BeritaArrow iconReksa DanaArrow iconArtikel

Tips Investasi agar Untung Maksimal di Tahun Babi Tanah

Bareksa06 Februari 2019
Tags:
Tips Investasi agar Untung Maksimal di Tahun Babi Tanah
Ilustrasi wanita Asia China Tionghoa mengucapkan selamat tahun baru imlek

Awal Tahun Baru China adalah waktu yang tepat menyeimbangkan portofolio investasi.

Bareksa.com - Para pakar keuangan masih melihat ada ketidakpastian terhadap kondisi investasi pada 2019, yang menurut kepercayaan Tionghoa memiliki sifat babi tanah. Namun, investor ritel diharapkan bisa tetap tenang dan bisa mengambil peluang di tengah ketidakpastian tersebut.

Seiring dengan Tahun Baru China, yang ditandai dengan perayaan Imlek kemarin, 5 Februari 2019, terjadi juga pergantian shio dari anjing menjadi babi. Menurut kepercayaan Tionghoa, pergantian shio ini juga membawa peruntungan dan nasib yang berbeda dari tahun sebelumnya, termasuk bagi investor.

Mengutip Straits Times, terdapat sejumlah tanda-tanda positif mengawali tahun 2019, seperti kondisi pasar modal yang lebih optimis dengan indeks acuan Straits Times ditutup pada 3.188,68 poin pada hari Jumat, 1 Februari 2019, naik 3,9 persen sejak 31 Desember.

Promo Terbaru di Bareksa

Namun hal tersebut tidak cukup untuk membuat investor menghela nafas lega. Para ahli keuangan berpendapat Tahun Babi Tanah dapat dicirikan oleh volatilitas yang bahkan lebih besar daripada Tahun Anjing 2018.

Evy Wee, head of financial planning and personal investing at DBS Bank, mengungkapkan, kondisi pasar modal pada enam bulan pertama tahun lalu relatif stabil, dengan meningkatnya headwinds di semester kedua. Namun, hal yang sama belum terjadi pada tahun ini.

"Babi tanah dikenal tulus dan optimis. Juga dikenal memiliki temperamen cepat. Di Tahun babi tanah ini, kami harus siap menghadapi volatilitas yang lebih besar dan potensi perubahan besar di pasar," katanya.

Deepak Khanna, head of wealth development at HSBC Bank mengatakan 2018 adalah tahun yang sulit bagi investor dengan kinerja yang flat atau negatif di sebagian besar kelas aset. Oleh karenanya, HSBC berharap pada tahun ini kondisi pasar modal dan investasi bisa kembali normal.

“Kami berharap pertumbuhan ekonomi global kembali ke tren rata-rata jangka panjang sebesar 3,2 persen. Kebijakan moneter kemungkinan akan bergerak ke netral karena kebijakan Federal Reserve (Amerika Serikat) kembali ke posisi netral. Sementara itu, inflasi global mungkin merayap naik tetapi kami berharap akan tetap terkendali pada 2019,” ucap dia.

Lebih lanjut, Vasu Menon, vice-president and senior investment strategist, wealth management OCBC Bank mengatakan, mengelola risiko akan menjadi sangat penting tahun ini. Pasalnya, dalam budaya Tiongkok, babi dengan wajah gemuk dan telinga besar adalah simbol kekayaan dan keberuntungan, sehingga Tahun Babi yang akan datang bisa berubah menjadi keberuntungan dan keberuntungan.

"Sementara 2018 adalah tahun yang sangat menantang hal ini terlihat dari kinerja suram dari pasar saham dan obligasi, investor mungkin akan mendapat kejutan positif tahun ini jika Federal Reserve AS memutuskan untuk menghentikan pengetatan moneter, dan jika pembicaraan perdagangan antara AS dan China menghasilkan hasil yang positif," tambah dia.

Oleh karenanya, Menon berpandangan, tahun ini akan menjadi tahun yang bergejolak, tetapi tetap menawarkan beberapa peluang investasi yang baik.

“Penting untuk tidak membuat keputusan investasi yang terburu-buru atau impulsif tanpa uji tuntas yang tepat karena ini bisa menjadi resep untuk kehilangan uang, catat Menon.

