BeritaArrow iconReksa DanaArrow iconArtikel

Fluktuasi Lebih Rendah, 2 Return Reksa Dana Campuran Ini Kalahkan IHSG

Bareksa21 November 2016
Tags:
Fluktuasi Lebih Rendah, 2 Return Reksa Dana Campuran Ini Kalahkan IHSG
Indeks Reksa Dana di Bareksa.com. (Bareksa.com/Alfin Tofler)

Meski alokasi aset besar pada saham, risiko kedua reksa dana ini lebih rendah dari benchmark.

Bareksa.com - Setiap investor memiliki profil yang berbeda dengan lainnya. Ada investor yang memiliki ekpektasi (harapan) keuntungan yang tinggi dalam investasi jangka panjang, tetapi masih belum bisa menerima fluktuasi seperti pasar saham. Kelompok investor ini bisa memilih jenis reksa dana yang berpotensi memberikan return tinggi dengan risiko medium, yakni reksa dana campuran.

Dalam mengelola reksa dana campuran ini, Manajer Investasi selaku pengelola portofolio reksa dana mengalokasikan mayoritas asetnya pada saham, obligasi, dan pasar uang dengan porsi yang seimbang. Namun, biasanya porsi dari saham dan obligasi mendominasi portofolio reksa dana ini.

Dari segi risiko, pergerakan reksa dana campuran ini tidak sefluktuatif reksa dana saham karena ada aset lain seperti obligasi atau pasar uang yang dapat menopang kinerja reksa dana untuk bergerak naik turun secara drastis dalam waktu dekat. Saat pasar saham tertekan pada sebulan terakhir ini, indeks reksa dana campuran hanya turun sekitar 4,00 persen, penurunannya lebih rendah dibandingkan dengan indeks saham dan reksa dana saham.

Promo Terbaru di Bareksa

Padahal, pasar saham sebulan terakhir ini mengalami tekanan seperti yang terlihat pada Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) yang menghasilkan return negatif 4,79 persen. Bahkan, dalam sebulan terakhir, indeks reksa dana saham turun hingga minus 5,34 persen, lebih besar dibandingkan IHSG.

Dalam jangka pendek, reksa dana campuran juga turut memiliki fluktuasi pendek seperti data sebulan terakhir. Namun, dengan periode yang lebih panjang, reksa dana campuran ini berpotensi memberikan return cukup besar, yakni bisa mencapai lebih dari 40 persen dalam 3 tahun terakhir.

Berdasarkan data Bareksa, reksa dana HPAM Flexi Plus dan Pratama Berimbang masuk dalam lima besar reksa dana campuran yang memberi return tertinggi. Reksa dana ini berada pada posisi kedua dan ketiga dengan return 53,45 persen dan 47,52 persen dalam tiga tahun terakhir. Meskipun memang dalam sebulan terakhir kinerja kedua reksa dana ini tertekan seiring dengan pelemahan pasar saham.

Adapun return kedua reksa dana campuran ini juga mengalahkan kinerja IHSG dan indeks reksa dana saham yang hanya menghasilkan return 17,67 persen dan 13,21 persen dalam 3 tahun terakhir.

Tabel: Daftar Reksa Dana Campuran Terbaik, Periode 3 Tahun Terakhir

Illustration

Sumber: Bareksa.com

Reksa dana HPAM Flexi Plus dan Pratama Berimbang adalah dua produk satu reksa dana campuran milik PT Henan Putihrai Asset Management dan Pratama Capital Assets Management yang dapat dibeli secara online melalui Marketplace Reksa Dana Bareksa.

Dari segi return, reksa dana ini membukukan kinerja di atas indeks reksa dana campuran karena reksa dana ini mayoritas mengalokasikan aset pada saham dengan porsi masing-masing sebesar 77 persen dan 78,49 persen dari total dana kelolaan. Sementara sisanya sekitar 23 persen dan 21,51 persen dari total dana kelolaan dialokasikan pada instrumen pasar uang dan obligasi seperti yang tercantum pada fund fact sheet periode terakhir.

Grafik: Porsi Alokasi Aset Portofolio Reksa Dana HPAM Flexi Fund dan Pratama Berimbang

Illustration

Sumber: Fund Fact Sheet Reksa Dana, Periode Sepetember 2016

Sementara itu, dari sisi dana kelolaan, reksa dana ini memiliki dana kelolaan yang cukup besar yakni Rp162 miliar dan Rp63 miliar. Berdasarkan barometer Bareksa selama tiga tahun, reksa dana Pratama HPAM Flexi Plus dan Pratama Berimbang termasuk yang memiliki kinerja baik.

Hal tersebut terlihat dari barometer yang lebih dari 4 bulatan. Barometer ini sejenis indikator yang dibuat Bareksa untuk membantu investor menilai kinerja suatu reksa dana. Semakin banyak bulatan hijau pada barometer tersebut, maka semakin baik juga kinerja reksa dana tersebut.

Bagi Anda yang masih bingung menentukan investasinya pada saat fluktuasi pasar saham, Anda dapat mempertimbangkan reksa dana HPAM Flexi Plus dan Pratama Berimbang. Namun, perlu diperhatikan, Anda harus membaca dan memahami prospektus serta fund fact sheet reksa dana sebelum berinvestasi untuk memastikan lebih rinci apa saja isi dan ketentuan produk investasi ini. (hm)

***

Butuh bantuan?
- Daftar jadi nasabah, klik tautan ini
- Beli reksa dana, klik tautan ini
- Pilih reksa dana, klik tautan ini
- Belajar reksa dana, klik Bareksa Fund Academy. GRATIS

DISCLAIMER

Semua data return dan kinerja investasi yang tertera di dalam artikel ini tidak dapat digunakan sebagai jaminan dasar perhitungan untuk membeli atau menjual suatu efek. Data-data tersebut merupakan catatan kinerja berdasarkan data historis dan bukan merupakan jaminan atas kinerja suatu efek di masa mendatang. Investasi melalui reksa dana mengandung risiko. Investor wajib membaca dan memahami prospektus sebelum memutuskan untuk berinvestasi melalui reksa dana.

Pilihan Investasi di Bareksa

Klik produk untuk lihat lebih detail.

Produk EksklusifHarga/Unit1 Bulan6 BulanYTD1 Tahun3 Tahun5 Tahun

Trimegah Dana Tetap Syariah

1.314,44

Up0,08%
Up3,33%
Up0,02%
Up5,55%
Up18,27%
-

Capital Fixed Income Fund

1.769,29

Up0,54%
Up3,38%
Up0,02%
Up6,86%
Up17,32%
Up43,94%

Syailendra Pendapatan Tetap Premium

1.748,07

Down- 0,93%
Up3,17%
Up0,01%
Up3,84%
Up18,21%
Up46,65%

Trimegah Dana Obligasi Nusantara

1.036,37

Down- 0,18%
Up1,84%
Up0,01%
Up2,73%
Down- 2,13%
-

STAR Stable Amanah Sukuk

Produk baru

1.034,65

Up0,48%
-
Up0,03%
---

Video Pilihan

Lihat Semua

Artikel Lainnya

Lihat Semua