Berita / Kategori / Artikel

Modal Cuma Rp100.000 Bisa Jadi Jutaan, Ini Cara Jitunya

Disimpan pada reksa dana pasar uang, Rp100 ribu yang biasanya habis untuk hangout kini bisa berkembang biak.
• 08 Feb 2017
cover

Karyawan Bank Indonesia Jawa Barat memerlihatkan Uang Rupiah Kertas Pecahan Rp. 100.000 Tahun Emisi 2014 dengan frasa Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), Bandung, Jawa Barat (Antara Foto/Agus Bebeng)

Bareksa.com – Saat ini, uang Rp100.000 bukan lagi jumlah yang besar, khususnya bagi kalangan menengah di daerah perkotaan. Pasalnya dengan jumlah uang sebesar ini mereka bisa menghabiskannya dalam waktu yang sangat singkat. Misalnya, untuk sekali hangout bersama teman di kafe atau sekedar meneguk secangkir kopi di kedai-kedai kopi modern. (Baca Juga: Punya Uang Rp 100 ribu, Bisa Beli Apa Saja?)

Padahal uang Rp100.000 ini bisa tumbuh menjadi jutaan rupiah bila secara rutin disisihkan ke dalam instrumen investasi seperti reksa dana. Meski terlihat kecil pada investasi, uang Rp100.000 yang disimpan pada reksa dana pasar uang secara konsisten dalam jangka waktu tertentu, ternyata hasilnya cukup bermanfaat bagi kita di masa depan. 

Seperti apa hasil investasi tersebut? Mari kita simulasikan dengan reksa dana pasar uang Bahana Dana Likuid. Simulasi ini mengambil data 5 tahun terakhir dengan menggunakan Simulator Reksa Dana Bareksa. Potensi keuntungan bisa mencapai hampir 20 persen selama 5 tahun. Berikut ilustrasinya.

Apabila sejak periode 6 Februari 2012 kita mulai berinvestasi pada Bahana Dana Likuid sebesar Rp100.000, kemudian setiap bulan di tanggal 7 rutin menambah investasi dengan fasilitas auto-debet sebesar Rp100.000, maka saat ini (6 Februari 2017), uang pokok yang terkumpul mencapai Rp6 juta. 

Grafik: Hasil Investasi Reksa Dana Pasar Uang Selama 5 Tahun

Sumber: Bareksa.com

Berdasarkan simulator di atas, uang yang disimpan pada reksa dana pasar uang Bahana Likuid tumbuh menjadi Rp7,15 juta. Ini berarti terjadi pertambahan Rp1,15 juta atau sekitar 19,14 persen dari total uang semula yang menjadi keuntungan berinvestasi pada reksa dana.

Hasil simulasi ini membuktikan bahwa dengan uang Rp100.000 saja kita berpeluang mendapatkan keuntungan dari melakukan investasi. Tentunya, hal ini jauh lebih menguntungkan ketimbang kita menghabiskan uang tersebut hanya dalam sekali hangout saja. 

Saat ini pun pembelian reksa dana pasar uang dapat dilakukan secara modern dengan penggunaan dompet online (e-wallet) pada aplikasi DOKU di Android untuk produk Cipta Dana Cash. Selain itu, pembelian reksa dana secara ritel dengan modal minimal Rp10.000 untuk produk CIMB-Principal Bukareksa Pasar Uang dapat dilakukan melalui e-commerce Bukalapak pada menu BukaReksa.

Uang Rp100.000 saja di reksa dana pasar uang berpotensi untung, lalu bagaimana jika nilai uangnya lebih besar? Yuk mulai coba sekarang. (hm)

**

Ingin berinvestasi reksa dana?
- Daftar jadi nasabah, klik tautan ini
- Beli reksa dana, klik tautan ini
- Pilih reksa dana, klik tautan ini
- Belajar reksa dana, klik Bareksa Fund Academy. GRATIS

DISCLAIMER

Semua data return dan kinerja investasi yang tertera di dalam artikel ini tidak dapat digunakan sebagai jaminan dasar perhitungan untuk membeli atau menjual suatu efek. Data-data tersebut merupakan catatan kinerja berdasarkan data historis dan bukan merupakan jaminan atas kinerja suatu efek di masa mendatang. Investasi melalui reksa dana mengandung risiko. Investor wajib membaca dan memahami prospektus sebelum memutuskan untuk berinvestasi melalui reksa dana.

Tags: