BeritaArrow iconEmasArrow iconArtikel

Lonjakan Harga Emas Kerek Penyaluran Pinjaman Pegadaian Melesat 17% di Triwulan I 2024

Abdul Malik08 April 2024
Tags:
Lonjakan Harga Emas Kerek Penyaluran Pinjaman Pegadaian Melesat 17% di Triwulan I 2024
Papan tanda logo Pegadaian di Klaten, Jawa Tengah. (Shutterstock.com)

Animo masyarakat untuk membeli atau mencicil emas juga tinggi, karena di saat harga emas tinggi, masyarakat Indonesia cenderung membeli emas

Bareksa.com - Direktur Jaringan, Operasi dan Penjualan PT Pegadaian Eka Pebriansyah mengatakan Pegadaian mencatatkan penyaluran pinjaman meningkat hampir 17% secara tahunan (year on year/YOY) pada triwulan I 2024 karena permintaan meningkat di tengah tren lonjakan harga emas saat ini. "Harga emas luar biasa melonjaknya, makanya imbasnya adalah jumlah pinjaman yang diberikan dari Pegadaian mengalami peningkatan. Kita sudah hitung sampai dengan triwulan satu ini saja year on year hampir menyentuh 17%. Animonya tinggi banget masyarakat," kata Eka di Jakarta, Jumat.

Eka mengatakan animo masyarakat untuk membeli atau mencicil emas juga tinggi karena di saat harga emas tinggi, masyarakat Indonesia cenderung membeli emas. "Ada mindset di masyarakat kita kalau beli emas itu biasanya bukan nunggu kalau emasnya lagi jatuh, tapi ketika emas itu lagi naik. Saya sudah membaca karakter nasabah kita," ujarnya.

Menurut dia, ada pola pikir di masyarakat jika membeli emas saat harga emas jatuh, maka makin lama harga emas akan semakin jatuh. Padahal, menurut Eka, fluktuasi harga emas yang cenderung menurun hanya berlangsung untuk jangka pendek. Sementara untuk fluktuasi jangka panjang, harga emas akan semakin naik. "Saat ini kenapa sangat tinggi permintaan emas di Pegadaian, karena harga emasnya tinggi. Jadi begitu harga emas tinggi, masyarakat beli nih besok jangan-jangan makin naik lagi. Memang kelihatan sejak awal tahun itu naiknya terus begitu, bagus banget harga emas," tuturnya.

Promo Terbaru di Bareksa

Nabung Emas Pegadaian di Sini

Investasi Emas di Bareksa Emas

Salah satu cara mudah investasi emas adalah dengan memanfaatkan fitur Bareksa Emas yang tersedia di Bareksa. Kamu bisa berinvestasi emas dari manapun dan kapanpun. Dalam menyediakan fitur Bareksa Emas, Bareksa bekerja sama dengan Pegadaian, Treasury, dan Indogold. Bareksa Emas sebagai alternatif pilihan investor untuk memiliki emas fisik yang bisa dibeli secara digital atau emas online.

Mitra pengelolaan emas di Bareksa Emas yaitu Treasury berlisensi sebagai pedagang emas digital dari Badan Pengawas Perdagangan Berjangka dan Komoditi (Bappebti) Kementerian Perdagangan. Sementara Pegadaian juga memiliki izin dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Investasi emas secara online bukan berarti tidak ada wujudnya. Sekarang, setelah membeli emas digital Treasury di Bareksa Emas, Smart Investor juga bisa memiliki wujud fisiknya yang diantar langsung ke rumah dengan fitur Cetak Fisik.

Emas batangan yang tersedia di Bareksa Emas adalah emas murni dengan kadar 99,99%. Smart Investor dapat memilih emas Antam ataupun emas UBS untuk Tarik Fisik di Bareksa Emas.

Ayo investasi emas dan lakukan cetak fisik di Bareksa!

Investasi Emas di Sini

(IQPlus/09560869/AM)

***

Ingin investasi emas dan reksadana di Bareksa?

- Daftar jadi nasabah, klik tautan ini
- Beli reksadana, klik tautan ini
- Beli emas, klik tautan ini
- Download aplikasi reksadana Bareksa di App Store​
- Download aplikasi reksadana Bareksa di Google Playstore
- Belajar reksadana, klik untuk gabung Komunitas Bareksa di Facebook. GRATIS

DISCLAIMER

Fitur Bareksa Emas dikelola oleh PT Bareksa Inovasi Digital, berkerja sama dengan Mitra Emas berizin.

Pilihan Investasi di Bareksa

Klik produk untuk lihat lebih detail.

Produk EksklusifHarga/Unit1 Bulan6 BulanYTD1 Tahun3 Tahun5 Tahun

Capital Fixed Income Fund

1.775,36

Up0,54%
Up3,36%
Up0,03%
Up6,74%
Up17,31%
Up44,99%

Trimegah Dana Tetap Syariah

1.326,18

Up0,93%
Up4,25%
Up0,03%
Up5,89%
Up18,89%
-

STAR Stable Income Fund

1.925,85

Up0,48%
Up2,96%
Up0,02%
Up6,01%
Up29,39%
Up64,87%

I-Hajj Syariah Fund

4.822,06

Up0,51%
Up3,05%
Up0,02%
Up6,14%
Up21,89%
Up40,51%

Reksa Dana Syariah Syailendra OVO Bareksa Tunai Likuid

1.140,38

Up0,49%
Up2,80%
Up0,02%
Up4,93%
--

Video Pilihan

Lihat Semua

Artikel Lainnya

Lihat Semua