BeritaArrow iconPasar ModalArrow iconArtikel

BEI Buat Inkubator Start-Up, Apa Saja Programnya?

Bareksa27 Januari 2017
Tags:
BEI Buat Inkubator Start-Up, Apa Saja Programnya?
Opening Bell Ceremony di Bursa Efek Indonesia yang dihadiri oleh Co-Founder & CFO Bukalapak Fajrin Rasyid, CEO/Co-Founder Bareksa Karaniya Dharmasaputra dan Presiden Direktur PT CIMB Principal Asset Management Ridwan Soetedja yang juga disaksikan oleh Kepala Eksekutif Pasar Modal OJK Nurhaida, Direktur Utama BEI Tito Sulistio beserta jajaran SRO.

Saat ini banyak anak muda Indonesia yang punya ide tetapi tidak punya modal dan juga pengetahuan

Bareksa.com - PT Bursa Efek Indonesia (BEI) meresmikan sebuah wadah untuk membantu perusahaan-perusahaan rintisan tekhnologi berkembang yang disebut dengan inkubator start-up. Wadah ini menyiapkan berbagai program yang diharapkan dapat mendorong bisnis rintisan dapat bersaing dan berdiri sendiri.

Direktur Utama PT Bursa Efek Indonesia, Tito Sulistio berharap inkubator ini bisa menjadi salah satu jalan agar perusahaan start up bisa mendapatkan akses yang lebih besar ke permodalan.

“Saat ini banyak anak muda Indonesia yang punya ide tetapi tidak punya modal dan pengetahuan untuk mengembangkan idenya. Kami akan membantu hal tersebut dan menjadi bagian dari CSR (tanggung jawab sosial) kami,” ujarnya di Jakarta, Kamis 26 Januari 2017.

Promo Terbaru di Bareksa

Ia melanjutkan saat ini perusahaan start up memang sedang menjamur di Indonesia sehingga butuh dukungan agar bisa bertahan hidup. Dalam inkubator ini nantinya BEI dan mitra lainnya akan memberikan bantuan pendidikan bisnis, mempertemukan start up dengan investor, hingga mendorong mereka mencatatkan saham di bursa.

Ia berharap dengan adanya inkubator ini start up Indonesia bisa bersaing dengan kompetitor asing dan lebih banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia. Indonesia dengan potensi pasar yang sangat besar menurutnya juga tidak boleh kalah dan harus lebih maju dibandingkan negara tetangga.

Sementara itu, bisnis rintisan seperti ini menurutnya sudah jauh lebih berkembang di negara-negara tetangga seperti Malaysia, Singapura dan Thailand.

Vice President Privatization Startup-SME and Foreign Listing BEI, Saptono Adi Junarso menambahkan, mulai Senin besok, perusahaan start up sudah bisa mendaftar online untuk nantinya diseleksi sebagai peserta inkubator ini.

Nantinya dalam inkubator ini mereka akan diberikan bimbingan (mentorship), tempat kerja (working space), akses kepada pendanaan, dan acara-acara yang mempertemukan mereka dengan calon investor. Ia mengatakan inkubator ini bisa menampung hingga 20 start up dengan maksimal tiga orang per bisnis.

“Pengumuman siapa yang terpilih akan dikeluarkan pada bulan Maret mendatang,” katanya.

Para perusahaan start up ini nantinya akan dikenakan sewa Rp750.000 hingga Rp1 juta setiap bulannya untuk bisa menggunakan gedung perkantoran Bapindo. Para perusahaan pun akan mendapatkan makan, internet super cepat dan berbagai kebutuhan lainnya.

Saptono mengatakan program ini terbuka untuk semua level: mulai dari yang masih berbentuk persiapan ide, sampai perusahaan yang mengarah masuk ke pasar modal.

Tito menambahkan, BEI juga akan mendirikan inkubator serupa di kota-kota selain Jakarta. Target selanjutnya adalah Bandung, Surabaya, Medan, dan Semarang.

“Pokoknya kita cari yang banyak anak mudanya dan banyak ide-ide menarik. Kalau di Bandung kita sudah punya kantor perwakilan jadi bisa semakin cepat,” katanya. (hm)

Pilihan Investasi di Bareksa

Klik produk untuk lihat lebih detail.

Produk EksklusifHarga/Unit1 Bulan6 BulanYTD1 Tahun3 Tahun5 Tahun

Trimegah Dana Tetap Syariah

1.311,21

Down- 0,04%
Up3,59%
Up0,02%
Up5,46%
Up18,25%
-

Capital Fixed Income Fund

1.767,05

Up0,56%
Up3,40%
Up0,02%
Up6,86%
Up17,17%
Up43,56%

Syailendra Pendapatan Tetap Premium

1.748,46

Down- 0,79%
Up3,43%
Up0,01%
Up3,97%
Up18,39%
Up46,82%

Trimegah Dana Obligasi Nusantara

1.033,61

Down- 0,45%
Up1,56%
Up0,01%
Up2,14%
Down- 2,42%
-

STAR Stable Amanah Sukuk

Produk baru

1.033,61

Up0,53%
-
Up0,03%
---

Video Pilihan

Lihat Semua

Artikel Lainnya

Lihat Semua