BeritaArrow iconReksa DanaArrow iconArtikel

Kamu Harus Tahu! Semua Reksadana Pasar Uang di Bareksa Berikan Return Positif

Bareksa22 Agustus 2019
Tags:
Kamu Harus Tahu! Semua Reksadana Pasar Uang di Bareksa Berikan Return Positif
Ilustrasi wanita memegang uang rupiah untuk menabung investasi reksadana saham surat utang negara

Reksadana jenis pasar uang cocok bagi kamu sebagai investor pemula

Bareksa.com – Kamu masih takut berinvestasi di reksadana karena memiliki risiko? Jika iya, maka kamu perlu mengetahui salah satu jenis reksadana yang punya risiko minim seperti menabung atau menyimpan uang dalam deposito.

Reksadana yang dimaksud adalah reksadana pasar uang. Reksadana pasar uang menempatkan investasinya juga di deposito dan efek bersifat utang dengan jatuh tempo kurang dari 1 tahun.

Jenis reksadana ini memiliki risiko yang minim dan cocok bagi kamu yang merupakan investor pemula. Keuntungannya pun bisa setara bahkan lebih dari deposito dan dapat dicairkan kapan saja serta tanpa potongan pajak.

Promo Terbaru di Bareksa

Kalau kamu masih ragu dengan reksadana pasar uang ini, maka kamu perlu tahu juga bahwa semua jenis reksadana pasar uang yang dijual Bareksa tidak ada satu pun yang mencatatkan return negatif. Saat ini, Bareksa menjual sekitar 37 reksadana pasar uang, dua di antaranya merupakan pendatang baru.

Dari 37 reksadana pasar uang di Bareksa itu, sebagian besar return secara year to date hingga 21 Agustus 2019 ini lebih dari 2 persen. Bahkan beberapa di antaranya ada yang memberi return lebih dari 4,6 persen.

Top 5 Reksadana Pasar Uang Dengan Return Tertinggi Ytd Hingga 21 Agustus 2019

Illustration

Sumber: Bareksa.com

Selain minim risiko dan memberikan keuntungan setara deposito, jangka waktu investasi di reksadana pasar uang pun tidak dibatasi, sama seperti kita menyimpan dana di tabungan. Tapi, keuntungannya kamu berpeluang memperoleh return lebih tinggi dari deposito. Sedangkan pada produk deposito, ada jangka waktu minimal investasi yang dipersyaratkan, di mana dalam periode tersebut kamu tidak bisa mencairkan dana -- terkecuali dikenai penalti.

Lantas, kenapa reksadana pasar uang bisa menghasilkan return lebih tinggi, meskipun mayoritas portofolio investasinya juga di deposito? Itu karena posisi tawar yang berbeda. Jika Anda katakanlah mendepositokan dana Rp10 juta, maka bank hanya akan memberikan suku bunga normal. Tapi, karena pengelola reksadana pasar uang biasanya menempatkan dana dalam jumlah belasan atau puluhan miliar rupiah, maka bank menawarkan tingkat bunga yang jauh lebih tinggi.

Kamu juga perlu tahu, berinvestasi di reksadana tidak butuh uang banyak. Beberapa reksadana bahkan bisa kamu beli cukup hanya dengan Rp10.000 saja. Tapi sebagian besar memberikan minimal pembelian reksadana hanya Rp100.000 saja.

Menarik bukan?

Demi kenyamanan berinvestasi, pastikan dulu tujuan keuangan dan profil risiko Anda.

Sebagai informasi, reksadana adalah kumpulan dana dari masyarakat pemodal (investor) yang dikelola oleh manajer investasi. Kumpulan dana ini dimasukkan ke dalam berbagai aset investasi seperti saham, obligasi, dan deposito. Reksadana adalah produk investasi resmi yang diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). (hm)

***

Ingin berinvestasi di reksadana?

- Daftar jadi nasabah, klik tautan ini
- Beli reksadana, klik tautan ini
- Pilih reksadana, klik tautan ini
- Belajar reksadana, klik untuk gabung di Komunitas Bareksa Fund Academy. GRATIS

DISCLAIMER

Semua data return dan kinerja investasi yang tertera di dalam artikel ini tidak dapat digunakan sebagai jaminan dasar perhitungan untuk membeli atau menjual suatu efek. Data-data tersebut merupakan catatan kinerja berdasarkan data historis dan bukan merupakan jaminan atas kinerja suatu efek di masa mendatang. Investasi melalui reksadana mengandung risiko. Investor wajib membaca dan memahami prospektus sebelum memutuskan untuk berinvestasi melalui reksadana.

Pilihan Investasi di Bareksa

Klik produk untuk lihat lebih detail.

Produk EksklusifHarga/Unit1 Bulan6 BulanYTD1 Tahun3 Tahun5 Tahun

Trimegah Dana Tetap Syariah

1.311,56

Down- 0,02%
Up3,54%
Up0,02%
Up5,42%
Up18,15%
-

Capital Fixed Income Fund

1.768,33

Up0,60%
Up3,40%
Up0,02%
Up6,87%
Up17,27%
Up43,79%

Syailendra Pendapatan Tetap Premium

1.747,67

Down- 0,86%
Up3,27%
Up0,01%
Up3,89%
Up18,25%
Up46,68%

Trimegah Dana Obligasi Nusantara

1.033,85

Down- 0,43%
Up1,59%
Up0,01%
Up2,67%
Down- 2,39%
-

STAR Stable Amanah Sukuk

Produk baru

1.034,13

Up0,54%
-
Up0,03%
---

Video Pilihan

Lihat Semua

Artikel Lainnya

Lihat Semua