BeritaArrow iconReksa DanaArrow iconArtikel

Testimoni Michael Tjoajadi Schroders untuk Bareksa-Kontan-OVO 4th Fund Awards 2020

Hanum Kusuma Dewi20 Oktober 2020
Tags:
Testimoni Michael Tjoajadi Schroders untuk Bareksa-Kontan-OVO 4th Fund Awards 2020
Michael T. Tjoajadi (tengah) ketika menerima penghargaan Tokoh Reksadana pada Bareksa Kontan Fund Awards 2018

Michael adalah pemenang penghargaan Tokoh Reksadana pada gelaran Fund Awards 2020

Bareksa.com - Platform investasi terbesar Bareksa bersama Harian Kontan, didukung oleh perusahaan uang elektronik terkemuka OVO, kembali menyelenggarakan "Bareksa-Kontan-OVO 4th Fund Awards 2020". Di tengah pandemi Covid-19, acara tahun ini akan digelar secara virtual pada Rabu, 21 Oktober 2020 pukul 19.00-21.00 WIB, melalui Zoom, Youtube, Facebook dan Instagram Bareksa dan OVO.

Ini merupakan ajang penghargaan tahunan bagi reksa dana dan Manajer Investasi (MI) yang menunjukkan performa terbaik dalam setahun terakhir. Termasuk, Tokoh Reksa Dana 2020 yang telah menunjukkan dedikasi dan kontribusi yang luar biasa bagi pertumbuhan reksa dana di Indonesia.

Pada 2018, pertama kali diperkenalkan penghargaan Tokoh Reksadana dalam gelaran tahunan ini. Kala itu, pemenangnya adalah Michael T. Tjoajadi, Presiden Direktur PT Schoder Investment Management Indonesia. Berikut testimoni Michael mengenai penyelenggaraan Bareksa-Kontan-OVO 4th Fund Awards 2020.

Promo Terbaru di Bareksa

1. Bagaimana menurut Bapak mengenai penyelenggaraan Bareksa-Kontan Fund Awards?

Menurut Saya Bareksa-Kontan Fund Awards bisa menjadi salah satu acuan untuk memberikan penghargaan dan bisa membantu mendorong kemajuan industri Reksa Dana Nasional. Apalagi di tengah perlambatan ekonomi akibat pandemi Covid-19 saat ini.

Yang menggembirakan, saat ini tren masyarakat untuk sadar berinvestasi, utamanya investasi Reksa Dana di tengah pandemi semakin meningkat. Terbukti berdasarkan data Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI) jumlah single investor identification (SID) investor Reksa Dana tumbuh paling pesat dibandingkan kenaikan jumlah investor saham dan Surat Berharga Negara (SBN).

Jumlah investor Reksa Dana tercatat sebanyak 2,31 juta investor pada Juli 2020, meningkat 30,5 persen dibanding akhir 2019 yang sebanyak 1,77 juta investor. Pertumbuhan itu utamanya ditopang oleh melesatnya jumlah investor ritel.

Karena itu penyelenggaraan Bareksa-Kontan Fund Awards dapat berperan lebih aktif dalam mengampanyekan pentingnya investasi bagi seluruh masyarakat Indonesia.

2. Bagaimana tanggapan Bapak setelah menerima award sebagai tokoh reksadana paling berpengaruh?

Pertama-tama saya sampaikan terimakasih atas kepercayaan Bareksa-Kontan Fund Awards yang telah memberikan kepercayaan kepada saya sebagai tokoh paling berpengaruh di industri Reksa Dana Nasional pada 2018 lalu.

Bagi saya, penghargaan bukanlah sekedar award, melainkan amanah untuk terus berkontribusi positif terhadap perkembangan industri Reksa Dana Nasional khususnya, dan industri Pasar Modal Nasional secara lebih luas.

Saya mulai berkecimpung di pengelolaan dana sejak 1993. Saat itu saya mengelola dana pensiun yang diinvestasikan di pasar modal. Kemudian saya mulai bergabung dengan PT Schroder Investment Management Indonesia sejak 1996. Saat itu hanya ada dua produk Reksa Dana Schroder yang kemudian berkembang dengan pesat dimana per September 2020 total Reksa Dana yang dikelola oleh Schroders Indonesia sudah ada 27 Produk Reksa Dana

Namun siapa mengira, produk investasi Reksa Dana yang pada zaman dulu hanya bisa diakses oleh pemodal kelas atas, kini justru bisa dijangkau oleh semua masyarakat Indonesia dari berbagai kalangan bahkan dengan modal terbatas.

Selama sekitar 24 tahun ini, ternyata industri Reksa Dana Nasional telah bertransformasi dengan menakjubkan. Utamanya karena hadirnya teknologi digital yang yang telah membantu mendorong pertumbuhan industri, baik dari sisi jumlah investor maupun keterjangkauannya.

3. Apa harapan Bapak untuk Bareksa-Kontan Fund Awards dan industri reksadana ke depan?

Harapan saya atas Bareksa-Kontan Fund Awards harus tetap dipertahankan penyelenggaraannya agar tidak hanya menjadi salah satu referensi bagi industri reksadana nasional, namun juga harus terus ditingkatkan baik dari sisi kualitas penilaiannya, serta keragaman kategori penghargaannya.

Saya berharap Bareksa-Kontan Fund Awards benar-benar kredibel dan memang bisa dijadikan acuan bagi industri Reksa Dana Nasional, serta bisa memacu perusahaan-perusahaan manajemen investasi untuk terus berkarya lebih baik lagi. Tujuan lebih besarnya adalah guna membantu mendorong pertumbuhan industri pasar modal nasional.

***

Ingin berinvestasi aman di reksadana yang diawasi OJK?

- Daftar jadi nasabah, klik tautan ini
- Beli reksadana, klik tautan ini
- Pilih reksadana, klik tautan ini
- Belajar reksadana, klik untuk gabung di Komunitas Bareksa. GRATIS

DISCLAIMER

Semua data return dan kinerja investasi yang tertera di dalam artikel ini tidak dapat digunakan sebagai jaminan dasar perhitungan untuk membeli atau menjual suatu efek. Data-data tersebut merupakan catatan kinerja berdasarkan data historis dan bukan merupakan jaminan atas kinerja suatu efek di masa mendatang. Investasi melalui reksadana mengandung risiko. Investor wajib membaca dan memahami prospektus sebelum memutuskan untuk berinvestasi melalui reksadana.





Pilihan Investasi di Bareksa

Klik produk untuk lihat lebih detail.

Produk EksklusifHarga/Unit1 Bulan6 BulanYTD1 Tahun3 Tahun5 Tahun

Trimegah Dana Tetap Syariah

1.312,97

Up0,14%
Up3,53%
Up0,02%
Up5,80%
Up18,28%
-

Capital Fixed Income Fund

1.766,1

Up0,58%
Up3,41%
Up0,02%
Up7,30%
Up17,22%
Up43,04%

STAR Stable Income Fund

1.917,09

Up0,55%
Up2,93%
Up0,02%
Up6,32%
Up30,69%
Up60,37%

Syailendra Pendapatan Tetap Premium

1.752,73

Down- 0,48%
Up3,74%
Up0,01%
Up4,37%
Up18,74%
Up47,23%

Trimegah Dana Obligasi Nusantara

1.035,26

Down- 0,27%
Up1,73%
Up0,01%
Up2,63%
Down- 2,19%
-

Video Pilihan

Lihat Semua

Artikel Lainnya

Lihat Semua