BeritaArrow iconReksa DanaArrow iconArtikel

Bisa Dibeli Melalui DOKU, Begini Cara Transaksi Reksa Dana Syariah Bahana TCW-IM

Bareksa05 April 2017
Tags:
Bisa Dibeli Melalui DOKU, Begini Cara Transaksi Reksa Dana Syariah Bahana TCW-IM
Membeli reksa dana melalui aplikasi DOKU

Mulai hari ini, Bahana Likuid & Mes Syariah bisa dibeli dari DOKU dengan dana minimal Rp100 ribu saja

Bareksa.com – Terhitung sejak hari ini (05 April 2017), reksa dana Bahana Likuid Syariah dan Bahana Mes Syariah Fund dapat dibeli melalui e-wallet pada aplikasi DOKU dengan Bareksa.com sebagai Agen Penjual Reksa Dana. Produk keuangan dengan prinsip syariah kelolaan PT Bahana TCW Investment Management ini menjadi alternatif pilhan bagi masyarakat secara luas dalam menabung atau berinvestasi melalui aplikasi dgital (Financial Technology/FinTech).

(Baca Juga: Akan Hadir di E-wallet DOKU, Bahana Likuid & Mes Syariah Bisa Dibeli via Ponsel)

Penggunaan e-wallet atau dompet online DOKU ini menjadi jalan bagi masyarakat yang belum memiliki rekening bank atas nama pribadi -- contohnya seperti pelajar atau masyarakat di daerah terpencil yang jauh dari bank -- tetapi ingin memulai untuk menabung di produk keuangan yang relatif aman dan potensial seperti reksa dana ini.

Promo Terbaru di Bareksa

Tak hanya memberikan kemudahan jangkauan, keamanan masyarakat dalam membeli reksa dana melalui DOKU ini tetap terjaga. Pasalnya, pihak Otoritas Jasa Keuangan (OJK) selalu melakukan pengawasan dan mengatur kegiatan keuangan ini.

Layaknya dompet konvensional, e-wallet DOKU inipun harus memiliki saldo atau isi terlebih dahulu untuk melakukan transaksi reksa dana. Pengisian saldo ini cukup mudah, yakni bisa melalui minimarket terdekat ataupun transfer dari rekening bank.

Untuk membeli reksa dana sebagai produk keuangan untuk berinvestasi ini, minimum dana yang perlu disiapkan pada e-wallet DOKU pun relatif rendah, yakni hanya Rp100.000 saja. Apabila sudah memiliki akun DOKU dan terdaftar sebagai nasabah Bareksa, kita dapat membeli reksa dana syariah di DOKU secara mudah dengan cara berikut ini.

1. Setelah login dengan menggunanakan password dan email, maka pada halaman beranda atau Home, kita dapat klik ikon ‘investasi’, seperti yang tampak pada gambar berikut ini.

Illustration

Untuk membeli reksa dana ini, pastikan saldo e-wallet sudah terisi dengan dana minimal Rp100.000. Terlihat seperti contoh di atas, saldo e-wallet telah terisi sebesar Rp100.000.

2. Kemudian, pilih salah satu produk yang diinginkan, misalnya saja Bahana Likuid Syariah dengan klik tombol ‘Beli’ yang berada di bawah sebelah kanan setelah nama produk.

Illustration

3. Setelah itu, pada halaman formulir pembelian reksa dana, kita dapat memberi tanda centang dalam kotak kecil keterangan klausul yang menyatakan, "Saya telah membaca dan menyetujui seluruh isi Prospektus dan Keterangan Ringkas serta memahami risiko atas keputusan investasi yang saya buat." Kemudian, kita mengisi nilai nominal pembelian reksa dana dan kode promosi (jika ada) serta klik tombol ‘Beli’ untuk proses selanjutnya. Lebih jelasnya terlihat pada gambar di bawah ini.

Illustration
4. Setelah proses instruksi pembelian reksa dana ini, maka pada layar akan muncul bukti pembayaran reksa dana yang tertera waktu dan nominal pembayaran serta status pembayaran ‘Transaksi Berhasil’, seperti yang tampak pada gambar di bawah ini.

Illustration

Selain itu, bukti pembelian reksa dana ini juga akan dikirimkan ke email secara otomatis oleh sistem. Pembelian reksa dana ini akan diproses satu hari kerja setelah transaksi berhasil dilakukan (t+1). Satu hal yang perlu dicatat dalam transaksi reksa dana ini, adalah adanya batas waktu (cut off time) pembelian reksa dana pada pukul 13.00 WIB.

Apabila kita melakukan instruksi pembelian reksa dana sebelum pukul 13.00 WIB, maka transaksi akan diproses dengan menggunakan Nilai Aktiva Bersih (NAB) di hari yang sama. Namun apabila waktu instruksi pembelian reksa dana melebihi pukul 13.00 WIB, maka transaksi akan diproses dengan menggunakan NAB pada hari kerja selanjutnya. Maka, bila kita memberi instruksi pembelian pada hari libur atau Sabtu Minggu, maka transaksi kita akan diproses pada hari Senin atau hari kerja selanjutnya.

Jadi, membeli reksa dana syariah melalui e-wallet DOKU ini, mudah bukan?

(hm)

***

Belum punya akun DOKU?
- Cara Buka Akun Doku, klik tautan ini
- Daftar reksa dana Bareksa di Doku, klik tautan ini
- Beli reksa dana di DOKU, klik tautan ini
- Belajar reksa dana, klik Bareksa Fund Academy. GRATIS

DISCLAIMER

Semua data return dan kinerja investasi yang tertera di dalam artikel ini tidak dapat digunakan sebagai jaminan dasar perhitungan untuk membeli atau menjual suatu efek. Data-data tersebut merupakan catatan kinerja berdasarkan data historis dan bukan merupakan jaminan atas kinerja suatu efek di masa mendatang. Investasi melalui reksa dana mengandung risiko. Investor wajib membaca dan memahami prospektus sebelum memutuskan untuk berinvestasi melalui reksa dana.

Pilihan Investasi di Bareksa

Klik produk untuk lihat lebih detail.

Produk EksklusifHarga/Unit1 Bulan6 BulanYTD1 Tahun3 Tahun5 Tahun

Trimegah Dana Tetap Syariah

1.311,79

Up0,68%
Up3,10%
Up0,02%
Up6,29%
Up20,00%
-

Capital Fixed Income Fund

1.757,84

Up0,53%
Up3,44%
Up0,02%
Up7,40%
Up18,25%
Up43,13%

STAR Stable Income Fund

1.908,88

Up0,50%
Up2,87%
Up0,01%
Up6,27%
Up31,65%
Up59,98%

Syailendra Pendapatan Tetap Premium

1.762,89

Up0,50%
Up2,81%
Up0,01%
Up5,44%
Up20,06%
Up48,78%

Trimegah Dana Obligasi Nusantara

1.038,34

Up0,52%
Up2,03%
Up0,02%
Up2,02%
Down- 2,73%
-

Video Pilihan

Lihat Semua

Artikel Lainnya

Lihat Semua