BeritaArrow iconEmasArrow iconArtikel

Penelitian Terbaru State Street : Pasar Emas Semakin Sehat dan Diminati Investor Muda

Abdul Malik27 Juni 2023
Tags:
Penelitian Terbaru State Street : Pasar Emas Semakin Sehat dan Diminati Investor Muda
Ilustrasi harga emas batangan atau logam mulia yang semakin kinclong jika dunia terancam resesi dan semakin digemari investor muda. (Shutterstock)

Rata-rata generasi milenial memiliki persentase investasi emas lebih tinggi, yakni sekitar 17% dalam portofolio investasi mereka

Bareksa.com - Risiko besar bahwa ekonomi dunia akan jatuh ke jurang resesi akibat bank sentral seluruh dunia agresif menaikkan suku bunga acuan untuk memerangi inflasi, jadi pendukung harga emas dalam jangka panjang.

Harga Emas Hari ini, Selasa (27/6/2023) :

Emas​​​

Harga Beli

Emas pasar spot

US$1.929,32 per ounce

Emas Treasury

Rp959.616 per gram

Emas Pegadaian

Rp976.000 per gram

Emas Antam

Rp1.053.000 per gram

*Data emas spot per pukul 11.26 WIB, Sumber : harga-emas.org, Bareksa​

Beli Emas di Sini

Promo Terbaru di Bareksa

Menurut penelitian terbaru dari State Street Global Advisors yang dirilis Senin waktu AS atau Selasa dinihari WIB, menemukan investor menjadi jauh lebih taktis dalam strategi investasi mereka, memilih produk logam mulia berbiaya rendah.

"Dengan risiko resesi yang masih membayangi, daya pikat emas sebagai investasi saat ini terus menjadi sangat kuat,” kata George Milling-Stanley, Kepala Ahli Strategi Emas di State Street Global Advisors dilansir Kitco News.

Meskipun emas telah berjuang untuk menarik perhatian agar bisa kembali tren bullish, namun kini turun di bawah US$1.950 per ons, namun hasil studi State Street menunjukkan bahwa permintaan investor untuk logam mulia tetap sehat.

Menurut hasil survei, 20% investor AS saat ini memiliki emas dalam portofolionya. Di antara para investor ini, alokasi emas rata-rata adalah 14% dari aset portofolio, dan 47% memegang ETF emas.

Menurut penelitian tersebut, di antara investor yang berinvestasi emas, lebih dari setengahnya cenderung meningkatkan investasi mereka dalam 6-12 bulan ke depan, dengan persentase investor di ETF emas (57%), sedikit melebihi investor yang mungkin juga memiliki saham lainnya. Jenis aset emas misalnya batangan dan koin, saham pertambangan emas, dana komoditas, dan lainnya mencapai 53%.

Beli Emas di Sini

Semakin Digemari Investor Muda

Studi tersebut juga mengungkapkan tren baru yang berkembang di pasar yakni investor semakin muda. Laporan tersebut mengatakan rata-rata generasi milenial memiliki persentase investasi emas lebih tinggi, yakni sekitar 17% dalam portofolio investasi mereka.

Gen X dan Boomers masing-masing memegang sekitar 10% dari portofolio investasi mereka dalam bentuk emas.

Milling-Stanley mencatat area pertumbuhan pasar emas tetap berada di sisi edukasi investasi. Dia mengatakan investor terus melihat nilai logam mulia dan banyak generalis tidak tahu apa yang mendorong harga.

"Survei Dampak ETF Emas kami menunjukkan masih ada ruang yang signifikan untuk lebih banyak edukasi investor tentang manfaat emas dan perannya dalam portofolio investasi," kata Milling-Stanley dalam laporan tersebut.

"Karena industri emas terus meningkatkan edukasi seputar cara berinvestasi emas dan manfaatnya dalam portofolio investasi, kami memperkirakan akan melihat pertumbuhan permintaan investasi emas."

Milling-Stanley bahkan mengatakan dia tidak terlalu khawatir soal dampak kenaikan suku bunga acuan Bank Sentral Amerika Serikat yang bisa naik 2 kali lagi hingga akhir 2023 dari level saat 5-5,25%. Meskipun kenaikan suku bunga akan meningkatkan biaya peluang memegang emas sebagai aset yang tidak menghasilkan bunga, namun dia mengatakan sikap The Fed juga mendorong dunia lebih dekat ke resesi.

Seperti diketahui, emas biasanya justru semakin kinclong, ketika ekonomi dunia sedang resesi. Jadi mumpung sekarang harganya sedang turun dan murah, mau segera investasi emas?

Beli Emas di Sini

Beli Emas Pegadaian di Sini

Promo Investasi Emas

Khusus Smart Investor Bareksa, ada potensi tambahan bonus berupa saldo Bareksa Emas kalau ikut Promo Gajian Emas Treasury di super app Bareksa. Tersedia hadiah berupa Emas Treasury Rp2 juta untuk 1 pemenang, Rp1 juta untuk 1 pemenang, Rp500.000 untuk 1 pemenang dan Rp50.000 untuk 130 pemenang dengan pembelian terbesar. Caranya, beli Emas Treasury minimal Rp1 juta dengan kode promo BIGTREAJUN.

