BeritaArrow iconPasar ModalArrow iconArtikel

BI : Lelang Catat Komitmen Rp30,32 Miliar, Ini 5 Langkah Optimalkan Wakaf

Abdul Malik09 Oktober 2020
Tags:
BI : Lelang Catat Komitmen Rp30,32 Miliar, Ini 5 Langkah Optimalkan Wakaf
Ilustrasi tanah wakaf

Wakaf tidak hanya tanah dengan peruntukan yang terbatas, namun dapat bermacam-macam bentuk termasuk tunai

Bareksa.com - Lelang wakaf yang diselenggarakan pada 6-7 Oktober 2020 mencatat komitmen penyaluran wakaf produktif senilai Rp30,32 Miliar. Deputi Gubernur Bank Indonesia, Sugeng, menyatakan pelaksanaan lelang wakaf merupakan bentuk kolaborasi BI, Badan Wakaf Indonesia (BWI), Lembaga-lembaga Nazhir Indonesia yang tergabung dalam Forum Wakaf Produktif.

"Forum ini untuk lebih memberikan pemahaman mengenai wakaf khususnya wakaf produktif, serta mendorong partisipasi publik dalam berwakaf untuk mendukung pembangunan ekonomi," ujar Sugeng dalam keterangannya (8/10/2020).

Menurut Sugeng untuk lebih mengoptimalkan wakaf di Indonesia, terdapat lima langkah yang perlu diambil. Pertama, perlunya perubahan mindset dan peningkatan literasi. "Misalnya, pemahaman bahwa wakaf tidak hanya tanah dengan peruntukan yang terbatas, namun dapat bermacam-macam bentuk termasuk tunai," ungkap Sugeng.

Promo Terbaru di Bareksa

Kedua, inovasi produk wakaf menjadi social-commercial financing. Pada maret 2020, BI, Kementerian Keuangan dan BWI telah meluncurkan Cash Waqf Linked Sukuk (CWLS). Ketiga, penguatan ekosistem rantai nilai halal (halal value chain) sebagai objek wakaf produktif dan kredibel, antara lain melalui pesantren dan UMKM syariah.

Keempat, transparansi dalam keseluruhan proses wakaf mulai dari penyaluran dari wakif kepada nazhir, sampai dengan penggunaannya untuk sektor produktif. Kelima, digitalisasi dalam mekanisme penyaluran wakaf, baik untuk tujuan sosial maupun integrasi social-commercial dalam CWLS, antara lain melalui pemanfaatan QRIS (QR Code Indonesian Standard) dalam penyaluran wakaf.

Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam Kementrian Agama, Kamaruddin Amin, menyampaikan strategi dalam meningkatkan literasi wakaf di Indonesia. Peningkatan literasi waqaf tersebut penting dalam upaya mengoptimalkan pengembangan wakaf.

"Karena itu, kata dia, Kementerian Agama melalui strategi menuju gerakan wakaf inklusif melakukan beberapa langkah yaitu meningkatkan literasi wakaf masyarakat, menyesuaikan regulasi wakaf, memperkuat standar kompetensi nazir, mengembangkan instrumen wakaf serta memperluas kerja sama dalam rangka memproduktifkan aset masyarakat," Kamaruddin menjelaskan.

Ketua BWI, Mohammad Nuh mengatakan optimalisasi pengembangan wakaf menjadi aset produktif memberikan banyak manfaat dalam perekonomian. Dia mencontohkan salah satu bentuk implementasi pengelolaan wakaf produktif dari wakaf linked Sukuk senilai Rp51 milar adalah pengembangan retina dan glaucoma center.

***

Ingin berinvestasi aman di reksadana yang diawasi OJK?

- Daftar jadi nasabah, klik tautan ini
- Beli reksadana, klik tautan ini
- Pilih reksadana, klik tautan ini
- Belajar reksadana, klik untuk gabung di Komunitas Bareksa. GRATIS

DISCLAIMER

Semua data return dan kinerja investasi yang tertera di dalam artikel ini tidak dapat digunakan sebagai jaminan dasar perhitungan untuk membeli atau menjual suatu efek. Data-data tersebut merupakan catatan kinerja berdasarkan data historis dan bukan merupakan jaminan atas kinerja suatu efek di masa mendatang. Investasi melalui reksadana mengandung risiko. Investor wajib membaca dan memahami prospektus sebelum memutuskan untuk berinvestasi melalui reksadana.

Pilihan Investasi di Bareksa

Klik produk untuk lihat lebih detail.

Produk EksklusifHarga/Unit1 Bulan6 BulanYTD1 Tahun3 Tahun5 Tahun

Trimegah Dana Tetap Syariah

1.331,66

Up0,99%
Up4,37%
Up0,04%
Up5,01%
Up18,41%
-

Capital Fixed Income Fund

1.782,41

Up0,56%
Up3,37%
Up0,03%
Up6,88%
Up16,27%
Up43,28%

STAR Stable Income Fund

1.933,11

Up0,52%
Up3,01%
Up0,03%
Up6,01%
Up28,67%
Up59,89%

I-Hajj Syariah Fund

4.841,92

Up0,57%
Up3,13%
Up0,03%
Up6,13%
Up21,96%
Up40,57%

Reksa Dana Syariah Syailendra OVO Bareksa Tunai Likuid

1.143,44

Up0,40%
Up2,80%
Up0,03%
Up4,98%
--

Video Pilihan

Lihat Semua

Artikel Lainnya

Lihat Semua