BeritaArrow iconReksa DanaArrow iconArtikel

Ingin Nonton Sepakbola di SEA Games Namun Tak Ada Biaya? Cobalah Cara Ini

Bareksa23 Agustus 2017
Tags:
Ingin Nonton Sepakbola di SEA Games Namun Tak Ada Biaya? Cobalah Cara Ini
Pesepak bola Timnas U-22 berfoto dengan suporter setelah mengalahkan Filipina pada babak penyisihan Grup B SEA Games XXIX di Stadion Shah Alam, Selangor, Malaysia, Kamis (17/8). ANTARA FOTO/Wahyu Putro A

Perkiraan biaya yang dibutuhkan untuk menonton pertandingan sepak bola Indonesia di Malaysia sekitar Rp 8,5 juta

Bareksa.com - Pada 19 Agustus 2017 lalu, pesta olah raga Asia Tenggara atau SEA Games telah secara resmi dibuka. Acara tersebut merupakan ajang olahraga bergengsi yang diikuti oleh 11 negara di kawasan Asia Tenggara yang secara rutin dilaksanakan setiap dua tahun sekali.

Perhelatan ke-29 kali ini diselenggarakan di Kuala Lumpur, Malaysia. Pada tahun ini ada sebanyak 38 cabang olahraga yang akan dipertandingkan, yang telah dimulai sejak 20 Agustus hingga berakhir pada 31 Agustus nanti.

Bagi para pencinta olahraga khususnya sepakbola, tentu hal ini menjadi hiburan tersendiri mengingat sudah cukup lama timnas Indonesia tidak bertanding di ajang internasional akibat hukuman yang diberikan oleh FIFA.

Promo Terbaru di Bareksa

Tak ayal, ada beberapa orang yang rela untuk menyaksikan secara langsung pertandingan tersebut dengan datang ke Malaysia, yang tentunya memakan biaya yang tidak sedikit.

Perkiraan Biaya yang Dibutuhkan

Lantas berapa kira-kira biaya yang dibutuhkan untuk akomodasi selama di sana jika kita berencana menetap di sana selama paling tidak selama dua pekan? Berikut simulasinya;

Berdasarkan situs aplikasi Traveloka, yang diakses per 23 Agustus 2017, harga tiket pesawat terbang tujuan Kuala Lumpur yang paling murah (tiket Lion Air) dibanderol di harga sekitar Rp 475 ribu. Artinya untuk tiket pulang pergi Jakarta – Kuala Lumpur minimal dibutuhkan uang sekitar Rp 1 juta per orang.

Adapun untuk biaya penginapan, berdasarkan situs Traveloka, tarif menginap di hotel berbintang tiga di sekitaran kawasan Kuala Lumpur dibanderol rata-rata Rp 300 ribu per malam (Amigo Hotel). Artinya untuk kebutuhan menginap dua pekan, maka dibutuhkan biaya sekitar Rp 4,2 juta per orang.

Letak hotel ini berjarak sekitar 19 kilometer dari Stadium MPS, Selayang, Selangor. Transportasi dari hotel menuju stadium ada banyak pilihan, bisa menggunakan transportasi publik atau menggunakan jasa Uber atau Grab.

Tarif untuk Uber sekitar RM 17 – 24 atau sekitar Rp 50-75 ribu atau untuk PP sekitar Rp 100-150 ribu. Diestimasikan total kebutuhan biaya transportasi untuk perjalanan ke stadium untuk 7 kali pertandingkan sekitar Rp 700 ribu hingga Rp 1 jutaan.

Untuk biaya makan di salah satu pusat food court di Kuala Lumpur diasumsikan sekitar RM 8 atau Rp 30 ribu sekali makan atau sekitar Rp 150 ribu sehari. Artinya selama dua minggu kita dapat menghabiskan uang sekitar Rp 2,1 juta.

Kemudian untuk tiket menonton pertandingan, pada babak penyisihan grup Indonesia akan memainkan 5 pertandingan di mana pada fase tersebut tiket dipatok pada harga 10 ringgit atau Rp 31 ribu, artinya pada babak fase grup kita perlu mengeluarkan uang sebesar Rp 155 ribu.

