BeritaArrow iconReksa DanaArrow iconArtikel

Modal Tidak Sampai Rp100.000, Nabung di Reksa Dana Pasar Uang Bisa Dapat Untung

Bareksa23 Mei 2017
Tags:
Modal Tidak Sampai Rp100.000, Nabung di Reksa Dana Pasar Uang Bisa Dapat Untung
Sejumlah pelajar memperhatikan keaslian uang rupiah tahun emisi 2016 saat mengikuti sosialisasi uang NKRI di Bank Indonesia, Tegal, Jawa Tengah. ANTARA FOTO/Oky Lukmansyah

Melalui Marketplace Bareksa & fitur BukaReksa di Bukalapak, nabung reksa dana pasar uang bisa dimulai dari Rp10.000

Bareksa.com – Alasan memiliki penghasilan minim, tak jarang membuat orang malas untuk menabung. Sebab, uang tersebut biasanya habis untuk memenuhi kebutuhan hidup saja. Apabila masih ada uang tersisa pun, jumlahnya tidak besar. Jika sudah begitu, semangat untuk menabung tentunya akan menciut karena keuntungan yang diterima tidak seberapa.

Namun jangan salah, sebenarnya dengan uang minim pun kita tetap bisa menabung pada produk keuangan yang menguntungkan seperti reksa dana pasar uang. Dengan modal minimum tidak sampai Rp100.000, kita sudah bisa memiliki produk keuangan ini.

Reksa dana pasar uang adalah produk keuangan berupa kumpulan aset (portofolio) yang dikelola oleh manajer investasi profesional. Umumnya, kumpulan aset reksa dana ini terdiri dari deposito dan surat utang jangka pendek (kurang dari setahun) yang memiliki risiko relatif rendah dan aman.

Promo Terbaru di Bareksa

Saat ini, dengan kemajuan teknologi, ada dua pilihan alternatif untuk membeli reksa dana pasar uang dengan modal kurang dari Rp100.000 saja. Dua cara itu adalah melalui Marketplace Bareksa dan fitur BukaReksa yang tersedia pada situs e-commerce Bukalapak.

Melalui Marketplace Bareksa

Pada Marketplace Bareksa—sebagai agen penjual reksa dana online yang terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK)—terdapat satu produk reksa dana pasar uang yang dapat digunakan untuk menabung dengan modal dari Rp50.000 saja, yakni produk reksa dana Mandiri Investa Pasar Uang.

Reksa dana yang dikelola oleh PT Mandiri Manajemen Investasi ini mencatat keuntungan yang stabil dengan imbal hasil (return) per tahun sekitar 5,73 persen. Angka keuntungan tersebut tanpa dikenakan pajak ataupun bunga administrasi bulanan seperti halnya menabung di bank. (Baca juga: AUM Mencapai Rp5,26 T, Reksa Dana Ini Pilihan Investasi Likuid & Stabil)

Tabel: Kinerja Reksa Dana Mandiri Investa Pasar Uang

Illustration

Sumber: Bareksa.com

Melalui Fitur BukaReksa di Bukalapak

Para pengguna (user) Bukalapak kini sudah bisa menabung di reksa dana pasar uang dengan modal yang relatif sangat terjangkau yakni hanya Rp10.000 saja melalui fitur BukaReksa. Fitur ini merupakan hasil kerja sama antara perusahaan e-commerce Bukalapak dengan Bareksa.com sebagai agen penjual Reksa Dana. (baca juga: Mudahnya Bertransaksi Reksa Dana di BukaReksa, Begini Caranya)

Saat ini produk reksa dana pasar uang yang tersedia dalam fitur ini meliputi reksa dana CIMB-Principal Bukareksa Pasar Uang yang dikelola oleh PT CIMB-Principal Asset Management dan Reksa Dana Syariah Mandiri Bukareksa Pasar Uang yang dikelola oleh PT Mandiri Manajemen Investasi.

Illustration

Meski tergolong produk keuangan yang baru diluncurkan, kedua produk reksa dana pasar uang BukaReksa ini berpotensi menghasilkan return sekitar 5,64-5,88 persen dalam setahun. Angka tersebut didapat dari kinerja sebulan yang mampu menghasilkan return 0,47-0,49 persen tanpa dikenakan pajak atau biaya administrasi bulanan.

Tabel: Kinerja Reksa Dana Yang Tersedia Pada Fitur BukaReksa

Illustration

Sumber: Bareksa.com

Melalui dua pilihan alternatif tempat menabung reksa dana tersebut di atas, tentunya dana yang minim bukan lagi jadi alasan kita untuk menabung. Pasalnya, hasil menabung di reksa dana ini cukup menarik dibandingkan hanya menabung di bank. Bandingkan saja, pada beberapa bank besar, untuk dana tabungan kurang dari Rp1 juta tidak diberikan bunga alias imbal hasilnya nol persen. Alhasil, nilai uang pun bisa berkurang karena tabungan kita masih dikenakan biaya administrasi yang sekitar Rp8.000-Rp15.000 per bulan.

Oleh karena itu, dana yang kecil ini bisa kita simpan pada reksa dana pasar uang untuk mendapatkan keuntungan yang lebih maksimal. Hal ini lebih baik ketimbang kita tidak memiliki tabungan atau simpanan sama sekali di masa depan. Reksa dana ini juga dapat dicairkan kapan saja sesuai kebutuhan kita dengan proses maksimal dua hari kerja setelah melakukan transaksi (T+2).

Modal tabungan tidak sampai Rp100.000, untungnya bisa 5 persen lebih setahun. Jadi, yuk nabung reksa dana pasar uang mulai sekarang. (hm)

***

- Daftar jadi nasabah, klik tautan ini
- Beli reksa dana, klik tautan ini
- Pilih reksa dana, klik tautan ini
- Belajar reksa dana, klik Bareksa Fund Academy. GRATIS

DISCLAIMER

Pilihan Investasi di Bareksa

Klik produk untuk lihat lebih detail.

Produk EksklusifHarga/Unit1 Bulan6 BulanYTD1 Tahun3 Tahun5 Tahun

Trimegah Dana Tetap Syariah

1.316,44

Up0,14%
Up3,25%
Up0,02%
Up5,57%
Up18,23%
-

Capital Fixed Income Fund

1.770,24

Up0,56%
Up3,37%
Up0,02%
Up6,87%
Up17,20%
Up44,34%

Syailendra Pendapatan Tetap Premium

1.749,14

Down- 0,90%
Up3,16%
Up0,01%
Up3,87%
Up18,25%
Up46,69%

Trimegah Dana Obligasi Nusantara

1.037,94

Down- 0,06%
Up1,99%
Up0,02%
Up2,93%
Down- 2,23%
-

STAR Stable Amanah Sukuk

Produk baru

1.035,17

Up0,49%
-
Up0,03%
---

Video Pilihan

Lihat Semua

Artikel Lainnya

Lihat Semua