 merupakan reksa dana saham syariah dalam mata uang dolar Amerika Serikat yang bertujuan memberikan pertumbuhan investasi jangka panjang dengan mayoritas investasi di efek syariah luar negeri yang diterbitkan oleh penerbit yang memiliki kegiatan usaha secara langsung maupun tidak langsung di wilayah Asia, serta memenuhi prinsip syariah di pasar modal.

Promo Terbaru di Bareksa

MAGOLD Kelas A2 memiliki fokus geografis di Tiongkok (termasuk daerah administrasi khusus) dan/atau India. Kebijakan investasinya adalah 80-100 persen dari portofolionya diinvestasikan di efek syariah bersifat ekuitas, sisanya 0-20 persen di efek syariah berpendapatan tetap/sukuk/pasar uang syariah.

Menggandeng bank kustodian Citibank, N.A, penempatan awal investasi di MAGOLD Kelas A2 sebesar US$10.000 dengan minimum pembelian selanjutnya US$100.

Enam Keuntungan Berinvestasi di MAGOLD A2

Lalu, apa saja keuntungan bagi investor jika ingin berinvestasi di MAGOLD A2? Berdasarkan Prospektus Manulife Saham Syariah Golden Asia Dolar AS, investor reksa dana yang berinvestasi di MAGOLD A2 dapat memperoleh manfaat investasi sebagai berikut :

1. Pengelolaan secara profesional

Portofolio investasi MAGOLD A2 dikelola oleh manajer investasi yang profesional dan memiliki keahlian khusus serta pengalaman di bidang pengelolaan dana. Portofolio investasi dimonitor secara terus menerus dan didukung oleh akses informasi pasar yang lengkap agar dapat diambil keputusan cepat dan akurat.

2. Pertumbuhan nilai investasi

Reksa dana adalah kumpulan dana dari pemegang unit penyertaan yang dikelola secara terarah dan dapat dipertanggungjawabkan. Karena itu, dengan akumulasi dana yang terkumpul, MAGOLD A2 dapat bertransaksi secara kolektif sehingga biaya transaksi menjadi efisien, serta dapat dengan mudah mendapat akses berbagai instrumen investasi yang sulit apabila dilakukan secara individu.

Dengan demikian pemegang unit penyertaan Reksa Dana MAGOLD A2 mendapat kesempatan yang sama untuk memperoleh hasil investasi lebih baik sesuai dengan tingkat risikonya.

3. Diversifikasi investasi

Diversifikasi merupakan salah satu langkah utama MAGOLD A2 untuk mengurangi risiko. Dalam melakukan diversifikasi MAMI melakukan pemilihan berbagai efek secara selektif.

4. Likuiditas atau penjualan kembali unit penyertaan

Investor dapat melakukan penjualan kembali unit penyertaan yang dimiliki, sebagian atau seluruhnya, kapan pun sesuai kebutuhan. Investor akan menerima hasil penjualan unit selambat-lambatnya 7 hari bursa.

5. Transparan

Investor akan mendapatkan seluruh informasi investasi Reksa Dana Saham Syariah MAGOLD A2: Perkembangan portfolio, biaya-biaya, tingkat risiko, hingga pergerakkan nilai aktiva bersih setiap hari melalui surat kabar atau media lain.

Laporan keuangan tahunan juga bisa ditemukan dalam prosektus yang diperbarui 1 tahun sekali.

6. Kelas unit penyertaan

Untuk dapat menjawab kebutuhan spesifik setiap kelompok investornya, Reksa Dana Saham Syariah MAGOLD A2 memiliki beberapa kelas unit penyertaan. Penerapan kelas unit penyertaan memungkinkan manajer investasi mengelola portofolio setiap investor dengan lebih optimal.

Dengan beragam keuntungan tersebut, maka Reksa Dana Saham Syariah MAGOLD A2 layak menjadi alternatif investasi di tengah gejolak pasar saat ini akibat sentimen gelombang II pandemi Covid-19, serta peluang Bank Sentral Amerika Serikat (AS) atau The Fed memperketat kebijakan moneternya.

Reksa dana yang dikelola menggunakan akad wakalah ini juga layak dipertimbangkan bagi Anda investor yang ingin berinvestasi di instrumen investasi terbaik tanpa meninggalkan prinsip-prinsip syariah.

Menarik bukan? Sebelum investasi pastikan untuk selalu menyesuaikan instrumen investasi Anda dengan tujuan investasi serta profil risiko Anda ya!

(Martina Priyanti/AM)

***

Pilihan Investasi di Bareksa

Klik produk untuk lihat lebih detail.

Produk EksklusifHarga/Unit1 Bulan6 BulanYTD1 Tahun3 Tahun5 Tahun

Trimegah Dana Tetap Syariah

1.311,31

Down- 0,02%
Up3,54%
Up0,02%
Up5,67%
Up18,13%
-

Capital Fixed Income Fund

1.766,74

Up0,56%
Up3,41%
Up0,02%
Up7,34%
Up17,26%
Up43,41%

STAR Stable Income Fund

1.917,73

Up0,52%
Up2,95%
Up0,02%
Up6,35%
Up30,73%
Up60,39%

Syailendra Pendapatan Tetap Premium

1.750,18

Down- 0,68%
Up3,54%
Up0,01%
Up4,21%
Up18,57%
Up46,98%

Trimegah Dana Obligasi Nusantara

1.034,18

Down- 0,40%
Up1,62%
Up0,01%
Up2,52%
Down- 2,29%
-

Video Pilihan

Lihat Semua

Artikel Lainnya

Lihat Semua