Selain itu, khusus investor yang pertama kali transaksi beli Emas Treasury di Bareksa Emas berkesempatan meraih emas senilai Rp50.000. Tersedia saldo Emas Treasury Rp50.000 untuk 200 orang investor tercepat. Caranya hanya cukup beli Emas Treasury senilai minimal Rp1 juta dengan kode promo NEWTREAJUN. ​

Beli Emas Treasury di Sini

Baca juga syarat dan ketentuannya berikut ini.

Syarat dan Ketentuan Promo Gajian Emas Juni 2023 Investor Baru

1. Periode promo berlaku dari tanggal 23 Juni 2023 Pukul 09.00 WIB - 23 Juli 2023 pukul 23.59 WIB.
2. Promo berlaku untuk PEMBELIAN PERTAMA produk Bareksa Emas dari TREASURY dengan metode pembayaran apa saja dan memilih kode promo NEWTREAJUN.
3. Program promo tidak berlaku untuk karyawan Bareksa.
4. Investor yang melakukan transaksi Emas Treasury selama periode promo dan sesuai dengan T&C maka berhak mendapatkan hadiah
5. Promo hanya berlaku untuk 1 (satu) kali transaksi dan tidak berlaku kelipatan
6. Satu investor hanya berhak memenangkan 1 (satu) jenis hadiah pada program promo dalam satu periode selama kuota tersedia
7. Pengumuman pemenang pada tanggal 10 Agustus 2023 melalui media sosial Bareksa dan email kepada para pemenang tersebut.
8. Hadiah atas promo ini tidak dapat diuangkan dan dipindahtangankan.
9. Keputusan Bareksa menentukan pemenang atas promo ini bersifat mutlak dan tidak dapat diganggu gugat.
10. Seluruh pajak hadiah atas promo ini akan ditanggung Bareksa
11. Bareksa memiliki hak untuk dapat membatalkan pemenang atas hadiah dari promo ini jika pemenang terbukti melakukan kecurangan, pelanggaran terhadap hukum sehubungan dengan keikutsertaannya dalam promo ini atau tidak dapat dihubungi

Beli Emas Treasury di Sini

Syarat dan Ketentuan Promo Gajian Emas Juni 2023 Investor Setia

1. Periode promo berlaku dari tanggal 23 Juni pukul 09.00 WIB - 23 Juli 2023 Pukul 23.59 WIB.
2. Promo berlaku untuk pembelian produk Bareksa Emas dari Treasury dengan metode pembayaran apa saja dan memilih kode promo BIGTREAJUN
3. Program promo tidak berlaku untuk karyawan Bareksa
4. Investor yang melakukan transaksi Emas Treasury selama periode promo dan sesuai dengan tnc maka berhak mendapatkan hadiah cashback
5. Promo hanya berlaku untuk 1 (satu) kali transaksi dan tidak berlaku kelipatan
5. Satu investor hanya berhak memenangkan 1 (satu) jenis hadiah pada program promo dalam satu periode selama kuota tersedia
6. Pengumuman pemenang pada tanggal 10 Agustus 2023 melalui media sosial Bareksa dan email kepada para pemenang tersebut
7. Hadiah atas promo ini tidak dapat diuangkan dan dipindahtangankan
8. Keputusan Bareksa menentukan pemenang atas promo ini bersifat mutlak dan tidak dapat diganggu gugat
9. Seluruh pajak hadiah atas promo ini akan ditanggung Bareksa
10. Bareksa memiliki hak untuk dapat membatalkan pemenang atas hadiah dari promo ini jika pemenang terbukti melakukan kecurangan, pelanggaran terhadap hukum sehubungan dengan keikutsertaannya dalam promo ini atau tidak dapat dihubungi

Ayo semangat investasi emas online di super app investasi Bareksa. Raih hadiah dan potensi keuntungan emas di masa depan.

Beli Emas Treasury di Sini


(AM)

***

Ingin investasi emas dan reksadana di Bareksa?

- Daftar jadi nasabah, klik tautan ini
- Beli reksadana, klik tautan ini
- Beli emas, klik tautan ini
- Download aplikasi reksadana Bareksa di App Store​
- Download aplikasi reksadana Bareksa di Google Playstore
- Belajar reksadana, klik untuk gabung Komunitas Bareksa di Facebook. GRATIS

DISCLAIMER

Fitur Bareksa Emas dikelola oleh PT Bareksa Inovasi Digital, berkerja sama dengan Mitra Emas berizin.

Pilihan Investasi di Bareksa

Klik produk untuk lihat lebih detail.

Produk EksklusifHarga/Unit1 Bulan6 BulanYTD1 Tahun3 Tahun5 Tahun

Trimegah Dana Tetap Syariah

1.314,44

Up0,08%
Up3,33%
Up0,02%
Up5,55%
Up18,27%
-

Capital Fixed Income Fund

1.769,29

Up0,54%
Up3,38%
Up0,02%
Up6,86%
Up17,32%
Up43,94%

Syailendra Pendapatan Tetap Premium

1.748,07

Down- 0,93%
Up3,17%
Up0,01%
Up3,84%
Up18,21%
Up46,65%

Trimegah Dana Obligasi Nusantara

1.036,37

Down- 0,18%
Up1,84%
Up0,01%
Up2,73%
Down- 2,13%
-

STAR Stable Amanah Sukuk

Produk baru

1.034,65

Up0,48%
-
Up0,03%
---

Video Pilihan

Lihat Semua

Artikel Lainnya

Lihat Semua