Jadi, sementara pasar yang bergejolak dan mundurnya pasar dapat menawarkan peluang pembelian yang baik, penting bagi investor untuk tidak berhati-hati terhadap angin dan berspekulasi di pasar dengan harapan dapat membuat keuntungan yang cepat dan luar biasa.

Keseimbangan Portofolio

Khanna menambahkan, awal Tahun Baru China adalah waktu yang tepat menyeimbangkan portofolio investasi. Artinya, menjual aset yang lebih tinggi nilainya karena mereka diekspos secara berlebihan untuk memperoleh aset yang nilainya turun. Proses ini dinamakan penyeimbangan kembali (rebalancing).

"Penyeimbangan kembali adalah langkah kunci karena membantu mengurangi risiko keseluruhan portofolio dan perlu dilakukan setiap tahun,” tambahnya.

Menon melanjutkan, lingkungan pasar yang tidak menentu mendorong investor meninjau kembali portofolionya dan memastikannya mengikuti perubahan yang terjadi. Kegagalan untuk melakukannya dapat mengakibatkan kerugian atau bahkan peluang yang terlewatkan.

"Misalnya, pasar saham di Asia selain Jepang melihat aksi jual yang signifikan tahun lalu," katanya.

"Bagi investor yang memiliki eksposur rendah ke Asia dalam portofolio mereka, dan yang memiliki selera risiko yang tinggi dan cakrawala jangka menengah, ini mungkin waktu yang tepat untuk secara bertahap meningkatkan eksposur mereka ke pasar ekuitas di kawasan ini,” tambah dia.

Namun, perkembangan ekuitas Asia sangat fluktuatif dan banyak bergantung pada pembicaraan perdagangan Amerika Serikat-Cina, setidaknya dalam jangka pendek, meskipun valuasi di pasar regional menjadi menarik setelah koreksi tajam tahun lalu.

Demikian pula dengan obligasi yang berimbal hasil tinggi cenderung akan terkena aksi jual yang lebih besar dibandingkan dengan obligasi tingkat investasi tahun lalu. Hal ini dapat menawarkan kesempatan bagi investor dengan minat risiko untuk meningkatkan eksposur mereka terhadap instrumen ini.

“Namun, credit default adalah risiko yang harus diingat dengan obligasi imbal hasil tinggi. Jadi mereka yang ingin berinvestasi harus melakukannya hanya di perusahaan dengan rating kredit yang bagus," kata Menon.

Di negara lain, komoditas seperti emas mencatat performa yang tidak begitu bagus tahun lalu karena dolar Amerika yang kuat dan kenaikan suku bunga AS.

Namun, jika Fed memutuskan untuk menghentikan pengetatan moneter atau terus dovish, ini bisa menguntungkan emas, yang dipandang sebagai lindung nilai terhadap serangkaian ketidakpastian global yang dihadapi investor.

Selain itu, Khanna menyarankan investor untuk memperhatikan portofolio asuransi mereka sebagai bagian dari tinjauan tahunan, untuk membantu menyelaraskan tingkat perlindungan mereka dengan perubahan keadaan pribadi mereka sepanjang tahun.

Kiat untuk Investor Ritel

1. Tambah Investasi

Wee mengungkapkan, salah satu ciri dari babi tanah adalah ketahanannya dalam mencoba mencapai tujuannya selangkah demi selangkah. Sifat ini diperlukan untuk mendorong mengambil posisi keuangan secara holistik dengan mempersiapkan skema pensiun tambahan, banyak rekening bank, kepemilikan investasi, rencana asuransi, pajak, kewajiban/pinjaman, dan pola pengeluaran.

"Sebagian besar orang tidak mempraktekkan ini karena prosesnya sebagian besar manual, tetapi babi tanah memiliki kesabaran dan kemauan keras yang besar, yang diperlukan untuk melakukan upaya ini," katanya.

Misalnya, jika Anda berencana untuk membeli rumah baru, memperbesar rumah atau berniat menikah dan memulai keluarga, maka Anda perlu mengatur kembali pengeluaran sehingga bisa lebih banyak menyisihkan tabungan.

