BeritaArrow iconReksa DanaArrow iconArtikel

Baru Punya Gaji? Tentukan Arah Keuanganmu dengan Reksa Dana DOKU

Bareksa03 Oktober 2017
Tags:
Baru Punya Gaji? Tentukan Arah Keuanganmu dengan Reksa Dana DOKU
Ilustrasi, uang, waktu, dan bekerja, Copyright: <a href='http://www.123rf.com/profile_marcinmaslowski'>marcinmaslowski / 123RF Stock Photo</a>

Salah satu cara agar kamu aman secara finansial hingga hari tua adalah dengan belajar berinvestasi sejak muda

Bareksa.com – Di usia 20-an, anak-anak muda sudah bisa menentukan pilihan-pilihan hidup secara rasional seiring kedewasaan yang sudah mulai terbentuk dengan baik. Kamu yang sudah memasuki masa ini perlu mengambil keputusan penting guna menentukan arah hidupmu di masa depan, termasuk keputusan terkait finansial dan pekerjaan.

Di usia 20-an, beberapa dari kamu pasti sudah ada yang memiliki kesempatan untuk menghasilkan uang sendiri. Uang yang berupa gaji ini bisa berasal baik dari pekerjaan paruh waktu ataupun langsung menjejakkan kaki di dunia kerja purna waktu setelah lulus.

Bisa jadi pekerjaan pertamamu tidak langsung menawarkan penghasilan yang fantastis atau bonus yang berlimpah. Namun, dari situlah kamu bisa belajar berjuang dari nol untuk menuju kesuksesan di masa mendatang.

Promo Terbaru di Bareksa

Meskipun sudah bisa menghasilkan uang sendiri, kamu disarankan untuk tetap hidup hemat ala mahasiswa untuk beberapa tahun pertama. Kebanyakan anak muda usia 20-an melakukan kesalahan terbesar ketika dalam kondisi tersebut, yakni membelanjakan uang melebihi kemampuannya.

Semua hal ingin dibeli, berbagai kegiatan pun ingin dilakukan karena sudah merasa mampu menghasilkan uang sendiri. Yang harus diingat, banyak orang justru akan lebih berhasil secara finansial jika tetap hidup hemat seperti mahasiswa dalam beberapa tahun pertama, hingga mereka sudah bisa mengatur pengeluaran dengan lebih bijak.

Kamu juga bisa coba untuk membagi penghasilan yang didapatkan ke dalam 5 bagian khusus : 1) Biaya hidup, 2) Biaya sosial dan menjamu teman, 3) Dana untuk mengembangkan kualitas diri, 4) Dana wisata, 5) Dana untuk berinvestasi.

Dengan membagi penghasilan ke dalam 5 bagian tersebut, kamu akan memiliki kendali lebih dalam mengeluarkan uang. Anggaran-anggaran yang mendadak membengkak bisa kamu hindari. Sebab, kamu sudah memiliki guideline yang jelas, kemana saja uangmu bisa dihabiskan.

Dengan memiliki kemampuan dalam mengatur keuangan, memiliki instrumen investasi yang stabil serta memiliki simpanan untuk dana darurat, maka hal tersebut akan lebih membuatmu terhindar dari bencana finansial.

Adapun salah satu cara agar kamu aman secara finansial hingga hari tua nanti adalah dengan belajar berinvestasi sedari muda. Berbagai instrumen investasi bisa kamu coba, seperti salah satunya produk investasi reksa dana.

Dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat, kamu dapat dengan mudah berinvestasi pada produk investasi ini. Salah satunya, kamu dapat berinvestasi produk reksa dana melalui menu investasi yang tersedia pada aplikasi DOKU di ponsel berbasis Android.

Terdapat tiga produk reksa dana pada aplikasi DOKU, yang terdiri dari dua reksa dana pasar uang dan satu reksa dana pendapatan tetap.

