BeritaArrow iconReksa DanaArrow iconArtikel

Dorong Inklusi Keuangan, Jumlah Investor Ritel Bahana TCW Capai 50.000 per Juli

Bareksa28 Juli 2020
Tags:
Dorong Inklusi Keuangan, Jumlah Investor Ritel Bahana TCW Capai 50.000 per Juli
Budi Hikmat, Director for Investment Strategy PT Bahana TCW Investment Management (tengah) bersama Soni Wibowo Direktur Riset & Kepala Investasi Alternatif Bahana TCW sedang diskusi perkembangan terkini pasar modal. (bahanatcw.com)

Bahana TCW terus memperluas kerja sama dengan platform investasi digital

Bareksa.com - PT Bahana TCW Investment Management membukukan pertumbuhan jumlah investor ritel hingga 9 persen pada Juli 2020 ini menjadi 50.000 dibandingkan 45.000 investor ritel pada akhir 2019. Direktur Riset dan Kepala Investasi Alternatif Bahana TCW Investment, Soni Wibowo, menyatakan upaya perseroan mendongkrak jumlah investor ritel merupakan bagian dari pencapaian program inklusi keuangan.

"Pertumbuhan jumlah investor retail tersebut ini sejalan dengan program inklusi keuangan yang digalakkan pemerintah dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Kesadaran masyarakat untuk berinvestasi yang meningkat, munculnya platform aplikasi investasi yang memudahkan para investor, dan nilai investasi yang semakin terjangkau menjadi faktor meningkatnya jumlah investor retail reksadana," ujar Soni, dalam keterangannya (27/7/2020).

Menurut Soni, dari sisi nilai dana kelolaan, kontribusi investor ritel memang masih kecil dibandingkan investor institusi terhadap total asset under management perseroan. Namun Bahana TCW lebih mengutamakan pertumbuhan jumlah investor ketimbang nilai investasinya.

Promo Terbaru di Bareksa

“Kami berharap dengan kesadaran orang yang semakin tinggi terhadap investasi, mereka akan terus meningkatkan jumlah investasi dan mengajak teman dan lingkungan orang sekitar berinvestasi di reksadana,” ungkap Soni.

Illustration
Sumber : Bareksa

Soni menyatakan mayoritas investor ritel berasal dari kalangan usia produktif mulai dari umur 21-29 tahun. Adapun, produk reksadana pasar uang menjadi investasi paling favorit bagi para investor ritel, terutama bagi mereka yang mulai berkenalan dengan investasi reksadana. Jenis reksadana pendapatan tetap juga digemari investor retail, setelah mereka mulai merasa nyaman berinvestasi di reksadana.

Menurut dia, Bahana TCW terus memperluas kerja sama dengan platform investasi digital dan produk investasi bagi setiap investor. Saat ini, Bahana TCW bekerja sama dengan 13 APERD (agen penjual reksadana) non bank dan menyediakan 17 produk reksadana yang bisa menjadi pilihan investor ritel.

Misalnya reksadana ABF IBI Fund, jenis reksadana pendapatan tetap yang awalnya hanya untuk investor institusional, kini sudah bisa menjadi investasi investor retail dengan nilai investasi yang sangat terjangkau.

Illustration
Sumber : Bareksa

"Ke depan, Bahana TCW akan terus mengedukasi dan membuka peluang investasi bagi para investor ritel, terutama generasi muda, agar terhindar dari middle income trap crisis tahun 2030," Soni menambahkan.

***

Ingin berinvestasi yang aman di reksadana dan diawasi OJK?

- Daftar jadi nasabah, klik tautan ini
- Beli reksadana, klik tautan ini
- Pilih reksadana, klik tautan ini
- Belajar reksadana, klik untuk gabung di Komunitas Bareksa Fund Academy. GRATIS

DISCLAIMER

Semua data return dan kinerja investasi yang tertera di dalam artikel ini tidak dapat digunakan sebagai jaminan dasar perhitungan untuk membeli atau menjual suatu efek. Data-data tersebut merupakan catatan kinerja berdasarkan data historis dan bukan merupakan jaminan atas kinerja suatu efek di masa mendatang. Investasi melalui reksadana mengandung risiko. Investor wajib membaca dan memahami prospektus sebelum memutuskan untuk berinvestasi melalui reksadana.

Pilihan Investasi di Bareksa

Klik produk untuk lihat lebih detail.

Produk EksklusifHarga/Unit1 Bulan6 BulanYTD1 Tahun3 Tahun5 Tahun

Capital Fixed Income Fund

1.773,76

Up0,54%
Up3,36%
Up0,03%
Up6,73%
Up17,30%
Up44,83%

Trimegah Dana Tetap Syariah

1.325,17

Up0,88%
Up4,09%
Up0,03%
Up5,78%
Up18,69%
-

Syailendra Pendapatan Tetap Premium

1.752,53

Down- 0,32%
Up2,73%
Up0,01%
Up3,85%
Up18,24%
Up46,77%

Trimegah Dana Obligasi Nusantara

1.046,42

Up0,71%
Up2,82%
Up0,02%
Up3,06%
Down- 1,49%
-

STAR Stable Amanah Sukuk

Produk baru

1.037,25

Up0,52%
Up3,63%
Up0,03%
---

Video Pilihan

Lihat Semua

Artikel Lainnya

Lihat Semua