2. Rencanakan Keuangan

Jika Anda belum membuat rencana keuangan, sekarang adalah waktu yang tepat untuk melakukannya.

Lim Kok Boon, head of premier wealth at Maybank Singapore mengatakan, babi tanah adalah zodiak terakhir dari 12 zodiak. Ini menandakan, orang harus bercita-cita untuk memulai perjalanan keuangan mereka di awal karir mereka.

"Kemampuan untuk mentolerir volatilitas, melihat tujuan jangka panjang dan menggunakan asuransi, adalah beberapa alasan bagus mengapa semua orang harus memulai lebih awal," ucap dia.

Dia menambahkan, bagi seseorang yang sedari awal sudah merencanakan keuangan, maka semakin cepat dia bersantai, seperti karakteristik babi tanah.

“Sisihkan jumlah secara teratur dan bertujuan untuk menciptakan kumpulan investasi yang beragam untuk pendapatan pasif di masa depan. Babi tanah mungkin yang terakhir tetapi itu pintar,”papar dia.

3. Lebih Berhati-Hati dalam Pengeluaran

Pakar keuangan mengatakan penting untuk memperhatikan cara kita menghabiskan dan berinvestasi.

"Mengingat kegemaran si babi adalah keserakahan, berhati-hatilah untuk tidak menghabiskan melebihi kemampuanmu. Ini bukan tahun untuk pengeluaran sembrono, mengingat bahwa ekonomi global berada pada tahap akhir dari siklus ekspansi dan rentan terhadap perlambatan. Individu harus berhati-hati dengan pengeluaran mereka dan harus mencoba menabung lebih banyak, " kata Menon.

Ingatlah bahwa ekspansi ekonomi global telah berlangsung selama hampir satu dekade, yang sangat lama menurut standar historis. Ini telah menyebabkan kekhawatiran perlambatan atau bahkan resesi.

Jika perusahaan menghadapi tekanan dari kenaikan upah dan suku bunga, ekonomi dan bisnis mereka melambat, ini bisa berarti pengurangan kenaikan upah, pembekuan upah atau pemotongan upah, dan bahkan mungkin kehilangan pekerjaan dalam beberapa kasus.

"Untuk individu, itu berarti bahwa mereka harus lebih hemat dengan pengeluaran mereka dan perlu menabung lebih banyak dengan menyiapkan dana darurat untuk membantu mereka memenuhi setidaknya enam hingga 12 bulan dari pengeluaran mereka jika mereka kehilangan pekerjaan," tambah Menon.

Jangan menggunakan pembayaran bonus sebagai penghasilan tetap atau uang tunai tetap. Sebaiknya, gunakan bonus Anda untuk melunasi utang tanpa jaminan Anda seperti saldo kartu kredit, yang menarik suku bunga tinggi.

4. Berinvestasi dalam Keadaan Bergejolak

Mereka yang ingin menggunakan tabungan mereka untuk investasi juga harus berhati-hati ketika berinvestasi di pasar. Lingkungan selama 11 bulan ke depan tampaknya akan bergejolak dan bahkan lebih dari tahun lalu.

“Siklus ekonomi sedang dalam tahap akhir, yang membuat investor menjadi khawatir terhadap prospek ekonomi dan berpotensi membuat tidak adanya keuntungan dari investasi, terlihat dalam beberapa tahun terakhir. Jadi jangan biarkan keserakahan mengaburkan penilaian Anda dan bersikap realistis dan moderat tentang ekspektasi imbal hasil investasi,”ucap dia.

5. Pendekatan Biaya Rata-Rata (Cost Averaging)

Pakar keuangan menyarankan bahwa salah satu strategi untuk dipertimbangkan di tahun baru adalah memulai rencana investasi reguler dengan membeli secara bertahap selama 12 hingga 18 bulan ke depan atau lebih lama dengan menempatkan investasi Anda di luar kebiasaan.

Strategi dollar cost averaging ini secara efektif memungkinkan Anda menyesuaikan investasi Anda dan memastikan bahwa Anda masih memiliki dana untuk berpartisipasi di pasar jika ada koreksi pasar yang tajam dan berselang.

