BeritaArrow iconKategoriArrow iconArtikel

Jadikan Nabung di Bukareksa Lifestyle Baru, Gaji Bulanan Pun Bisa Berkembang

01 April 2017
Tags:
Jadikan Nabung di Bukareksa Lifestyle Baru, Gaji Bulanan Pun Bisa Berkembang
Ilustrasi menabung Copyright: <a href='http://www.123rf.com/profile_sirichoke'>sirichoke / 123RF Stock Photo</a>.

Dalam membiasakan diri untuk gaya hidup yang satu ini, kita bisa memulainya dengan dana yang tidak harus besar

Bareksa.com – Awal bulan mungkin menjadi waktu yang sangat menyenangkan bagi para pegawai. Pasalnya, pundi-pundi uang di ATM baru saja terisi kembali dari gaji bulanan yang sudah cair. Dengan begitu, kita bisa menggunakan uang tersebut untuk memenuhi kebutuhan hidup selama satu bulan ke depan.

Memiliki uang sehabis gajian ini tak jarang membuat euphoria yang berlebihan apalagi bagi mereka yang memiliki gaya hidup tinggi. Berbelanja barang-barang trendy dan hangout hampir setiap hari, mungkin menjadi kegiatan utama setelah mendapatkan gaji. Namun, hal inilah yang terkadang menjadi salah satu penyebab uang kita bisa habis di pertengahan bulan.

Jika sudah begitu, jangankan berpikir untuk menabung, menghemat uang untuk memenuhi kebutuhan hidup sampai akhir bulan saja, rasanya sungguh sulit dan berat. Pada akhirnya, agar tetap bisa bertahan hingga akhir bulan, kita pun bisa jadi berutang.

Promo Terbaru di Bareksa

Seharusnya di era ekonomi digital seperti saat ini, masyarakat, khususnya pada generasi milenial, sudah menjadikan menabung atau investasi ini sebagai gaya hidup (life style) untuk menunjang kemapanan di masa depan. Pasalnya, platform jual-beli barang seperti Bukalapak— salah satu perusahaan e-commerce ternama di Indonesia--juga sudah menyediakan fasilitas untuk menabung atau investasi.

Melalui Fitur BukaReksa, kini user atau pengguna akun Bukalapak dapat mulai menabung sekaligus belajar investasi dengan membeli reksa dana CIMB-Principal Bukareksa Pasar Uang—salah satu produk keuangan di pasar modal yang memiliki risiko rendah dengan imbal hasil yang menarik lebih, lebih tinggi dari bunga deposito. Produk ini merupakan hasil kerja sama dengan Bareksa sebagai agen penjual reksa dana. (baca juga: Mudahnya Bertransaksi Reksa Dana di BukaReksa, Begini Caranya)

Illustration

Dalam membiasakan diri untuk gaya hidup yang satu ini, kita bisa memulainya dengan dana yang tidak harus besar. Sebab, dengan uang minimal Rp10.000 saja, kita sudah dapat membeli produk reksa dana di Bukareksa ini.

Karena termasuk produk keuangan yang berisiko rendah, kita bisa menyisihkan minimal 10 persen dari penghasilan setiap bulan untuk dana darurat. Dengan menyimpan uang di reksa dana, dana kita dapat tertahan lebih lama dibandingkan menyimpannya pada rekening tabungan, yang bisa diakses melalui ATM. Meski begitu, reksa dana dapat dicairkan kapan saja dengan proses satu hari kerja setelah transaksi.

Apabila saat ini kita memiliki penghasilan Rp3 juta per bulan, maka 10 persennya sekitar Rp300.000. Jumlah itu dapat kita simpan pada reksa dana di Bukareksa. Untuk melihat potensi keuntungannya pun bisa kita perkirakan dengan Kalkulator Investasi Bareksa.

Dengan potensi keuntungan (return) 0,44 persen sebulan atau setara dengan 5,28 persen per tahunnya, hasil investasi yang diperoleh sebesar Rp3.688.410 dalam setahun (12 bulan). Hal ini berarti terdapat keuntungan sekitar 2,45 persen dari total dana awal yang sebesar Rp3.600.000. Seperti yang tampak pada grafik di bawah ini.

Grafik: Perkiraan Investasi

Illustration

Sumber: Bareksa.com

Hasil ini tentunya jauh lebih besar dibandingkan dengan tabungan biasa yang bunganya hanya sekitar 0,7-1 persen per tahun, yang belum termasuk dipotong pajak 20 persen serta biaya administrasi bulanan. Sebab, keuntungan reksa dana sendiri tidak dikenakan pajak dan biaya administrasi apapun. Jadi keuntungan yang kita peroleh pun bisa lebih maksimal.

Apabila telah kita biasakan sejak dini, menabung reksa dana ini bisa menjadi gaya hidup baru yang memberikan manfaat besar. Percayalah, meskipun dimulai dengan jumlah kecil, menabung reksa dana ini tetap dapat bermanfaat di masa depan.

Jadi, yuk mulai jadikan menabung reksa dana di Bukareksa sebagai gaya hidup baru masa kini. (hm)

*

Ingin berinvestasi reksa dana?
- Daftar jadi nasabah, klik tautan ini
- Beli reksa dana, klik tautan ini
- Pilih reksa dana, klik tautan ini
- Belajar reksa dana, klik Bareksa Fund Academy. GRATIS

DISCLAIMER

Semua data return dan kinerja investasi yang tertera di dalam artikel ini tidak dapat digunakan sebagai jaminan dasar perhitungan untuk membeli atau menjual suatu efek. Data-data tersebut merupakan catatan kinerja berdasarkan data historis dan bukan merupakan jaminan atas kinerja suatu efek di masa mendatang. Investasi melalui reksa dana mengandung risiko. Investor wajib membaca dan memahami prospektus sebelum memutuskan untuk berinvestasi melalui reksa dana.

Pilihan Investasi di Bareksa

Klik produk untuk lihat lebih detail.

Produk EksklusifHarga/Unit1 Bulan6 BulanYTD1 Tahun3 Tahun5 Tahun

Trimegah Dana Tetap Syariah

1.314,44

Up0,08%
Up3,33%
Up0,02%
Up5,55%
Up18,27%
-

Capital Fixed Income Fund

1.769,29

Up0,54%
Up3,38%
Up0,02%
Up6,86%
Up17,32%
Up43,94%

Syailendra Pendapatan Tetap Premium

1.748,07

Down- 0,93%
Up3,17%
Up0,01%
Up3,84%
Up18,21%
Up46,65%

Trimegah Dana Obligasi Nusantara

1.036,37

Down- 0,18%
Up1,84%
Up0,01%
Up2,73%
Down- 2,13%
-

STAR Stable Amanah Sukuk

Produk baru

1.034,65

Up0,48%
-
Up0,03%
---
Tags:

Video Pilihan

Lihat Semua

Artikel Lainnya

Lihat Semua