BeritaArrow iconReksa DanaArrow iconArtikel

AUM Capital Asset Management Tumbuh 52% Bulan Ini, Apa Penyebabnya?

Bareksa06 September 2016
Tags:
AUM Capital Asset Management Tumbuh 52% Bulan Ini, Apa Penyebabnya?
Nasabah Melihat Pergerakan Indeks Reksa Dana Pasar Uang (Bareksa/Alfin Tofler)

Reksa dana pasar uang menjadi penopang utama dana kelolaan Capital Asset Management

Bareksa.com – Pada Marketplace Investasi Reksa Dana Bareksa, PT Capital Asset Management merupakan perusahaan Manajer Investasi yang memiliki pertumbuhan dana kelolaan (asset under management/ AUM) tertinggi selama periode Agustus 2016. Tercatat, AUM Manajer Investasi yang baru meluncurkan produknya di tahun 2016 ini mencapai Rp346,26 miliar atau tumbuh 52,48 persen dari periode sebelumnya yang sebesar Rp227,08 miliar.

Total dana kelolaan (AUM) yang besar ini menandakan adanya penambahan aset dari reksa dana yang dikelola oleh Manajer Investasi. Semakin besar AUM yang dimiliki berarti banyak masyarakat (investor) yang mempercayakan dananya dalam portofolio reksa dana dikelola dengan baik dan profesional oleh Manajer Investasi tersebut .

Tabel: Pertumbuhan AUM Manajer Investasi yang tersedia pada Marketplace Investasi Bareksa Periode Agustus 2016

Promo Terbaru di Bareksa

Illustration

Sumber: Bareksa.com

Pertumbuhan AUM Capital Asset Management pada Agustus banyak ditopang dari pertumbuhan reksa dana pasar uang yang dikelolanya, Capital Money Market. Dana kelolaan produk pasar uang tersebut sudah tumbuh hingga 152 persen pada periode Agustus 2016. Nilai AUM jenis reksa dana ini yang sebesar Rp166 miliar juga mendominasi proporsi dana kelolaan reksa dana yakni sekitar 48 persen.

Yohendrik, salah satu Tim Investasi Capital Asset Management menjelaskan bahwa kenaikan AUM reksa dana pasar uang ini karena adanya subscription (permbelian) dari institusi yang cukup besar.
"Pertumbuhan AUM Capital Asset Management pada bulan ini lebih kepada adanya pembelian reksa dana (subscription) dengan jumlah yang cukup besar dari Institusi. Kemudian dari produk campuran kami juga mengalami kenaikan AUM karena adanya subscription juga," jelas Yohendrik kepada Bareksa.

Grafik: Proporsi Dana Kelolaan dan Pertumbuhan AUM Reksa Dana PT Capital Asset Management, Periode Agustus 2016

Illustration

Sumber: Bareksa.com

Berdasarkan data Bareksa, kinerja reksa dana pasar uang kelolaan Capital Asset Management ini sendiri cukup baik. Sejak awal tahun hingga saat ini return yang dihasilkannya sebesar 4,7 persen, jauh melebihi indeks reksa dana pasar uang yang hanya menghasilkan return 2,91 persen. Maka dari itu, di tengah ketidakpastian pasar saham dalam sebulan terakhir ini, reksa dana Capital Money Market dapat menjadi pilihan sebagai tempat menyimpan uang yang aman dan stabil.

Selain itu, pertumbuhan AUM reksa dana campuran milik Capital Asset Management, Capital Balanced Fund sebesar 19,3 persen juga turut menopang peningkatan dana kelolaan manajer investasi ini. Porsi reksa dana jenis ini mencapai 31 persen dari seluruh total dana kelolaan, seperti yang tampak pada grafik di atas.

Saat ini, Capital Asset telah meluncurkan 4 produk reksa dana konvesional yaitu Capital Money Market (pasar uang), Capital Fixed Income Fund (pendapatan tetap), Capital Balanced Fund (campuran), dan Capital Equity Fund (saham).

Nilai AUM yang besar dan terus bertumbuh ini dapat mengindikasikan bahwa masyarakat (investor) percaya investasinya akan dikelola secara profesional yang memiliki kredibilitas dan keahlian di bidang investasi. Hal ini dapat menjadi salah satu pertimbangan dalam memilih Manajer Investasi yang baik sebelum berinvestasi pada reksa dana. (hm)

***

Ingin berinvestasi reksa dana?
- Daftar jadi nasabah, klik tautan ini
- Beli reksa dana, klik tautan ini
- Pilih reksa dana, klik tautan ini
- Belajar reksa dana, klik Bareksa Fund Academy. GRATIS

DISCLAIMER

Semua data return dan kinerja investasi yang tertera di dalam artikel ini tidak dapat digunakan sebagai jaminan dasar perhitungan untuk membeli atau menjual suatu efek. Data-data tersebut merupakan catatan kinerja berdasarkan data historis dan bukan merupakan jaminan atas kinerja suatu efek di masa mendatang. Investasi melalui reksa dana mengandung risiko. Investor wajib membaca dan memahami prospektus sebelum memutuskan untuk berinvestasi melalui reksa dana.

Pilihan Investasi di Bareksa

Klik produk untuk lihat lebih detail.

Produk EksklusifHarga/Unit1 Bulan6 BulanYTD1 Tahun3 Tahun5 Tahun

Trimegah Dana Tetap Syariah

1.314,44

Up0,08%
Up3,33%
Up0,02%
Up5,55%
Up18,27%
-

Capital Fixed Income Fund

1.769,29

Up0,54%
Up3,38%
Up0,02%
Up6,86%
Up17,32%
Up43,94%

Syailendra Pendapatan Tetap Premium

1.748,07

Down- 0,93%
Up3,17%
Up0,01%
Up3,84%
Up18,21%
Up46,65%

Trimegah Dana Obligasi Nusantara

1.036,37

Down- 0,18%
Up1,84%
Up0,01%
Up2,73%
Down- 2,13%
-

STAR Stable Amanah Sukuk

Produk baru

1.034,65

Up0,48%
-
Up0,03%
---

Video Pilihan

Lihat Semua

Artikel Lainnya

Lihat Semua