“Ingatlah bahwa volatilitas dapat menciptakan peluang, jadi selalu simpan dry powder," kata dia.

6. Diversifikasi

Selain diversifikasi waktu, penting juga untuk memiliki portofolio beragam saham dan obligasi alih-alih hanya berfokus pada beberapa sekuritas saja. Mengingat ketidakpastian dan volatilitas ke depan, 2019 bukanlah tahun untuk terkonsentrasi dengan berspekulasi di pasar.

Menon percaya bahwa strategi multiasset yang berfokus pada diversifikasi di sekuritas dan kelas aset adalah sesuatu yang perlu dipertimbangkan.

7. Berinvestasi di Perusahaan yang Berfundamental Kuat

Pastikan untuk memasukkan uang Anda ke perusahaan-perusahaan dengan fundamental yang baik yang bisa menahan diri dari perlambatan ekonomi.

8. Investasi Jangka Panjang

Berbagai studi mengungkapkan, berbagai risiko bisa dikurangi dampaknya ketika berinvestasi dalam jangka panjang.

“Dalam semangat Tahun Baru China, pertimbangkan untuk mengatur cakrawala waktu investasi Anda untuk satu siklus zodiak. yang mencakup periode 12 tahun, " tambah Khanna.

9. Upgrade Pengetahuan

Wee menjelaskan, pemberdayaan diri sendiri dengan pengetahuan keuangan dan investasi yang diperlukan dapat membuat keputusan yang tepat untuk diri kita sendiri dan memberi kita ketenangan pikiran.

Merupakan hal yang bijaksana untuk memahami produk sebelum berinvestasi, serta risiko yang mendasarinya kesesuaian dan apakah kita mampu menanggung kerugian tertentu di pasar yang bergejolak.

10. Jadilah Adaptif Seperti Babi Tanah

Khanna menyarankan investor ritel untuk meninjau dan menyesuaikan rencana investasi mereka.

“Babi tanah sangat adaptif dengan lingkungan dan keadaannya. Pelajaran yang bisa diambil, di tengah volatilitas pasar serta perubahan konstan dan produk-produk investasi baru, seharusnya investor bisa tetap terbuka terhadap ide-ide baru dan mengubah portofolio investasi mereka sesuai kebutuhan," katanya.

11. Tetap Tenang

Ketika ada berita buruk di pasar atau pasar berubah fluktuatif, investor cenderung bereaksi berlebihan dan terburu-buru untuk menjual dan mencairkan investasi mereka

"Akan sangat baik untuk menyerap ketenangan babi tanah, dan bukannya bereaksi berlebihan terhadap pasar, teruslah berinvestasi. Hanya dengan melewatkan beberapa hari terbaik di pasar dapat secara dramatis mengubah pengembalian portofolio investasi Anda. Seseorang juga tidak boleh mencoba menjadi oportunistik pada saat berinvestasi," ujar Khanna. (hm)

Pilihan Investasi di Bareksa

Klik produk untuk lihat lebih detail.

Produk EksklusifHarga/Unit1 Bulan6 BulanYTD1 Tahun3 Tahun5 Tahun

Trimegah Dana Tetap Syariah

1.311,31

Down- 0,02%
Up3,54%
Up0,02%
Up5,67%
Up18,13%
-

Capital Fixed Income Fund

1.766,74

Up0,56%
Up3,41%
Up0,02%
Up7,34%
Up17,26%
Up43,41%

STAR Stable Income Fund

1.917,73

Up0,52%
Up2,95%
Up0,02%
Up6,35%
Up30,73%
Up60,39%

Syailendra Pendapatan Tetap Premium

1.750,18

Down- 0,68%
Up3,54%
Up0,01%
Up4,21%
Up18,57%
Up46,98%

Trimegah Dana Obligasi Nusantara

1.034,18

Down- 0,40%
Up1,62%
Up0,01%
Up2,52%
Down- 2,29%
-

Video Pilihan

Lihat Semua

Artikel Lainnya

Lihat Semua