BeritaArrow iconReksa DanaArrow iconArtikel

Lebaran Usai, Waktunya Orang Tua Siapkan Biaya Sekolah Anak

Bareksa03 Juli 2017
Tags:
Lebaran Usai, Waktunya Orang Tua Siapkan Biaya Sekolah Anak
Pembeli memilih buku dan alat tulis di pusat Kota Lhokseumawe, Provinsi Aceh, Sabtu (9/7). Permintaan buku dan alat tulis serta keperluan sekolah lainnya meningkat tiga kali lipat dan harganya naik 5 persen dari biasanya menjelang masuk sekolah Penerimaan siswa baru (PSB) berbagai jenjang pendidikan tahun ajaran 2015/2016. ANTARA FOTO/Rahmad/foc/16

Berdasarkan kalender pendidikan untuk Provinsi DKI Jakarta, tahun ajaran baru dimulai pada 10 Juli 2017

Bareksa.com – Pasca perayaan Hari Raya Idul Fitri tahun ini, masyarakat harus cukup pintar mengelola keuangannya. Sebab usai Lebaran, para orang tua harus segera mempersiapkan kebutuhan sekolah anak-anaknya. Berdasarkan kalender pendidikan Tahun 2017/2018 untuk Provinsi DKI Jakarta, tahun ajaran baru untuk sekolah dasar hingga menengah akan dimulai pada 10 Juli 2017.

Saat memasuki tahun ajaran baru, para orang tua akan mengeluarkan sejumlah uang agar anaknya bisa melanjutkan pendidikannya. Biaya ini dimulai dari biaya daftar ulang atau uang pangkal masuk sekolah hingga membeli perlengkapan sekolah seperti tas, sepatu, dan peralatan tulis.

Gaji bulan juni yang lebih cepat cair karena ada tambahan hari cuti bersama, sebaiknya bisa diatur guna memenuhi kebutuhan setelah Lebaran, termasuk untuk biaya pendidikan sekolah anak. Agar lebih aman lagi, kita sebaiknya sudah mempersiapkan biaya sekolah anak ketika memasuki tahun ajaran baru dengan cara menabung satu tahun sebelumnya.

Promo Terbaru di Bareksa

Dalam mengamankan dana pendidikan anak ini, kita bisa menyimpannya pada rekening tabungan yang tidak digunakan untuk transaksi harian. Bahkan untuk memaksimalkan keuntungan, kita bisa menyimpannya pada reksa dana pasar uang untuk menabung.

Sebab, dengan menyimpan uang di reksa dana pasar uang, kita berpeluang mendapatkan keuntungan yang lebih dari sekedar menabung biasa di bank. Tanpa dikenakan pajak atau biaya administrasi bulanan, keuntungannya yang lebih besar bisa dirasakan maksimal.

Misalnya dengan uang Rp 300 ribu per bulan, kita menyimpannya pada reksa dana Sucorinvest Money Market Fund, salah satu produk reksa dana pasar uang terbaik dalam satu tahun terakhir (periode 29 Juli 2016 – 22 Juni 2017). Maka uang tersebut kini menjadi Rp 3,12 juta atau tumbuh sekitar 3,88 persen dari total dana awal yang terkumpul sebesar Rp 3 juta. Hal ini berdasarkan perhitungan simulator Bareksa yang menggunakan data historikal, seperti yang tampak pada grafik di bawah ini.

Grafik: Hasil Simulasi Menabung di Reksa Dana Pasar Uang

Illustration

Sumber: Bareksa.com

Hasil menabung di reksa dana pasar uang ini lebih besar dibandingkan bunga tabungan biasanya yang besarnya hanya sekitar 0,7 – 1 persen per tahun. Selain itu, menabung di reksa dana ini rata-rata bisa dilakukan dengan dana minimal yang lebih murah yakni hanya Rp 100 ribu. Untuk melihat detail produk reksa dana terbaik lainnya, dapat klik tautan berikut.

Produk reksa dana ini cukup efektif untuk menahan sebagian gaji kita agar untuk menabung persiapan kebutuhan sekolah anak ketika memasuki tahun ajaran baru yang waktunya hampir bersamaan dengan momen hari Lebaran. Selain berisiko rendah, reksa dana pasar uang ini mudah dan dapat dicairkan kapan saja sesuai kebutuhan (likuid), dengan proses maksimal 2 hari kerja setelah proses transaksi penjualan reksa dana selesai dilakukan.

Bahkan, melalui produk reksa dana yang terdiri dari beberapa jenis inipun, kita juga bisa mempersiapakan biaya pendidikan anak yang lebih besar dalam jangka panjang seperti biaya kuliah. (Baca juga: Dana Pendidikan Mahal Nauzubillah, Bagaimana Mempersiapkannya?).

**

- Daftar jadi nasabah, klik tautan ini
- Beli reksa dana, klik tautan ini
- Pilih reksa dana, klik tautan ini
- Belajar reksa dana, klik Bareksa Fund Academy. GRATIS

DISCLAIMER

Semua data return dan kinerja investasi yang tertera di dalam artikel ini tidak dapat digunakan sebagai jaminan dasar perhitungan untuk membeli atau menjual suatu efek. Data-data tersebut merupakan catatan kinerja berdasarkan data historis dan bukan merupakan jaminan atas kinerja suatu efek di masa mendatang. Investasi melalui reksa dana mengandung risiko. Investor wajib membaca dan memahami prospektus sebelum memutuskan untuk berinvestasi melalui reksa dana..

Pilihan Investasi di Bareksa

Klik produk untuk lihat lebih detail.

Produk EksklusifHarga/Unit1 Bulan6 BulanYTD1 Tahun3 Tahun5 Tahun

Trimegah Dana Tetap Syariah

1.311,56

Down- 0,02%
Up3,54%
Up0,02%
Up5,42%
Up18,15%
-

Capital Fixed Income Fund

1.768,33

Up0,60%
Up3,40%
Up0,02%
Up6,87%
Up17,27%
Up43,79%

Syailendra Pendapatan Tetap Premium

1.747,67

Down- 0,86%
Up3,27%
Up0,01%
Up3,89%
Up18,25%
Up46,68%

Trimegah Dana Obligasi Nusantara

1.033,85

Down- 0,43%
Up1,59%
Up0,01%
Up2,67%
Down- 2,39%
-

STAR Stable Amanah Sukuk

Produk baru

1.034,13

Up0,54%
-
Up0,03%
---

Video Pilihan

Lihat Semua

Artikel Lainnya

Lihat Semua