BeritaArrow iconReksa DanaArrow iconArtikel

Mau Nabung Lebih Untung Daripada di Bank? Cek Reksadana Pasar Uang Ini

Bareksa27 September 2018
Tags:
Mau Nabung Lebih Untung Daripada di Bank? Cek Reksadana Pasar Uang Ini
Ilustrasi investor pria dan wanita berhijab syariah berdiskusi sambil melihat laptop membahas investasi saham reksadana obligasi surat utang

Reksadana Cipta Dana Cash berhasil membukukan return 4,14 persen

Bareksa.com – Pelemahan di pasar keuangan, seperti saham dan obligasi, tentu memberi pengaruh jangka pendek terhadap investasi reksadana khususnya yang berjenis saham dan campuran. Akan tetapi, jenis reksa dana pasar uang masih bisa menunjukkan kinerja yang stabil dan tidak terpengaruh signifikan oleh keadaan pasar keuangan ini.

Sejak awal tahun hingga 26 September 2018, kinerja indeks reksadana pasar uang tetap tercatat menghasilkan imbal hasil (return) positif 2,89 persen.

Pada saat yang sama, kinerja indeks reksadana pendapatan tetap minus 4,89 persen. Kemudian indeks reksadana berbasis saham seperti reksadana saham dan campuran tercatat menghasilkan return minus 6,73 persen dan minus 4,9 persen.

Promo Terbaru di Bareksa

Masih positifnya kinerja indeks reksadana pasar uang karena reksadana jenis ini memiliki aset yang ditempatkan pada deposito dan obligasi jangka pendek (kurang dari setahun). Sehingga tidak terseret kondisi di pasar saham.

Berbeda dengan kinerja reksa dana saham dan campuran yang cenderung fluktuatif dalam jangka pendek.

Perbandingan Return Indeks Reksa Dana, Periode Year to Date (YTD)

Illustration

Sumber: Bareksa.com

Dalam jangka waktu relatif pendek. reksadana pasar uang memang lebih cenderung stabil dibanding dengan jenis reksadana lainnya.

Karena itu, jenis reksadana ini sangat cocok untuk memenuhi tujuan keuangan investor dalam jangka pendek (kurang dari satu tahun), baik itu untuk keperluan tertentu ataupun hanya sekedar menabung.

Selain itu, apabila dibandingkan dengan deposito atau tabungan, imbal hasil reksa dana ini bisa jauh lebih besar. Misalnya saja seperti pada produk reksadana pasar uang yang tersedia di marketplace reksadana Bareksa berikut ini.

Return Reksadana Cipta Dana Cash

Illustration

Sumber: Bareksa.com

Seperti terlihat pada grafik, reksadana pasar uang Cipta Dana Cash berhasil mencetak return 4,14 persen secara year to date 2018.

Sementara saat ini, untuk dana kurang dari Rp100 juta, bunga deposito yang berlaku di bank-bank besar hanya 5-6 persen per tahun dan bunga tabungan hanya 0,7-1 persen per tahun. Bunga yang didapat dari deposito itu belum termasuk dipotong pajak 20 persen ataupun biaya administrasi bulanan lainya.

Lain halnya jika menyimpan atau menabung uang di reksadana pasar uang. Dengan potensi keuntungan yang lebih besar, sekitar 6-8 persen per tahun, hasil keuntungan reksadana tidak dikenakan pajak atau biaya administrasi lainnya, sehingga hasilnya pun dapat dinikmati secara maksimal.

Selain itu, modal minimal menabung di reksadana pasar uang juga sangat terjangkau yakni Rp100.000 saja.

Kalau bisa dapat kesempatan untung lebih banyak, tunggu apa lagi? Yuk, mulai menabung di reksa dana pasar uang untuk penuhi kebutuhan jangka pendek Anda.

Reksadana adalah wadah untuk menghimpun dana dari masyarakat pemodal (investor). Dana yang telah terkumpul tersebut nantinya akan diinvestasikan oleh manajer investasi ke dalam beberapa instrumen investasi seperti saham, obligasi, atau deposito.

Reksadana juga diartikan sebagai salah satu alternatif investasi bagi masyarakat pemodal, khususnya pemodal kecil dan pemodal yang tidak memiliki banyak waktu dan keahlian untuk menghitung risiko atas investasi mereka.

Simak ulasan tips untuk memaksimalkan keuntungan berinvestasi di reksadana : Tips Menabung di Reksadana Agar Tujuan Investasi Dapat Tercapai

(AM)

***

Ingin berinvestasi di reksadana?

- Daftar jadi nasabah, klik tautan ini
- Beli reksadana, klik tautan ini
- Pilih reksadana, klik tautan ini
- Belajar reksadana, klik Bareksa Fund Academy. GRATIS

DISCLAIMER

Semua data return dan kinerja investasi yang tertera di dalam artikel ini tidak dapat digunakan sebagai jaminan dasar perhitungan untuk membeli atau menjual suatu efek. Data-data tersebut merupakan catatan kinerja berdasarkan data historis dan bukan merupakan jaminan atas kinerja suatu efek di masa mendatang. Investasi melalui reksadana mengandung risiko. Investor wajib membaca dan memahami prospektus sebelum memutuskan untuk berinvestasi melalui reksadana.

Pilihan Investasi di Bareksa

Klik produk untuk lihat lebih detail.

Produk EksklusifHarga/Unit1 Bulan6 BulanYTD1 Tahun3 Tahun5 Tahun

Trimegah Dana Tetap Syariah

1.312,44

Down- 0,08%
Up3,34%
Up0,02%
Up5,46%
Up18,23%
-

Capital Fixed Income Fund

1.768,97

Up0,54%
Up3,38%
Up0,02%
Up6,87%
Up17,31%
Up43,84%

Syailendra Pendapatan Tetap Premium

1.747,79

Down- 0,93%
Up3,15%
Up0,01%
Up3,84%
Up18,26%
Up46,65%

Trimegah Dana Obligasi Nusantara

1.034,9

Down- 0,36%
Up1,69%
Up0,01%
Up2,70%
Down- 2,29%
-

STAR Stable Amanah Sukuk

Produk baru

1.034,47

Up0,49%
-
Up0,03%
---

Video Pilihan

Lihat Semua

Artikel Lainnya

Lihat Semua