BeritaArrow iconReksa DanaArrow iconArtikel

Hemat Makan Siang di Bulan Puasa, Kita Bisa Punya Uang Lebih Untuk 4 Hal Ini

Bareksa02 Juni 2017
Tags:
Hemat Makan Siang di Bulan Puasa, Kita Bisa Punya Uang Lebih Untuk 4 Hal Ini
Stock Photo - Confidence and smiles of young busy muslim businesswoman while working, Copyright: <a href='https://www.123rf.com/profile_manzrussali'>manzrussali / 123RF Stock Photo</a>

Selagi masih awal puasa, ada baiknya kita mulai merencanakan pengeluaran harian

Bareksa.com – Ramadan sudah berjalan sepekan. Di bulan yang penuh keberkahan ini, umat muslim diwajibkan untuk berpuasa sebagaimana rukun Islam yang keempat. Berpuasa ini artinya menahan diri dari makan dan minum serta semua hal-hal yang dapat membatalkan puasa, mulai dari terbitnya fajar hingga terbenamnya matahari.

Secara logika, saat berpuasa ini kita bisa sedikit lebih hemat karena budget untuk membeli makan siang hari berkurang. Namun, faktanya tidaklah demikian. Justru terkadang pengeluaran bisa lebih besar hingga tiga kali lipat karena kebanyakan orang berperilaku lebih konsumtif atau lapar mata ketika berbelanja makanan untuk berbuka puasa.

Belum lagi jika kita menerima undangan buka bersama dari kolega atau teman di restoran yang hampir setiap hari, hal ini dapat menjadi pengeluaran tak terduga bagi keuangan kita. Pengeluaran ini belum termasuk budget untuk persiapan menjelang Hari Raya Idul Fitri (Lebaran) seperti belanja pakaian, persiapan uang angpau, makanan untuk hidangan hari raya, hingga biaya untuk mudik yang jumlahnya tidak sedikit.

Selagi masih awal puasa, ada baiknya kita mulai merencanakan pengeluaran harian. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi kantong kita jebol selama bulan puasa ini.

Misalnya saja, di bulan biasa pengeluaran makan kita sebesar Rp3 juta per bulan, atau sekitar Rp100.000 per harinya untuk tiga kali makan. Dengan hanya makan dua kali sehari dan anggaran sekali makan yang sama di bulan biasa, sebenarnya kita bisa surplus hingga Rp900.000 di bulan puasa ini jika jatah makan siang Rp30.000 per hari kita simpan. Asalkan konsisten, hasil yang surplus seperti ini pun bisa terjadi pada kita.

Jika ada surplus seperti ini, tentunya uang ini bisa memberikan beberapa manfaat bagi kita selama bulan puasa ini, berikut di antaranya.

1. Kebutuhan Tak Terduga

Uang surplus yang ada di bulan puasa, bisa kita gunakan untuk memenuhi kebutuhan tak terduga selama bulan puasa seperti ikut buka puasa bersama kolega di restoran. Dengan begitu, kita pun tidak perlu mengeluarkan budget lebih untuk mengikuti acara buka puasa bersama kolega selama Ramadan ini.

2. Membeli Suplemen

Ada uang lebih, kita pun bisa membeli suplemen atau vitamin agar tubuh tetap fit dan sehat selama menjalankan ibadah puasa di Ramadan ini. Jika tubuh kita sehat, tentunya kita bisa menjalankan segala aktivitas dan ibadah secara maksimal.

3. Sedekah

Di bulan penuh rahmat ini, jangan sampai lupa menyisihkan sebagian rezeki untuk diberikan kepada yang membutuhkan (bersedekah). Hal ini dapat menjadi keberkahan dan pahala tersendiri bagi kita. Sebab, amal baik yang dilakukan di bulan suci ini akan dilipatgandakan lebih besar.

4. Investasi

Selain ketiga hal di atas, uang surplus di Ramadan ini bisa kita jadikan modal untuk belajar investasi melalui reksa dana. Pasalnya, modal investasi di reksa dana ini bisa dimulai dari Rp100.000 saja seperti yang tersedia Marketplace Reksa Dana Bareksa.

Berdasarkan tingkat keuntungan dan risiko, reksa dana ini juga terbagi dalam beberapa jenis sesuai dengan isi aset yang menjadi mayoritas dalam pengelolaan reksa dana. Empat jenis reksa dana secara umum adalah: reksa dana saham, campuran, pendapatan tetap dan pasar uang. (Baca juga: Tentukan Reksa Dana yang Cocok dengan Return dan Risiko Tiap Jenisnya)

Ayo kita atur uang hasil menghemat makan siang ini. (hm)

**

- Daftar jadi nasabah, klik tautan ini
- Beli reksa dana, klik tautan ini
- Pilih reksa dana, klik tautan ini
- Belajar reksa dana, klik Bareksa Fund Academy. GRATIS

DISCLAIMER

Semua data return dan kinerja investasi yang tertera di dalam artikel ini tidak dapat digunakan sebagai jaminan dasar perhitungan untuk membeli atau menjual suatu efek. Data-data tersebut merupakan catatan kinerja berdasarkan data historis dan bukan merupakan jaminan atas kinerja suatu efek di masa mendatang. Investasi melalui reksa dana mengandung risiko. Investor wajib membaca dan memahami prospektus sebelum memutuskan untuk berinvestasi melalui reksa dana..

Pilihan Investasi di Bareksa

Klik produk untuk lihat lebih detail.

Produk EksklusifHarga/Unit1 Bulan6 BulanYTD1 Tahun3 Tahun5 Tahun

Trimegah Dana Tetap Syariah

1.314,62

Up0,74%
Up4,00%
Up0,02%
Up6,36%
Up19,84%
-

Capital Fixed Income Fund

1.760,38

Up0,56%
Up3,43%
Up0,02%
Up7,02%
Up18,00%
Up42,94%

STAR Stable Income Fund

1.911,44

Up0,52%
Up2,88%
Up0,02%
Up6,21%
Up31,34%
Up59,99%

Syailendra Pendapatan Tetap Premium

1.765,08

Up0,50%
Up3,61%
Up0,02%
Up5,37%
Up20,01%
Up48,78%

Trimegah Dana Obligasi Nusantara

1.038,61

Up0,45%
Up2,06%
Up0,02%
Up3,06%
Down- 0,64%
-

Video Pilihan

Lihat Semua

Artikel Lainnya

Lihat Semua