BeritaArrow iconReksa DanaArrow iconArtikel

Tiga Cara Menganalisis Kinerja Produk Reksadana dengan Benar

Bareksa30 Desember 2019
Tags:
Tiga Cara Menganalisis Kinerja Produk Reksadana dengan Benar
Ilustrasi investor pria pemuda sedang memegang handphone smartphone gadget mengecek portofolio keuntungan dari hasil investasi reksadana saham obligasi surat berharga negara secara online dengan transaksi pembayaran digital

Dalam memilih produk reksadana, investor perlu mempertimbangkan tujuan investasi dan horizon (jangka waktu)

Bareksa.com - Apa yang kita pertimbangkan ketika memilih produk reksadana untuk investasi? Jawaban yang sering muncul adalah kinerja historis, alias pergerakan reksadana dan kaitannya dalam memberikan keuntungan di masa lampau.

Karena itu, sebelum memilih berinvestasi di reksadana sebaiknya investor melakukan penilaian terhadap kinerja yang ingin dimilikinya.

Dalam memilih produk reksadana, investor perlu mempertimbangkan tujuan investasi dan horizon (jangka waktu) dari tujuan tersebut. Terkait dengan hal itu, maka dasar pemilihan reksadana tidak melulu kinerja atau return reksadana sebagai indikator yang paling banyak digunakan secara umum.

Promo Terbaru di Bareksa

Dengan demikian, memilih reksadana harus hati-hati. Sebab, kalau seleksi hanya berdasarkan kinerja historis saja tanpa melihat pergerakan naik-turun (fluktuasi) lebih jauh dari reksadana yang bersangkutan, justru bisa mendorong pemilihan produk yang kurang sesuai dengan profil risikonya.

Berikut beberapa cara untuk menganalisis kinerja reksadana dengan benar :

1. Bandingkan reksadana dengan benchmark yang tepat

Informasi pertama yang perlu dianalisis terkait kinerja reksadana ialah return dibandingkan dengan tolok ukur yang sesuai. Misalnya, jika Anda ingin melihat seberapa baik kinerja reksadana Anda, yang terbaik adalah membandingkannya dengan pengembalian rata-rata dari jenis reksadana yang sama.

Perhatikan bahwa salah satu reksadana Anda mengalami penurunan nilai yang besar tetapi reksadana yang lain kinerjanya baik dalam jangka waktu tertentu, ini bukan indikasi bahwa reksadana yang sedang menurun harus dibuang dari portofolio Anda. Lihatlah jenis dan kategori reksadana yang sama terlebih dahulu untuk memahami apakah reksadana dalam kategori tersebut memiliki kinerja yang serupa.

Anda juga dapat menggunakan indeks untuk benchmark. Sebagai contoh, jika reksadana tersebut banyak dialokasikan ke dalam saham, patokan yang baik adalah Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG).

Jika IHSG turun 10 persen selama periode tertentu, namun reksadana Anda “hanya” turun 8 persen, hal tersebut seharusnya tidak perlu membuat Anda khawatir dengan kinerja reksadana Anda, karena secara umum kinerja pasar saham sedang kurang baik.

2. Ketahui kapan kinerja reksadana bagus bisa menjadi buruk

Jika Anda berinvestasi dalam reksadana, terutama reksadana saham, kemungkinan Anda berencana untuk menahannya setidaknya selama tiga tahun atau lebih. Namun, bukan berarti return jangka pendek, katakanlah 1 tahun, tidak relevan. Bahkan return 1 tahun untuk reksadana yang sangat tinggi dibandingkan dengan dana lain dalam kategorinya dapat menjadi sinyal peringatan.

Ya, kinerja yang kuat bisa menjadi indikator negatif. Ada beberapa alasan, salah satu alasannya adalah bahwa return yang luar biasa tinggi bersifat abnormal. Alasan lain untuk tetap menghindar dari kinerja jangka pendek yang tinggi adalah karena hal ini akan menarik investor untuk berinvestasi di reksadana tersebut.

Jumlah uang yang lebih kecil akan lebih mudah dikelola dibandingkan dengan jumlah yang lebih besar. Lebih banyak investor berarti lebih banyak uang. Reksadana yang memiliki kinerja di tahun tertentu yang hebat bukan berarti akan memiliki kinerja yang sama di tahun selanjutnya.

