BeritaArrow iconReksa DanaArrow iconArtikel

Top 5 Reksadana Saham, Untung 15% Setahun Saat Suku Bunga Turun 2 Kali di 2019

Bareksa26 Agustus 2019
Tags:
Top 5 Reksadana Saham, Untung 15% Setahun Saat Suku Bunga Turun 2 Kali di 2019
Ilustrasi investor pria tertawa bahagia senang happy gembira melihat layar komputer laptop yang menampilkan hasil investasi reksadana saham obligasi surat utang negara online sambil mengepalkan tangan menunjukkan kemenangan

Risiko reksadana saham relatif lebih tinggi dari reksadana pasar uang dan reksadana pendapatan tetap

Bareksa.com - Bank Indonesia melalui Rapat Dewan Gubernur pada 21-22 Agustus 2019 sudah memutuskan untuk kembali menurunkan suku bunga acuan. Meski kurang menyenangkan bagi yang biasa menabung di deposito, kabar ini justru positif buat para investor reksadana khususnya bagi reksadana berbasis saham dan obligasi.

BI 7-day Reverse Repo Rate (BI7DRR) turun 25 basis poin (bps) menjadi 5,5 persen, menurut keputusan BI kemarin. Bagi industri reksadana, keputusan BI ini akan memberikan dampak positif, terutama jenis reksadana pendapatan tetap.

Penurunan suku bunga diharapkan dapat membantu mendorong pertumbuhan laba emiten antara lain dari efek biaya bunga yang lebih rendah setelah pemangkasan suku bunga. Kemudian, dengan suku bunga turun, yield (imbal hasil) surat utang negara akan turun, berarti harganya akan naik.

Promo Terbaru di Bareksa

Tentu hal ini bisa menguntungkan investor yang memegang obligasi atau surat utang, termasuk reksadana.

Reksadana Saham Sebagai Instrumen Saat Suku Bunga Turun

Di tengah tren suku bunga turun ini, reksadana saham terbaik yang ada di marketplace investasi Bareksa bisa tumbuh tinggi. Bahkan, ada yang mencatat imbal hasil (return) 15,13 persen dalam setahun terakhir.

Lima reksadana saham dengan return tertinggi di Bareksa setahun terakhir (per 23 Agustus 2019) adalah Sucorinvest Maxi Fund, Avrist Equity – Cross Sectoral, HPAM Ultima Ekuitas 1, TRIM Syariah Saham, dan Sucorinvest Sharia Equity Fund. Rincian lengkap pertumbuhan produk-produk ini bisa dilihat dalam tabel berikut.

Top 5 Reksadana Saham Return Tertinggi Setahun (23 Agustus 2019)

Illustration

Sumber : Bareksa.com

Reksadana saham adalah jenis reksadana yang menginvestasikan sekurang-kurangnya 80 persen dari aktivanya dalam bentuk efek bersifat ekuitas.

Tujuannya untuk pertumbuhan harga saham atau unit dalam jangka panjang. Risikonya relatif lebih tinggi dari reksadana pasar uang dan reksadana pendapatan tetap, namun memiliki potensi tingkat pengembalian yang paling tinggi. Di Bareksa, terdapat 75 produk reksadana saham yang bisa dipilih.

Perlu diketahui, reksadana adalah wadah untuk menghimpun dana dari masyarakat pemodal (investor). Dana yang telah terkumpul tersebut nantinya akan diinvestasikan oleh manajer investasi ke dalam beberapa instrumen investasi seperti saham, obligasi, atau deposito.

Reksadana juga diartikan sebagai salah satu alternatif investasi bagi masyarakat pemodal, khususnya pemodal kecil dan pemodal yang tidak memiliki banyak waktu dan keahlian untuk menghitung risiko atas investasi mereka.

(KA02/AM)

***

Ingin berinvestasi di reksadana?

- Daftar jadi nasabah, klik tautan ini
- Beli reksadana, klik tautan ini
- Pilih reksadana, klik tautan ini
- Belajar reksadana, klik untuk gabung di Komunitas Bareksa Fund Academy. GRATIS

DISCLAIMER

Semua data return dan kinerja investasi yang tertera di dalam artikel ini tidak dapat digunakan sebagai jaminan dasar perhitungan untuk membeli atau menjual suatu efek. Data-data tersebut merupakan catatan kinerja berdasarkan data historis dan bukan merupakan jaminan atas kinerja suatu efek di masa mendatang. Investasi melalui reksadana mengandung risiko. Investor wajib membaca dan memahami prospektus sebelum memutuskan untuk berinvestasi melalui reksadana.

Pilihan Investasi di Bareksa

Klik produk untuk lihat lebih detail.

Produk EksklusifHarga/Unit1 Bulan6 BulanYTD1 Tahun3 Tahun5 Tahun

Trimegah Dana Tetap Syariah

1.311,31

Down- 0,02%
Up3,54%
Up0,02%
Up5,67%
Up18,13%
-

Capital Fixed Income Fund

1.766,74

Up0,56%
Up3,41%
Up0,02%
Up7,34%
Up17,26%
Up43,41%

Syailendra Pendapatan Tetap Premium

1.750,18

Down- 0,68%
Up3,54%
Up0,01%
Up4,21%
Up18,57%
Up46,98%

Trimegah Dana Obligasi Nusantara

1.034,18

Down- 0,40%
Up1,62%
Up0,01%
Up2,52%
Down- 2,29%
-

STAR Stable Amanah Sukuk

Produk baru

1.033,46

Up0,53%
-
Up0,03%
---

Video Pilihan

Lihat Semua

Artikel Lainnya

Lihat Semua