BeritaArrow iconReksa DanaArrow iconArtikel

Mau Mudik, Jangan Lupa Siapkan 5 Hal Ini

Bareksa13 Juni 2017
Tags:
Mau Mudik, Jangan Lupa Siapkan 5 Hal Ini
Calon penumpang bersiap menaiki kereta api di Stasiun Pasar Senen, Jakarta. Tradisi mudik pada Hari Raya Idul Fitri membutuhkan dana yang tidak sedikit. ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja

Mudik saat lebaran menjadi momen yang ditunggu untuk berkumpul besar keluarga di kampung halaman

Bareksa.com – Mendekati Hari Raya Idul Fitri (Lebaran), tradisi pulang kampung alias mudik menjadi agenda wajib bagi para perantau. Maklum saja, pada hari Lebaran ini menjadi momen yang ditunggu setahun sekali untuk berkumpul bersama keluarga besar dan sanak saudara di kampung halaman.

Sebelum mudik, ada baiknya melakukan beberapa persiapan agar perjalanan lancar sampai tujuan hingga balik ke kota perantauan. Berikut 5 hal yang bisa kita persiapan sebelum mudik ke kampung halaman;

1. Menjaga kesehatan

Promo Terbaru di Bareksa

Dalam melakukan perjalanan mudik, kita membutuhkan banyak tenaga karena harus menempuh jarak jauh menuju kampung halaman. Perjalanan mudik bisa menembus antar kota bahkan antara provinsi. Karena itu, kita perlu menjaga kesehatan dan istirahat yang cukup sebelum mudik. Paling tidak, satu hari sebelumnya kita tidak begadang atau sibuk melakukan hal lain.

2. Menyiapkan transportasi atau kendaraan

Ada baiknya, sebelum mudik kita mulai mempersiapkan jenis transportasi apa yang akan digunakan untuk ke kampung halaman. Apabila, kita menggunakan kendaraan pribadi, maka mulailah melakukan pemeriksaan pada kendaraan seperti rem, oli, kipas, kaca, tekanan ban, menyiapkan ban cadangan dan komponen lain yang sekiranya dibutuhkan.

Kemudian apabila menggunakan kendaraan umum, hal yang perlu disiapkan adalah tiket yang sebelumnya sudah disesuaikan dengan jadwal libur cuti kerja atau sekolah.

3. Memeriksa keamanan rumah

Sebelum meninggalkan rumah untuk mudik, kita harus memeriksa kunci di setiap pintu masuk rumah terlebih dahulu. Hal ini dilakukan untuk meminimalisir risiko terjadinya pencurian atau perampokan ketika rumah dalam keadaan kosong.

Kemudian tidak lupa untuk selalu memastikan sudah mencabut kabel-kabel saluran listrik dan mematikan kompor dengan mencabut selang tabung gas serta aliran air. Hal ini juga perlu dilakukan agar terhindar dari kebakaran rumah akibat korsleting listrik.

4. Mengemas barang-barang hingga pebekalan mudik

Lakukan kemas-kemas barang sejak beberapa hari sebelum keberangkatan mudik dan buatlah daftar barang apa saja yang harus dibawa. Jangan sampai waktunya mepet mempersiapkan hal ini agar tidak ada barang yang ketinggalan. Kemudian jangan lupa menyiapkan perbekalan untuk perjalanan mudik, seperti makanan untuk berbuka dan sahur hingga obat-obatan.

5. Mempersiapkan uang

Hal yang kelima ini, pastinya jangan sampai lupa dipersiapkan. Persiapkanlah uang atau dana yang cukup untuk kebutuhan selama mudik ditambah dana cadangan untuk keperluan darurat. Persiapan uang mudik ini juga termasuk dana untuk salam tempel (angpao) Lebaran untuk orang tua dan sanak saudara di kampung.

Namun dalam hal ini, kita juga jangan sampai lupa menyiapkan uang untuk kebutuhan setelah Lebaran seperti untuk biaya balik ke kota atau kebutuhan sehari-hari hingga memperoleh gaji di bulan berikutnya.

Untuk itu, kita bisa menabung di reksa dana pasar uang untuk mengamankan uang terlebih dahulu, agar setelah Lebaran nanti kita masih memiliki simpanan uang.

Menabung di reksa dana ini jauh lebih menguntungkan ketimbang menabung biasa di bank. Tanpa dikenakan pajak dan biaya administrasi bulanan, potensi keuntungan reksa dana pasar uang bisa mencapai 5-7 persen. Untuk melihat produk reksa dana pasar uang secara lengkap, dapat klik tautan berikut.

**

- Daftar jadi nasabah, klik tautan ini
- Beli reksa dana, klik tautan ini
- Pilih reksa dana, klik tautan ini
- Belajar reksa dana, klik Bareksa Fund Academy. GRATIS

DISCLAIMER

Semua data return dan kinerja investasi yang tertera di dalam artikel ini tidak dapat digunakan sebagai jaminan dasar perhitungan untuk membeli atau menjual suatu efek. Data-data tersebut merupakan catatan kinerja berdasarkan data historis dan bukan merupakan jaminan atas kinerja suatu efek di masa mendatang. Investasi melalui reksa dana mengandung risiko. Investor wajib membaca dan memahami prospektus sebelum memutuskan untuk berinvestasi melalui reksa dana..

Pilihan Investasi di Bareksa

Klik produk untuk lihat lebih detail.

Produk EksklusifHarga/Unit1 Bulan6 BulanYTD1 Tahun3 Tahun5 Tahun

Trimegah Dana Tetap Syariah

1.314,83

Up0,43%
Up3,55%
Up0,02%
Up5,95%
Up19,11%
-

Capital Fixed Income Fund

1.764,51

Up0,56%
Up3,41%
Up0,02%
Up7,20%
Up17,66%
Up42,85%

STAR Stable Income Fund

1.915,47

Up0,53%
Up2,89%
Up0,02%
Up6,23%
Up30,99%
Up60,26%

Syailendra Pendapatan Tetap Premium

1.758,34

Down- 0,10%
Up3,14%
Up0,01%
Up4,70%
Up19,30%
Up47,85%

Trimegah Dana Obligasi Nusantara

1.038,12

Up0,08%
Up2,01%
Up0,02%
Up2,91%
Down- 1,48%
-

Video Pilihan

Lihat Semua

Artikel Lainnya

Lihat Semua