Bahkan, peningkatan dana kelolaan yang besar bisa sangat merusak prospek reksadana untuk kinerja masa depan. Inilah sebabnya mengapa manajer investasi yang baik menutup dana untuk investor.

3. Fokus pada periode 5 dan 10 tahun untuk kinerja reksadana

Sebagai contoh, mungkin seorang fund manager memiliki filosofi investasi konservatif yang mengarah pada kinerja relatif lebih tinggi selama kondisi ekonomi yang buruk, tetapi kinerja relatif lebih rendah dalam kondisi ekonomi yang baik. Kinerja reksadana bisa terlihat kuat atau lemah sekarang, tetapi apa yang mungkin terjadi dalam 2 atau 3 tahun ke depan?

Mempertimbangkan fakta bahwa kondisi pasar terus berubah, kita dapat menilai reksadana dari setiap perubahan arah pasar. Kemudian biasanya setiap fund manager memiliki gaya dan strategi masing-masing, namun dalam meracik investasinya harus sesuai dengan ketentuan yang ada dalam prospektus.

Misalnya, sebagian besar siklus ekonomi (siklus yang terdiri dari periode resesi dan pertumbuhan) adalah 5 hingga 7 tahun. Juga, selama periode 5-7 tahun, paling tidak ada satu tahun di mana ekonomi lemah atau dalam resesi dan pasar saham merespons secara negatif.

Kemudian selama periode 5 sampai 7 tahun yang sama kemungkinan ada setidaknya 4 atau 5 tahun di mana ekonomi dan pasar positif. Jika Anda menganalisis reksadana dan tingkat pengembalian 5 tahun lebih tinggi dari sebagian besar reksadana sejenis, maka reksadana tersebut bisa Anda koleksi.

Reksadana adalah wadah untuk menghimpun dana dari masyarakat pemodal (investor). Dana yang telah terkumpul tersebut nantinya akan diinvestasikan oleh manajer investasi ke dalam beberapa instrumen investasi seperti saham, obligasi, atau deposito.

Reksadana juga diartikan sebagai salah satu alternatif investasi bagi masyarakat pemodal, khususnya pemodal kecil dan pemodal yang tidak memiliki banyak waktu dan keahlian untuk menghitung risiko atas investasi mereka.

(KA01/AM)

***

Ingin berinvestasi aman di reksadana yang diawasi OJK?

- Daftar jadi nasabah, klik tautan ini
- Beli reksadana, klik tautan ini
- Pilih reksadana, klik tautan ini
- Belajar reksadana, klik untuk gabung di Komunitas Bareksa Fund Academy. GRATIS

DISCLAIMER

Semua data return dan kinerja investasi yang tertera di dalam artikel ini tidak dapat digunakan sebagai jaminan dasar perhitungan untuk membeli atau menjual suatu efek. Data-data tersebut merupakan catatan kinerja berdasarkan data historis dan bukan merupakan jaminan atas kinerja suatu efek di masa mendatang. Investasi melalui reksadana mengandung risiko. Investor wajib membaca dan memahami prospektus sebelum memutuskan untuk berinvestasi melalui reksadana.

Pilihan Investasi di Bareksa

Klik produk untuk lihat lebih detail.

Produk EksklusifHarga/Unit1 Bulan6 BulanYTD1 Tahun3 Tahun5 Tahun

Trimegah Dana Tetap Syariah

1.317,1

Up0,19%
Up3,37%
Up0,02%
Up5,62%
Up18,27%
-

Capital Fixed Income Fund

1.770,56

Up0,58%
Up3,37%
Up0,02%
Up6,89%
Up17,19%
Up44,49%

Syailendra Pendapatan Tetap Premium

1.749,49

Down- 0,88%
Up2,77%
Up0,01%
Up3,89%
Up18,26%
Up46,70%

Trimegah Dana Obligasi Nusantara

1.038,44

Down- 0,02%
Up2,04%
Up0,02%
Up2,98%
Down- 2,22%
-

STAR Stable Amanah Sukuk

Produk baru

1.035,35

Up0,51%
-
Up0,03%
---

Video Pilihan

Lihat Semua

Artikel Lainnya

Lihat Semua