BeritaArrow iconReksa DanaArrow iconArtikel

Ada Menu ‘Investasi’ di DOKU, Produk Apa Saja yang Tersedia?

Bareksa31 Mei 2017
Tags:
Ada Menu ‘Investasi’ di DOKU, Produk Apa Saja yang Tersedia?
Membeli reksa dana melalui aplikasi DOKU

Dengan minimal saldo sebesar Rp100.000 pada e-wallet DOKU, kita bisa membeli produk keuangan ini

Bareksa.com - Kemajuan teknologi sudah memungkinkan berbagai transaksi tanpa uang tunai. Bahkan, kini hadir aplikasi dompet online bernama DOKU yang bisa digunakan untuk melakukan berbagai macam transaksi seperti untuk pembayaran pada merchant yang telah bekerjasama dengan DOKU. Tidak hanya belanja dan pembayaran, aplikasi ini juga bisa membeli reksa dana sebagai produk investasi yang tersedia pada menu ‘Investasi’ DOKU.

Kegiatan menabung dan investasi kini dapat dilakukan secara mudah dan praktis hanya melalui aplikasi DOKU yang tersedia di smartphone Android. Aplikasi penyedia dompet online ini sejak November 2016 telah bekerja sama dengan Bareksa.com, selaku agen penjual reksa dana untuk memasarkan produk reksa dana kepada masyarakat. (Baca juga: Bareksa + DOKU Luncurkan Tabungan Reksa Dana untuk Pengguna Mobile Wallet)

Reksa dana ini sendiri merupakan produk keuangan yang berbentuk kumpulan aset (portofolio), terdiri dari saham, obligasi, dan deposito. Produk ini dikelola oleh manajer investasi profesional untuk memaksimalkan potensi keuntungan (return) dari reksa dana ini.

Promo Terbaru di Bareksa

Berdasarkan tingkat keuntungan dan risiko, reksa dana ini juga terbagi dalam beberapa jenis sesuai dengan isi aset yang menjadi mayoritas dalam pengelolaan reksa dana. Empat jenis reksa dana secara umum adalah: reksa dana saham, campuran, pendapatan tetap dan pasar uang. (Baca juga: Tentukan Reksa Dana yang Cocok dengan Return dan Risiko Tiap Jenisnya)

Lantas, produk reksa dana apa saja yang tersedia di DOKU ini?

Saat ini, terdapat tiga produk reksa dana yang tersedia di aplikasi DOKU, yakni meliputi dua produk reksa dana pasar uang dan satu produk reksa dana pendapatan tetap. Dengan minimal saldo sebesar Rp100.000 pada e-wallet DOKU, kita bisa membeli produk keuangan ini.

Reksa Dana Pasar Uang

Dua produk reksa dana pasar uang yang tersedia di DOKU adalah reksa dana Cipta Dana Cash dan Bahana Likuid Syariah. Reksa dana pasar uang ini pada umumnya memiliki aset berupa deposito dan surat utang jangka pendek (kurang dari setahun).

Pada Bahana Likuid Syariah, pengelolaan reksa dana dilakukan sesuai dengan prinsip syar’i yang tidak mengandung unsur non-halal (riba). Sehingga, aset reksa dana akan ditempatkan pada deposito syariah atau surat utang syariah jangka pendek yang memiliki akad sesuai ajaran Islam dalam pembagian imbal hasilnya. Potensi keuntungan kedua reksa dana ini dalam setahun terakhir sekitar 5-7 persen.

Illustration

Reksa Dana Pendapatan Tetap

Bahana Mes Syariah Fund menjadi satu-satunya produk reksa dana pendapatan tetap syariah yang mengisi produk reksa dana di aplikasi DOKU. Reksa dana pendapatan tetap ini memiliki mayoritas aset yang ditempatkan pada obligasi syariah (sukuk) yang pembagian imbal hasilnya pun sesuai dengan prinsip syariah. Sehingga produk ini juga dapat menjadi pilihan bagi masyarakat yang memiliki minat untuk berinvestasi secara syariah.

Illustration

Reksa dana ini baru saja diluncurkan pada November 2016 lalu. Sejak awal tahun hingga saat ini (per tanggal 29 Mei 2017), return yang dihasilkan sekitar 5,18 persen.

Tabel: Kinerja Reksa Dana Mes Syariah Fund

Illustration

Sumber: Bareksa.com

Ketiga reksa dana tersebut di atas tergolong produk investasi yang memiliki risiko relatif rendah seperti halnya tabungan. Namun, potensi keuntungan dari ketiganya cukup menarik, lebih tinggi dari bunga tabungan biasa yang saat ini hanya berkisar antara 0-2 persen saja per tahun.

Selain itu, hasil keuntungan dari reksa dana ini semakin menarik, karena tidak dikenakan pajak atau biaya administrasi bulanan seperti menabung di bank. Menabung di reksa dana ini mudah dicairkan kapan dan di mana saja dengan proses paling lama dua hari kerja setelah melakukan transaksi penjualan reksa dana. (Baca juga: Nabung Reksa Dana di E-Wallet DOKU Itu Untung, Mudah Dicairkan Juga)

(hm)

***

Belum punya akun DOKU?
- Cara buka akun DOKU, klik tautan ini
- Daftar reksa dana Bareksa di DOKU, klik tautan ini
- Beli reksa dana di DOKU, klik tautan ini
- Belajar reksa dana, klik Bareksa Fund Academy. GRATIS

DISCLAIMER

Semua data return dan kinerja investasi yang tertera di dalam artikel ini tidak dapat digunakan sebagai jaminan dasar perhitungan untuk membeli atau menjual suatu efek. Data-data tersebut merupakan catatan kinerja berdasarkan data historis dan bukan merupakan jaminan atas kinerja suatu efek di masa mendatang. Investasi melalui reksa dana mengandung risiko. Investor wajib membaca dan memahami prospektus sebelum memutuskan untuk berinvestasi melalui reksa dana.

Pilihan Investasi di Bareksa

Klik produk untuk lihat lebih detail.

Produk EksklusifHarga/Unit1 Bulan6 BulanYTD1 Tahun3 Tahun5 Tahun

Trimegah Dana Tetap Syariah

1.311,21

Down- 0,04%
Up3,59%
Up0,02%
Up5,46%
Up18,25%
-

Capital Fixed Income Fund

1.767,05

Up0,56%
Up3,40%
Up0,02%
Up6,86%
Up17,17%
Up43,56%

Syailendra Pendapatan Tetap Premium

1.748,46

Down- 0,79%
Up3,43%
Up0,01%
Up3,97%
Up18,39%
Up46,82%

Trimegah Dana Obligasi Nusantara

1.033,61

Down- 0,45%
Up1,56%
Up0,01%
Up2,14%
Down- 2,42%
-

STAR Stable Amanah Sukuk

Produk baru

1.033,61

Up0,53%
-
Up0,03%
---

Video Pilihan

Lihat Semua

Artikel Lainnya

Lihat Semua