BeritaArrow iconReksa DanaArrow iconArtikel

Fungsi Emas Sebagai Aset Lindung Nilai

Bareksa07 September 2020
Tags:
Fungsi Emas Sebagai Aset Lindung Nilai
Ilustrasi emas batangan logam mulia di atas kertas menunjukkan grafik pasar saham keuangan untuk menggambarkan emas sebagai aset aman safe haven saat krisis.

Fitur jual beli emas secara online kini sudah tersedia di BareksaEmas

Bareksa.com - Hingga 3 September 2020, Covid-19 telah menginfeksi 26,2 juta jiwa di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Selain menelan banyak korban jiwa, pandemi Covid-19 juga mengakibatkan pasar global menjadi tidak stabil. Beberapa bank sentral dunia bahkan memutuskan untuk melakukan pemangkasan suku bunga darurat demi menopang perekonomian termasuk Indonesia. Bank Indonesia telah memangkas bunga acuan sebanyak 100 basis poin dari awal tahun 2020 menjadi 4 persen per September 2020.

Kondisi ini membuat perekonomian berada dalam ketidakpastian, lantas melambungkan harga emas hingga US$2.000 per troy ounce. Setiap ketidakpastian perekonomian global meningkat, secara historikal harga emas akan meningkat dan mata uang lain seperti rupiah akan melemah, imbas dari menguatnya dolar AS terhadap mata uang global lainnya.

Tak hanya berfungsi sebagai aset safe-heaven, para pelaku pasar juga bisa memanfaatkan emas sebagai hedging (lindung nilai) saat kondisi pasar mempunyai volatilitas yang tinggi seperti saat ini.

Promo Terbaru di Bareksa

Fungsi Emas Sebagai Hedging (Aset Lindung Nilai)

Mengapa rata-rata orang tua kita banyak membeli dan menyimpan perhiasan emas? Tujuannya adalah semata-mata untuk melindungi (proteksi) nilai kekayaan yang mereka miliki sebagai bentuk antisipasi kebutuhan di masa depan. Dapat dikatakan mereka telah melakukan tindakan lindung nilai (hedging) secara sederhana.

Di samping itu, ada pula beberapa alasan mengapa emas dimanfaatkan sebagai hedging, antara lain :

• Emas berperan sebagai tangible asset yang penting saat krisis keuangan melanda.
• Memiliki daya beli konsisten dari tahun ke tahun.
• Nilai emas tidak tergantung pada kebijakan otoritas, sehingga perubahan suku bunga dan sejenisnya tak perlu terlalu dikhawatirkan.
• Terbebas dari risiko krisis perbankan, karena emas tak terpengaruh sama sekali dengan sistem dunia perbankan.

Fitur Jual Beli Emas Secara Online Kini Sudah Tersedia di BareksaEmas

Tidak ingin repot investasi emas? Fitur jual beli emas secara online kini sudah tersedia di BareksaEmas, yang bisa diakses melalui aplikasi Bareksa yang tersedia untuk ponsel (handset) berbasis iOS dan Android.

Pembentukan harga di BareksaEmas juga memudahkan. Sebab, meskipun harga emas di pasar bisa berfluktuasi (naik-turun) cepat dalam sehari, perubahan harga di BareksaEmas hanya terjadi sekali dalam sehari dan diambil menurut harga terbaik bagi pembeli.

Selain itu, nilai portofolio emas kita terlihat berdasarkan harga jual. Jadi, kita tidak perlu repot-repot lagi menghitung berapa keuntungan yang telah kita miliki dana portofolio emas kita.

Dalam fitur BareksaEmas, Bareksa telah bermitra dengan Indogold, yaitu pedagang emas online yang menyediakan fasilitas titipan. Indogold sudah mendapat izin OJK sebagai salah satu usaha pergadaian (untuk penitipan emas).

Selain itu, emas yang diperjualbelikan Bareksa melalui fitur BareksaEmas adalah logam mulia 24 karat berkadar 99,99 persen dengan wujud fisik yang diproduksi oleh ANTAM dan UBS. Emas batangan produksi ANTAM dan UBS sudah sering dijadikan alat investasi sehingga tidak perlu diragukan lagi keasliannya.

Sebagai tambahan informasi, BareksaEmas hadir bagi investor yang sudah terdaftar di Bareksa yang bisa membeli emas mulai dari ukuran 0,1 gram. Wujud fisik emas di BareksaEmas juga bisa diambil atau ditarik dengan ukuran minimal 0,5 gram dan diantarkan ke alamat pemilik.

(KA02/AM)

***

Ingin berinvestasi yang aman di reksadana dan diawasi OJK?

- Daftar jadi nasabah, klik tautan ini
- Beli reksadana, klik tautan ini
- Pilih reksadana, klik tautan ini
- Belajar reksadana, klik untuk gabung di Komunitas Bareksa Fund Academy. GRATIS

DISCLAIMER

Semua data return dan kinerja investasi yang tertera di dalam artikel ini tidak dapat digunakan sebagai jaminan dasar perhitungan untuk membeli atau menjual suatu efek. Data-data tersebut merupakan catatan kinerja berdasarkan data historis dan bukan merupakan jaminan atas kinerja suatu efek di masa mendatang. Investasi melalui reksadana mengandung risiko. Investor wajib membaca dan memahami prospektus sebelum memutuskan untuk berinvestasi melalui reksadana.

Pilihan Investasi di Bareksa

Klik produk untuk lihat lebih detail.

Produk EksklusifHarga/Unit1 Bulan6 BulanYTD1 Tahun3 Tahun5 Tahun

Trimegah Dana Tetap Syariah

1.314,83

Up0,43%
Up3,55%
Up0,02%
Up5,95%
Up19,11%
-

Capital Fixed Income Fund

1.764,51

Up0,56%
Up3,41%
Up0,02%
Up7,20%
Up17,66%
Up42,85%

STAR Stable Income Fund

1.915,47

Up0,53%
Up2,89%
Up0,02%
Up6,23%
Up30,99%
Up60,26%

Syailendra Pendapatan Tetap Premium

1.758,34

Down- 0,10%
Up3,14%
Up0,01%
Up4,70%
Up19,30%
Up47,85%

Trimegah Dana Obligasi Nusantara

1.038,12

Up0,08%
Up2,01%
Up0,02%
Up2,91%
Down- 1,48%
-

Video Pilihan

Lihat Semua

Artikel Lainnya

Lihat Semua