BeritaArrow iconReksa DanaArrow iconArtikel

Konsisten Kalahkan IHSG, Sucor Equity Fund Pilihan Investasi Unggulan

Bareksa23 Mei 2017
Tags:
Konsisten Kalahkan IHSG, Sucor Equity Fund Pilihan Investasi Unggulan
Ilustrasi menghitung kinerja aset keuangan, Copyright: <a href='http://www.123rf.com/profile_andreypopov'>andreypopov / 123RF Stock Photo</a>

Sejak awal tahun, rata-rata return yang dihasilkan oleh mayoritas reksa dana saham masih berada di bawah IHSG.

Bareksa.com – Di sepanjang tahun 2017 ini, pasar saham menunjukkan kinerja positif seiring dengan kondisi ekonomi yang cenderung stabil. Tercatat, Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) telah membukukan return 8,55 persen sejak awal tahun hingga saat ini (per tanggal 22 Mei 2017).

Tentunya hal tersebut turut menopang kinerja reksa dana saham untuk menghasilkan kinerja yang positif. Seperti yang diketahui, jenis reksa dana ini menempatkan minimal 80 persen dari asetnya pada saham.

Meskipun demikian, return rata-rata yang dihasilkan oleh mayoritas reksa dana saham yang tercermin pada indeks reksa dana saham masih berada di bawah kinerja IHSG. Indeks reksa dana saham sejak awal tahun hingga saat ini (year to date/YTD) mencatat hasil hanya 1,85 persen.

Promo Terbaru di Bareksa

Ada dua hal yang bisa menyebabkan kinerja indeks reksa dana saham ini kalah dibandingkan dengan IHSG. Kedua hal tersebut adalah strategi alokasi aset dan jumlah saham yang berbeda pada portofolio setiap produk reksa dana saham yang dikelola berbagai manajer investasi. (Baca juga: Kinerja Reksa Dana Saham Tertinggal IHSG 5 Tahun Terakhir, Apa Penyebabnya?)

Grafik: Perbandingan Return IHSG dan Indeks Reksa Dana Saham (YTD)

Illustration

Sumber: Bareksa.com

Walaupun mayoritas kinerja reksa dana saham berada di bawah IHSG, bukan berarti tidak ada produk reksa dana saham yang mampu mengalahkan indeks acuan ini (beat the market). Sebab, pada Marketplace Reksa Dana Bareksa terdapat delapan produk reksa dana saham yang menghasilkan return melebihi IHSG (Composite) di sepanjang tahun ini. Lebih jelasnya tampak pada tabel di bawah ini.

Tabel: Daftar Reksa Dana Saham Pada Marketplace Bareksa

Illustration

Sumber: Bareksa.com

Berdasarkan tabel di atas, Sucorinvest Equity Fund—reksa dana saham kelolaan PT Sucor Asset Management—memiliki return tertinggi di antara produk reksa dana sejenis lainnya pada periode YTD, yakni dengan hasil 20,45 persen.

Apabila dilihat dalam periode yang lebih panjang, seperti tiga hingga lima tahun terakhir, reksa dana yang diluncurkan sejak 08 Mei 2012 ini pun cukup konsisten dalam menghasilkan return yang mengalahkan pasar saham. Bahkan, pertumbuhannya bisa dua hingga tiga kali lipat IHSG.

Pada periode tiga tahun terakhir, reksa dana ini menghasilkan return 64,14 persen dan IHSG hanya menghasilkan return 15,69 persen. Kemudian, Sucorinvest Equity Fund juga mampu membukukan return sebesar 85,69 persen atau dua kali lipat return IHSG yang sebesar 42,98 persen dalam lima tahun terakhir.

Reksa dana saham ini dapat menjadi salah satu pilihan investor yang memiliki tujuan investasi jangka menengah hingga panjang dengan profil risiko yang cenderung agresif. Sesuai karakternya, reksa dana ini cukup fluktuatif, yang bisa saja bergerak naik atau turun cukup signifikan dalam jangka pendek.

Oleh sebab itu, untuk berinvestasi pada reksa dana saham ini, investor perlu menyesuaikan dengan profil risiko dan tujuan investasi masing-masing terlebih dahulu. Kemudian, ada baiknya sebelum membeli reksa dana, investor dapat membaca dan memahami isi fund fact sheet agar dapat lebih mengenali karakteristik dari produk reksa dana tersebut. (hm)

***

- Daftar jadi nasabah, klik tautan ini
- Beli reksa dana, klik tautan ini
- Pilih reksa dana, klik tautan ini
- Belajar reksa dana, klik Bareksa Fund Academy. GRATIS

DISCLAIMER

Semua data return dan kinerja investasi yang tertera di dalam artikel ini tidak dapat digunakan sebagai jaminan dasar perhitungan untuk membeli atau menjual suatu efek. Data-data tersebut merupakan catatan kinerja berdasarkan data historis dan bukan merupakan jaminan atas kinerja suatu efek di masa mendatang. Investasi melalui reksa dana mengandung risiko. Investor wajib membaca dan memahami prospektus sebelum memutuskan untuk berinvestasi melalui reksa dana..

Pilihan Investasi di Bareksa

Klik produk untuk lihat lebih detail.

Produk EksklusifHarga/Unit1 Bulan6 BulanYTD1 Tahun3 Tahun5 Tahun

Capital Fixed Income Fund

1.773,76

Up0,54%
Up3,36%
Up0,03%
Up6,73%
Up17,30%
Up44,83%

Trimegah Dana Tetap Syariah

1.325,17

Up0,88%
Up4,09%
Up0,03%
Up5,78%
Up18,69%
-

Syailendra Pendapatan Tetap Premium

1.752,53

Down- 0,32%
Up2,73%
Up0,01%
Up3,85%
Up18,24%
Up46,77%

Trimegah Dana Obligasi Nusantara

1.046,42

Up0,71%
Up2,82%
Up0,02%
Up3,06%
Down- 1,49%
-

STAR Stable Amanah Sukuk

Produk baru

1.037,25

Up0,52%
Up3,63%
Up0,03%
---

Video Pilihan

Lihat Semua

Artikel Lainnya

Lihat Semua