Lalu jika Indonesia berhasil lolos ke babak kedua tiketnya dipatok di harga15 ringgit atau Rp 46 ribu, dan jika berhasil melaju lagi ke babak puncak tiketnya dipatok di harga 20 ringgit atau Rp 62 ribu. Jika diakumulasikan, maka biaya tiket untuk menonton pertandingan jika Indonesia lolos hingga babak puncak dapat mencapai Rp 263 ribu.

Jika keseluruhan komponen tadi diakumulasikan maka dana yang dibutuhkan untuk menyaksikan pertandingan SEA Games secara langsung di Malaysia kurang lebih sekitar
Rp 8,5 juta.

Simulasi Menabung Reksa Dana

Untuk menyiapkan kebutuhan dana untuk menonton pertandingan sepak bola di SEA Games yang sekitar Rp 8,5 juta tentu bukanlah uang yang sedikit. Namun jika kita menabungnya selama 2 tahun dengan nilai tabungan Rp 325 ribu per bulan, maka uang yang terkumpul sebesar Rp 8,1 juta. Nilai itu tidak akan banyak berubah jika ditabungkan di produk tabungan biasa di bank yang rata-rata hanya memberikan bunga maksimal sekitar 2 persen per tahun.

Namun jika ditabungkan di produk reksa dana maka hasilnya akan lebih maksimal, seperti yang tercantum dalam simulasi berikut;

Illustration

Sumber : Bareksa.com

Misalkan saja sejak dua tahun yang lalu setelah selesai perhelatan SEA Games 2015 kita mulai berinvestasi di reksa dana pendapatan tetap Syailendra Fixed Income Fund yang dikelola oleh PT Syailendra Capital dengan nominal Rp 325 ribu dan secara rutin menambah dengan jumlah yang sama melalui fitur autodebet , maka hasilnya akan tampak seperti pada tabel berikut;

Illustration

Sumber : Bareksa.com

Berdasarkan simulasi tersebut dapat dilihat bahwa hanya dengan menyisihkan uang sebesar Rp 325 ribu per bulan dalam waktu 2 tahun, uang kita telah terkumpul sebesar Rp 8,125 juta. Kemudian ditambah dengan keuntungan atas hasil investasi kita sekitar Rp 925 ribu, maka uang yang kita telah berkembang menjadi Rp 9 juta atau tumbuh sekitar 11 persen dalam waktu 2 tahun. Dari angka itu maka imbal hasil per tahun rata-rata 5,5 persen atau jauh di atas bunga tabungan di bank.

Dengan begitu kita telah berhasil menyiapkan biaya untuk menyaksikan pertandingan SEA Games secara langsung di Malaysia. Ingin mencobanya?

**

- Daftar jadi nasabah, klik tautan ini
- Beli reksa dana, klik tautan ini
- Pilih reksa dana, klik tautan ini
- Belajar reksa dana, klik Bareksa Fund Academy. GRATIS

DISCLAIMER

Semua data return dan kinerja investasi yang tertera di dalam artikel ini tidak dapat digunakan sebagai jaminan dasar perhitungan untuk membeli atau menjual suatu efek. Data-data tersebut merupakan catatan kinerja berdasarkan data historis dan bukan merupakan jaminan atas kinerja suatu efek di masa mendatang. Investasi melalui reksa dana mengandung risiko. Investor wajib membaca dan memahami prospektus sebelum memutuskan untuk berinvestasi melalui reksa dana..

Pilihan Investasi di Bareksa

Klik produk untuk lihat lebih detail.

Produk EksklusifHarga/Unit1 Bulan6 BulanYTD1 Tahun3 Tahun5 Tahun

Trimegah Dana Tetap Syariah

1.339,27

Up0,63%
Up3,63%
Up0,04%
Up4,68%
Up18,41%
-

Capital Fixed Income Fund

1.794,99

Up0,56%
Up3,35%
Up0,04%
Up6,97%
Up16,43%
Up40,35%

I-Hajj Syariah Fund

4.877,69

Up0,58%
Up3,21%
Up0,04%
Up6,16%
Up22,01%
Up40,70%

STAR Stable Amanah Sukuk

Produk baru

1.048,98

Up0,53%
Up3,56%
Up0,04%
---

Reksa Dana Syariah Syailendra Tunai Likuid Syariah

1.147,33

Up0,28%
Up2,59%
Up0,03%
Up4,95%
Up14,21%
-

Video Pilihan

Lihat Semua

Artikel Lainnya

Lihat Semua