Cara Nabung Rp21 Ribuan per Hari di Reksadana untuk Berlibur ke Pulau Giliyang

Pulau Giliyang memiliki kadar oksigen tertinggi nomor dua di dunia setelah Yordania
Bareksa • 16 Dec 2019
cover

Ilustrasi Pulau Giliyang (Instagram @giliyang02_official)

Bareksa.com - Ingin lebih awet muda tanpa harus menjalani perawatan sana sini dan atau operasi atas bawah samping kanan dan samping kiri? Jika iya, bisa datang ke Pulau Giliyang, salah satu pulau di Kabupaten Sumenep, Jawa Timur.

Hasil penelitian Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) pada 2006 seperti dikutip Tempo menyebutkan, kadar oksigen di Pulau Giliyang mencapai 3-4 persen lebih tinggi dari tempat lain, yakni berkisar 21,5 persen.

Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) dan LAPAN masih terus melakukan riset untuk mengetahui faktor apa saja yang membuat Pulau Giliyang, memiliki kadar oksigen tertinggi nomor dua di dunia setelah Yordania.

Kadar oksigen yang tinggi itulah yang telah lama dikenal mampu membuat penduduknya awet muda. Selain itu, Pulau Giliyang juga cocok bagi orang-orang yang menjalani terapi dan mengidap beragam penyakit khususnya yang berhubungan dengan gangguan pernapasan.

Pulau Giliyang bisa ditempuh dengan naik pesawat berjenis ATR, menuju Sumenep dari Surabaya, Jawa Timur. Selain itu, bisa juga melalui jalur darat, melalui Jembatan Suramadu menuju Pulau Madura, dengan tujuan Kabupaten Sumenep.

Untuk bisa menghirup oksigen terbaik kedua di dunia, tentu kita harus siapkan modal. Kebutuhan yang perlu disiapkan pembiayaannya antara lain tiket pesawat pulang pergi Jakarta Surabaya, kemudian biaya akomodasi menuju dan selama di Pulau Giliyang.

Jika tidak ingin repot-repot mengurus akomodasi menuju dan selama di Pulau Giliyang, Anda bisa mengikuti paket tur yang ditawarkan mulai dari Rp400 ribu per orang, dengan meeting point dari Surabaya. Sebagai gambaran, mari kita asumsikan saja kebutuhan biaya untuk traveling ke Pulau Giliyang dari Jakarta sekitar Rp4 juta per orang.

Simulasi Investasi Reksadana

Kamu perlu menyiapkan dananya sejak jauh-jauh hari. Salah satu cara yang dapat dicoba yakni dengan nabung di reksadana yang memiliki keuntungan optimal serta imbal hasilnya juga bebas pajak karena bukan objek pajak.

Salah satu jenis reksadana yang bisa dipertimbangkan adalah reksadana pasar uang. Reksadana ini mampu memberikan potensi imbal hasil optimal dan cocok untuk investor dengan risiko rendah dan jangka waktunya pendek yakni sekitar 1 tahun.

Berdasarkan daftar reksadana pasar uang yang dijual di Bareksa, top 5 reksadana pasar uang return tertinggi mampu memberikan imbal hasil 6,77 persen hingga 7,32 persen dalam 1 tahun terakhir (per 13 Desember 2019). Artinya secara rata-rata top 5 reksadana tersebut memberikan imbal hasil 7,06 persen per tahun.

Perlu diingat, nilai imbal hasil tersebut adalah berdasarkan kinerja historikal, sehingga tidak menjamin kinerja imbal hasilnya akan serupa dalam satu tahun ke depan.

Top 5 Reksadana Pasar Uang Tertinggi 1 Tahun Terakhir (per 13 Desember 2019)


Sumber : Bareksa

Kemudian kita gunakan tools Kalkulator Investasi Bareksa untuk mengetahui kebutuhan investasi bulanan yang dibutuhkan untuk bisa membiayai travelling ke Pulau Giliyang berdua dengan pasangan, sebesar Rp8 juta.

Dalam kolom Kalkulator Investasi Bareksa, kita masukkan target dana yang ingin kita kumpulkan, jangka waktu investasi, serta return atau imbal hasil per tahun yang diharapkan. Kemudian klik tombol hitung.


Sumber : Bareksa

Berdasarkan hasil hitungan Kalkulator Investasi Bareksa, guna mendapatkan target dana Rp8 juta untuk membiayai kebutuhan dana traveling berdua ke Pulau Giliyang, maka sedikitnya dibutuhkan tabungan Rp645.547 per bulan, untuk kemudian kita investasikan di reksadana pasar uang. Nilai itu setara menabung Rp21.518 per hari.


Sumber : Bareksa

Dengan menabung Rp21.518 per hari atau Rp645.547 per bulan, maka dalam 1 tahun atau 12 bulan kita berhasil mengumpulkan dana pokok investasi Rp7.746.567. Nilai itu masih berpotensi bertambah karena kita berpeluang memperoleh imbal hasil investasi Rp253.433.

Sehingga total dana pokok dan imbal hasil investasi yang bisa kita peroleh bisa mencapai Rp8 juta atau sudah cukup modal untuk membiayai perjalanan ke Pulau Giliyang berdua dengan pasangan.

Jika ternyata kamu berubah pikiran, dana yang sudah kamu himpun melalui investasi reksadana pasar uang, bisa digunakan untuk kebutuhan lainnya seperti modal awal investasi reksadana lanjutan atau bayar kursus bahasa yang selama ini ingin kamu lakukan.

Cukup mudah cara untuk mengumpulkan dana dan mendapatkan imbal hasil optimal. Tertarik untuk mencoba?

Reksadana ialah wadah untuk menghimpun dana dari masyarakat pemodal (investor). Dana yang telah terkumpul tersebut nantinya akan diinvestasikan oleh manajer investasi ke dalam beberapa instrumen investasi seperti saham, obligasi, atau deposito. Sementara itu, reksadana syariah hanya bisa berinvestasi pada efek yang masuk dalam pengelolaan secara syariah.

Reksadana juga diartikan sebagai salah satu alternatif investasi bagi masyarakat pemodal, khususnya pemodal kecil dan pemodal yang tidak memiliki banyak waktu dan keahlian untuk menghitung risiko atas investasi mereka.

(AM)

***

Ingin berinvestasi di reksadana?

- Daftar jadi nasabah, klik tautan ini
- Beli reksadana, klik tautan ini
- Pilih reksadana, klik tautan ini
- Belajar reksadana, klik untuk gabung di Komunitas Bareksa Fund Academy. GRATIS

DISCLAIMER

Semua data return dan kinerja investasi yang tertera di dalam artikel ini tidak dapat digunakan sebagai jaminan dasar perhitungan untuk membeli atau menjual suatu efek. Data-data tersebut merupakan catatan kinerja berdasarkan data historis dan bukan merupakan jaminan atas kinerja suatu efek di masa mendatang. Investasi melalui reksadana mengandung risiko. Investor wajib membaca dan memahami prospektus sebelum memutuskan untuk berinvestasi melalui reksadana.