Mei 2021, Tiga Reksadana Campuran di Bareksa Catat Imbal Hasil di Atas 7 Persen

Di tengah penurunan indeks reksadana campuran, ada tiga reksadana campuran di Bareksa yang berhasil membukukan kinerja cemerlang
Abdul Malik • 09 Jun 2021
cover

Ilustrasi investasi di reksadana campuran. (Shutterstock)

Bareksa.com - PT Infovesta Utama mencatat imbal hasil (return) reksadana campuran untuk periode Mei 2021 menurun 2,48 persen dibandingkan akhir 2020. Di tengah penurunan tersebut masih ada beberapa reksadana yang mencatatkan tingkat pengembalian (return) di atas 7 persen.

Berdasarkan data Infovesta Utama, setidaknya ada 10 reksadana campuran yang mampu membukukan return di atas 7 persen untuk periode Mei 2021. Sebanyak 3 dari 9 reksadana tersebut tersedia di Bareksa.

Reksadana campuran yang membukukan return tertinggi untuk periode Mei 2021 adalah Capital Sharia Balanced dengan imbalan 43,02 persen. Selanjutnya adalah Jarvis Balanced Fund yang membukukan return 39,56 persen.

Sementara reksadana campuran yang ada di Bareksa adalah Syailendra Balanced Opportunity Fund dengan pencapaian return 15,74 persen pada Mei 2021. Reksadana dari PT Syailendra Capital ini memiliki portofolio 60,57 persen di saham, 20,77 persen di obligasi dan 18,65 persen di pasar uang.

Per April 2021, portofolio Syailendra Balanced Opportunity Fund adalah deposito berjangka BRI, Sukuk Negara Ritel seri SR011, BBNI KOTA MMA, PT Erajaya Swasembada Tbk (ERAA) dan PT Link Net Tbk (LINK).

Dari sisi return, reksadana ini mencatatkan tingkat pengembalian hingga 40,98 persen dalam setahun. Sementara dalam 6 bulan, reksadana campuran ini mencatatkan return 20,84 persen.

Selain Syailendra Balanced Opportunity Fund, reksadana campuran lain yang membukukan return yang cukup tinggi adalah Sucorinvest Flexi Fund. Reksadana campuran dari PT Sucor Asset Management ini memiliki portofolio di saham PT Astra International Tbk (ASII), PT Buyung Poetra Sembada Tbk (HOKI), KMI Wire and Cable Tbk (KBLI), Obligasi INKP01ACN1 dan PT Samindo Resources Tbk (MYOH).

Per April 2021, reksadana ini bisa membukukan return 35,68 persen dalam setahun. Bahkan dalam 5 tahun, return reksadana campuran ini mencapai 114,08 persen.

Reksadana campuran terakhir yang juga membukukan return cukup tinggi adalah Shinhan Balance Fund. Reksadana campuran dari PT Shinhan Asset Management ini bisa membukukan return hingga 11,21 persen dalam 6 bulan. Sementara per Mei 2021, reksadana campuran ini membukukan return 7,51 persen dibandingkan akhir tahun lalu.

(K09/AM)

***

Ingin berinvestasi aman di reksadana yang diawasi OJK?

- Daftar jadi nasabah, klik tautan ini
- Beli reksadana, klik tautan ini
- Download aplikasi reksadana Bareksa di App Store
- Download aplikasi reksadana Bareksa di Google Playstore
- Belajar reksadana, klik untuk gabung Komunitas Bareksa di Facebook. GRATIS 

DISCLAIMER​
Investasi reksadana mengandung risiko. Investor wajib membaca dan memahami prospektus dan fund fact sheet dalam berinvestasi reksadana.