Adapun dua reksa dana pasar uang yang tersedia di aplikasi DOKU yaitu reksa dana Cipta Dana Cash dan reksa dana Bahana Likuid Syariah. Sepanjang tahun ini hingga 02 Oktober 2017, dua reksa dana pasar uang ini telah memberikan keuntungan masing-masing sebesar 4,91 persen dan 4,36 persen.

Return yang dihasilkan kedua reksa dana ini pun berada di atas return indeks reksa dana pasar uang dan indeks reksa dana pasar uang syariah yang masing-masing sebesar 3,27 persen dan 3,38 persen per 02 Oktober 2017.

Illustration

Sumber : Bareksa.com

Selain reksa dana pasar uang, terdapat satu reksa dana pendapatan tetap kelolaan PT Bahana TCW Investment Management pada aplikasi DOKU, yakni reksa dana Bahana Mes Syariah Fund.

Sepanjang 2017 hingga 02 Oktober 2017, reksa dana ini telah memberikan keuntungan 11,18 persen. Return yang dihasilkan reksa dana ini pun melampaui return indeks acuannya yang sebesar 8,16 persen per 02 Oktober 2017.

Illustration

Sumber : Bareksa.com

Oleh karena itu, produk-produk reksa dana pada aplikasi DOKU tersebut dapat menjadi alternatif pilihan investasi yang menguntungkan dibandingkan uang hanya menganggur saja di bank.

Jika kamu termasuk tipe investor dengan toleransi risiko kecil, kamu bisa memilih reksa dana jenis pasar uang sebagai pilihan investasi, sebab reksa dana pasar uang memiliki risiko investasi relatif kecil namun bisa memberikan imbal hasil investasi yang cenderung stabil.

Sementara jika kamu termasuk tipe investor dengan toleransi risiko moderat, kamu bisa memilih reksa dana jenis pendapatan tetap sebagai pilihan investasi, sebab reksa dana ini dapat memberikan imbal hasil yang lebih besar dibandingkan reksa dana pasar uang, tetapi dengan risiko yang lebih besar pula.

Ayo manfaatkan uang simpanan yang kamu miliki untuk menghasilkan uang yang lebih banyak melalui berinvestasi !

***

Belum punya akun DOKU?

- Cara buka akun DOKU, klik tautan ini
- Daftar reksa dana Bareksa di DOKU, klik tautan ini
- Beli reksa dana di DOKU, klik tautan ini
- Belajar reksa dana, klik Bareksa Fund Academy. GRATIS

DISCLAIMER

Semua data return dan kinerja investasi yang tertera di dalam artikel ini tidak dapat digunakan sebagai jaminan dasar perhitungan untuk membeli atau menjual suatu efek. Data-data tersebut merupakan catatan kinerja berdasarkan data historis dan bukan merupakan jaminan atas kinerja suatu efek di masa mendatang. Investasi melalui reksa dana mengandung risiko. Investor wajib membaca dan memahami prospektus sebelum memutuskan untuk berinvestasi melalui reksa dana.

Pilihan Investasi di Bareksa

Klik produk untuk lihat lebih detail.

Produk EksklusifHarga/Unit1 Bulan6 BulanYTD1 Tahun3 Tahun5 Tahun

Trimegah Dana Tetap Syariah

1.313,18

Up0,15%
Up3,81%
Up0,02%
Up5,82%
Up18,30%
-

Capital Fixed Income Fund

1.766,42

Up0,60%
Up3,41%
Up0,02%
Up7,32%
Up17,24%
Up43,22%

STAR Stable Income Fund

1.917,41

Up0,56%
Up2,94%
Up0,02%
Up6,33%
Up30,71%
Up60,33%

Syailendra Pendapatan Tetap Premium

1.753

Down- 0,46%
Up3,74%
Up0,01%
Up4,38%
Up18,76%
Up47,23%

Trimegah Dana Obligasi Nusantara

1.035,73

Down- 0,22%
Up1,77%
Up0,01%
Up2,68%
Down- 2,15%
-

Video Pilihan

Lihat Semua

Artikel Lainnya

Lihat Semua