Mau Rayakan Natal dan Tahun Baru ke Eropa? Nabung Rp15.000 per Hari di Reksadana

Salah satu situs wisata menawarkan paket liburan ke Eropa selama 13 hari senilai Rp34,5 juta
Bareksa • 15 Dec 2018
cover

ilustrasi liburan ke menara eiffel, di Paris, Perancis

Bareksa.com – Bulan Desember, selalu ditunggu-tunggu oleh semua orang. Karena jelang akhir tahun identik dengan masa liburan Natal dan tahun baru.

Musim liburan ini biasanya dimanfaatkan oleh banyak orang dengan liburan dengan suasana berbeda. Salah satu destinasi liburan impian adalah berkunjung ke beberapa negara di Eropa.

Pengalaman menyambangi Bridge of Sighs, jembatan tertutup yang terbuat dari batu kapur putih, memiliki jendela dengan palang batu, melewati Rio di Palazzo, mengunjungi Zaanse Schans, yang merupakan perkampungan asli Belanda, menyaksikan Rhine Falls, hingga berkunjung ke menara yang menjadi simbol cinta abadi, Eiffel Tower.

Menurut situs wisata smailingtour.co.id, semua kunjungan ke destinasi wisata beberpa negara di Eropa tersebut dalam 13 hari dalam satu paket senilai Rp34,5 juta.

Paket itu memang menarik, namun nilai dana yang harus kita siapkan bukanlah jumlah sedikit. Bagaimana cara mendapatkan uang untuk membeli paket wisata tersebut? Kita bisa membeli paket tersebut dengan cara menabung.

Menabung di bank saja tidak cukup. Karena itu, kita harus menyimpan uang di produk investasi yang bisa memberikan potensi keuntungan maksimal, seperti reksadana.

Simulasi Reksadana

Misalkan kita menyiapkan dana untuk membayar paket liburan ke Eropa dengan cara berinvestasi di reksadana saham Simas Saham Unggulan yang dikelola oleh PT Sinarmas Asset Management.

Selanjutnya, setiap bulan kita rutin menyisihkan Rp450.000 atau setara Rp15.000 saja per hari untuk ditabung ke dalam reksadana yang tersedia di marketplace Bareksa tersebut.

Untuk lebih jelasnya, lihat grafik berikut ini :

Grafik Simulasi Investasi Reksadana

Sumber: Bareksa.com

Setelah kita rutin menabung selama 5 tahun, tidak terasa, uang pokok tabungan yang kita kumpulkan mencapai Rp27 juta.

Dengan kita menabungnya di produk reksadana saham Simas Saham Unggulan, uang tersebut tumbuh dan memberikan keuntungan (return) Rp9,6 juta atau setara 35,49 persen. Sehingga, total uang tabungan dan imbal hasil investasi kita mencapai Rp36,5 juta.

Simulasi tersebut mengandaikan kita sudah berinvestasi sejak 5 tahun lalu. Dengan nilai tabungan dan imbal hasil mencapai Rp36,5 juta tersebut, kita sudah mampu membeli paket wisata ke Eropa yang seharga Rp34,5 juta.

Perlu diketahui reksadana adalah produk investasi resmi yang diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Reksadana menghimpun dana dari masyarakat pemodal (investor) untuk dikelola oleh manajer investasi ke dalam beberapa instrumen investasi seperti saham, obligasi, atau deposito.

Sebelum berinvestasi, ketahuilah dulu tujuan keuangan dan profil risiko Anda untuk mendapatkan kenyamanan dalam memilih produk dan hasil yang maksimal.

(AM)

***

Ingin berinvestasi di reksadana?

- Daftar jadi nasabah, klik tautan ini
- Beli reksadana, klik tautan ini
- Pilih reksadana, klik tautan ini
- Belajar reksadana, klik Bareksa Fund Academy. GRATIS

DISCLAIMER

Semua data return dan kinerja investasi yang tertera di dalam artikel ini tidak dapat digunakan sebagai jaminan dasar perhitungan untuk membeli atau menjual suatu efek. Data-data tersebut merupakan catatan kinerja berdasarkan data historis dan bukan merupakan jaminan atas kinerja suatu efek di masa mendatang. Investasi melalui reksadana mengandung risiko. Investor wajib membaca dan memahami prospektus sebelum memutuskan untuk berinvestasi melalui reksadana.