BeritaArrow iconReksa DanaArrow iconArtikel

Berbasis Syariah, Emco Barokah Hasilkan Untung 6% Setahun dengan Minim Risiko

Bareksa09 Desember 2016
Tags:
Berbasis Syariah, Emco Barokah Hasilkan Untung 6% Setahun dengan Minim Risiko
Kumpulan uang rupiah nominal Rp100.000,- (Flickr/Nicola)

Kini, produk syariah ini tersedia pada Marketplace bareksa dengan minimum pembelian terjangkau yakni Rp100.000 saja.

Bareksa.com – Mulai hari ini, Marketplace Reksa Dana Bareksa kehadiran produk reksa dana syariah yang ditransaksikan secara online, yaitu Emco Barokah Syariah. Reksa dana syariah yang dikelola oleh Emco Asset Management ini termasuk jenis pasar uang dan tergolong produk investasi dengan risiko minim yang bisa dibeli dengan dana minimum Rp100.000 saja.

Reksa dana yang diluncurkan pada Mei 2015 lalu ini sekitar 99,93 persen asetnya ditempatkan pada deposito syariah. Hal inilah yang turut membuat reksa dana Emco Barokah memiliki risiko yang relatif kecil dan tidak bertentangan dengan prinsip syariah Islam.

Bila dibandingkan dengan bunga deposito, reksa dana ini memberikan return (keuntungan) yang lebih besar. Dalam setahun terakhir, reksa dana yang memiliki dana kelolaan lebih dari Rp100 miliar ini mampu menghasilkan return 6,88 persen tanpa dikenakan pajak (net). Sedangkan apabila investor menempatkan dana pada deposito langsung, keuntungan yang didapat dari bunga hanya sekitar 5 persen per tahun dan belum dipotong pajak bunga 20 persen.

Promo Terbaru di Bareksa

Selain itu, kinerja reksa dana Emco Barokah Syariah juga mampu mengungguli hingga lebih dari 2 kali lipat indeks reksa dana pasar uang yang hanya tumbuh 3,51 persen dalam setahun terakhir, seperti yang tampak pada grafik di bawah ini.

Grafik: Perbandingan Return Emco Barokah Syariah dengan Benchmark

Illustration

Sumber: Bareksa.com

Berdasarkan data Bareksa, reksa dana Emco Barokah Syariah ini termasuk reksa dana pasar uang yang memiliki kinerja cukup baik. Hal ini terlihat pada Barometer Bareksa yang menunjukkan skor lebih dari 3,5. Skala Barometer Bareksa ini berbentuk lima bulatan, dari skala 1 sampai 5. Semakin besar skor yang dimiliki reksa dana maka semakin baik reksa dana tersebut.

Barometer Bareksa adalah penilaian dan pemeringkatan kinerja suatu reksa dana yang metode pengukurannya menggunakan sejumlah parameter yang dianggap penting bagi investor untuk mengambil keputusan investasi dan memilih reksa dana. Penilaian tersebut dilakukan secara independen dengan tujuan untuk menyediakan semacam indikator untuk membantu investor.

Emco Barokah Syariah ini merupakan produk yang sangat cocok bagi investor pemula yang hendak memulai berinvestasi pada aset keuangan, khususnya produk pasar modal. Pasalnya, reksa dana ini mampu menjadi alternatif menempatkan dana dengan risiko rendah tetapi memiliki potensi imbal hasil yang diperoleh lebih kompetitif dibandingkan hanya menyimpan uang pada tabungan atau deposito saja.

Selain itu, di tengah ketidakpastian atau fluktuasi pasar keuangan yang meningkat, produk ini dapat menjadi wadah menaruh dana sementara hingga keadaan pasar keuangan kondusif kembali. Hal ini dilakukan agar keuntungan berinvestasi dapat lebih maksimal sekalipun pasar keuangan sedang koreksi seperti yang terjadi saat ini.

Apalagi, kini produk ini pun sudah bisa ditransaksikan secara online melalui Bareksa secara aman, mudah, dan praktis. (hm)

**

Ingin berinvestasi reksa dana?
- Daftar jadi nasabah, klik tautan ini
- Beli reksa dana, klik tautan ini
- Pilih reksa dana, klik tautan ini
- Belajar reksa dana, klik Bareksa Fund Academy. GRATIS

DISCLAIMER

Semua data return dan kinerja investasi yang tertera di dalam artikel ini tidak dapat digunakan sebagai jaminan dasar perhitungan untuk membeli atau menjual suatu efek. Data-data tersebut merupakan catatan kinerja berdasarkan data historis dan bukan merupakan jaminan atas kinerja suatu efek di masa mendatang. Investasi melalui reksa dana mengandung risiko. Investor wajib membaca dan memahami prospektus sebelum memutuskan untuk berinvestasi melalui reksa dana.

Pilihan Investasi di Bareksa

Klik produk untuk lihat lebih detail.

Produk EksklusifHarga/Unit1 Bulan6 BulanYTD1 Tahun3 Tahun5 Tahun

Capital Fixed Income Fund

1.770,88

Up0,60%
Up3,37%
Up0,02%
Up6,86%
Up17,21%
Up44,78%

Trimegah Dana Tetap Syariah

1.317,39

Up0,21%
Up3,42%
Up0,02%
Up5,59%
Up18,30%
-

Syailendra Pendapatan Tetap Premium

1.749,76

Down- 0,87%
Up2,76%
Up0,01%
Up3,87%
Up18,27%
Up46,70%

Trimegah Dana Obligasi Nusantara

1.038,68

Up0,01%
Up2,06%
Up0,02%
Up3,07%
Down- 2,20%
-

STAR Stable Amanah Sukuk

Produk baru

1.035,51

Up0,52%
Up3,55%
Up0,03%
---

Video Pilihan

Lihat Semua

Artikel Lainnya

Lihat Semua