BeritaArrow iconReksa DanaArrow iconArtikel

Gaji ke-13 PNS Cair, Ini Cara Siapkan Tabungan Pensiun Rp558 Juta

Bareksa04 Juli 2019
Tags:
Gaji ke-13 PNS Cair, Ini Cara Siapkan Tabungan Pensiun Rp558 Juta
Ilustrasi seorang wanita tua nenek menggunakan laptop untuk melihat investasi. Investasi digunakan untuk merencanakan dana pensiun dalam jangka panjang di masa depan.

Para abdi negara bisa memanfaatkan gaji ke-13 yang setiap tahunnya mereka terima untuk hal-hal yang bermanfaat

Bareksa.com - Kabar gembira datang dari Pegawai Negeri Sipil (PNS). Pemerintah telah mencairkan gaji ke-13 untuk PNS, TNI, Polri. Hingga Selasa (2/7),
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan pencairan gaji ke-13 pegawai negeri sipil sudah mencapai 99,9 persen. Sisanya, yakni 0,01persen, yang belum dicairkan, hal ini terjadi karena ada beberapa Satker (Satuan Kerja) instansi yang sedang cuti atau berhalangan.

"Pencairan sudah 99,9 persen dari total anggaran dalam Anggaran Penerimaan dan Belanja Negara (APBN) Rp20 triliun," katanya di Gedung DPR, Jakarta, Selasa, dikutip katadata (2/7).

Sebagai informasi, gaji ke-13 itu sesuai dengan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 35 tahun 2019 tentang Perubahan Ketiga atas Peraturan Pemerintah Nomor 19 tahun 2016.

Promo Terbaru di Bareksa

Peraturan Pemerintah tersebut memuat tentang Pemberian Gaji, Pensiun, atau Tunjangan Ketiga Belas kepada PNS, Prajurit Tentara Nasional Indonesia, Anggota Kepolisian Negara Republik Indonesia, Pejabat Negara dan Penerima Pensiun atau Tunjangan.

Penerima gaji ke-13 meliputi PNS, prajurit TNI, anggota Polri, pejabat negara, dan pensiunan dengan besaran yang sesuai dengan penghasilan yang diterima setiap bulannya. Jadi, berapa yang kira-kira diterima oleh para abdi negara pada gaji ke-13 nya tersebut?

Tentu saja angka tersebut bergantung pada jabatan serta masa kerja yang dilaluinya, namun sebagai informasi saja bahwa yang terendah untuk pegawai non pegawai negeri sipil pada LNS yang menduduki pelaksana, dengan pendidikan sekolah dasar/sekolah menengah pertama/sederajat dan masa kerja sampai dengan 10 tahun menerima sekitar Rp3,57 juta.

Sementara untuk yang tertinggi yakni pimpinan LNS yaitu ketua/kepala menerima sekitar Rp26,23 juta. Adapun jika kita mengambil tengahnya yakni pegawai non pegawai negeri sipil pada LNS yang menduduki pelaksana, dengan pendidikan sarjana/diploma empat/sederajat dan masa kerja sampai dengan 10 tahun menerima sekitar Rp5,49 juta.

Dengan angka itu, sudah semestinya para abdi negara bisa memanfaatkan gaji ke-13 yang setiap tahunnya akan mereka dapatkan untuk hal-hal yang bermanfaat dan tidak terlalu boros dalam menggunakannya.

Salah satu hal bermanfaat yang dapat mereka lakukan adalah dengan menyisihkan sedikit dari gaji ke-13 nya untuk mempersiapkan dana pensiun melalui berinvestasi di reksadana saham yang memang cocok untuk jangka panjang.

Simulasi Reksadana

Agar lebih meyakinkan, mari kita simulasikan uang Anda jika berinvestasi di reksadana saham. Misalkan Anda seorang PNS yang menerima gaji Rp5 juta tiap tahunnya, lalu andaikan seluruh uang tersebut diinvestasikan rutin dengan besaran yang sama setiap tahun akan jadi seperti apa dalam dua puluh lima tahun ke depan?

Illustration
Sumber: Bareksa

Sebagai gambaran, berdasarkan data reksadana saham yang dijual marketplace reksadana online Bareksa, dapat dilihat dalam 10 tahun terakhir reksadana saham memberikan imbal hasil (return) cukup menggiurkan yakni berkisar 190 persen hingga 235 persen, atau dengan rata-rata 104,13 persen dalam 10 tahun (10,41 persen per tahunnya).

Jika kita gunakan asumsi rata-rata pertumbuhan tersebut dengan menginvestasikan uang Rp5 juta per tahun atau sekitar Rp417 ribu per bulan secara rutin selama dua puluh lima tahun (tiga ratus bulan), maka hasilnya akan tampak sebagai berikut:

Illustration
Sumber: Bareksa

Berdasarkan kalkulator investasi Bareksa tersebut, uang rutin yang kamu sisihkan Rp417 ribu per bulan kalau diinvestasikan ke dalam reksadana saham dalam dua puluh lima tahun mendatang akan menjadi Rp558,28 juta atau lebih dari Rp0,5 miliar. Sangat menarik bukan?

Dengan uang sebesar itu, banyak hal yang bisa Anda lakukan. Terutama yang paling penting adalah Anda bisa menikmati masa tuadengan bahagia dan tidak merepotkan orang-orang terkasih.

Sebuah cara yang terlihat sederhana namun bila ditekuni secara disiplin akan sangat bermanfaat bagi keuangan kamu di masa yang akan datang. Jadi kapan mau mulai bereinvestasi reksadana saham?

Perlu diingat, reksadana saham memiliki risiko yang tinggi dengan potensi keuntungan yang tinggi juga dan cocok untuk investasi jangka panjang. Untuk kenyamanan berinvestasi, pastikan dulu tujuan keuangan dan profil risiko Anda.

Reksadana adalah wadah untuk menghimpun dana dari masyarakat pemodal (investor). Dana yang telah terkumpul tersebut nantinya akan diinvestasikan oleh manajer investasi ke dalam beberapa instrumen investasi seperti saham, obligasi, atau deposito.

Reksadana juga diartikan sebagai salah satu alternatif investasi bagi masyarakat pemodal, khususnya pemodal kecil dan pemodal yang tidak memiliki banyak waktu dan keahlian untuk menghitung risiko atas investasi mereka.

(KA01/AM)

***

Ingin berinvestasi di reksadana?

- Daftar jadi nasabah, klik tautan ini
- Beli reksadana, klik tautan ini
- Pilih reksadana, klik tautan ini
- Belajar reksadana, klik untuk gabung di Komunitas Bareksa Fund Academy. GRATIS

DISCLAIMER

Semua data return dan kinerja investasi yang tertera di dalam artikel ini tidak dapat digunakan sebagai jaminan dasar perhitungan untuk membeli atau menjual suatu efek. Data-data tersebut merupakan catatan kinerja berdasarkan data historis dan bukan merupakan jaminan atas kinerja suatu efek di masa mendatang. Investasi melalui reksadana mengandung risiko. Investor wajib membaca dan memahami prospektus sebelum memutuskan untuk berinvestasi melalui reksadana.

Pilihan Investasi di Bareksa

Klik produk untuk lihat lebih detail.

Produk EksklusifHarga/Unit1 Bulan6 BulanYTD1 Tahun3 Tahun5 Tahun

Trimegah Dana Tetap Syariah

1.311,21

Down- 0,04%
Up3,59%
Up0,02%
Up5,46%
Up18,25%
-

Capital Fixed Income Fund

1.767,05

Up0,56%
Up3,40%
Up0,02%
Up6,86%
Up17,17%
Up43,56%

Syailendra Pendapatan Tetap Premium

1.748,46

Down- 0,79%
Up3,43%
Up0,01%
Up3,97%
Up18,39%
Up46,82%

Trimegah Dana Obligasi Nusantara

1.033,61

Down- 0,45%
Up1,56%
Up0,01%
Up2,14%
Down- 2,42%
-

STAR Stable Amanah Sukuk

Produk baru

1.033,61

Up0,53%
-
Up0,03%
---

Video Pilihan

Lihat Semua

Artikel Lainnya

Lihat Semua