BeritaArrow iconEmasArrow iconArtikel

Harga Emas Hari Ini Terbang Tembus US$2.000, Apa Saja Manfaat Investasi Logam Mulia?

Abdul Malik20 Maret 2023
Tags:
Harga Emas Hari Ini Terbang Tembus US$2.000, Apa Saja Manfaat Investasi Logam Mulia?
Ilustrasi investasi emas batangan atau logam mulia, yang bisa dijadikan instrumen halal dan cuan guna mengantisipasi dampak potensi badai resesi. (Shutterstock)

Emas merupakan instrumen investasi yang dapat mempertahankan nilainya dalam jangka panjang dan mampu menaklukkan inflasi

Bareksa.com - Harga emas hari ini, Senin (20/3/2023) terbang tinggi bahkan menembus level US$2.000 per ounce. Tidak hanya harga emas di pasar global, harga emas di dalam negeri ikut melesat. Lonjakan harga logam mulia ditopang kekhawatiran investor menanggapi potensi krisis perbankan di Amerika Serikat (AS) dan Eropa, menyusul krisis likuiditas Silicon Valley Bank dan Credit Suisse.

Tapi apa saja manfaat investasi emas logam mulia?

Harga Emas Hari ini, Senin (20/3/2023) :

Emas​​​

Harga Beli

Emas pasar spot

US$2.000,22 per troy ounce

Emas Treasury

Rp1.016.863 per gram

Emas Pegadaian

Rp1.012.000 per gram

Emas Antam

Rp1.085.000 per gram

*Data emas spot per pukul 14.27 WIB, Sumber : harga-emas.org, Bareksa

Promo Terbaru di Bareksa

Investasi Emas Sekarang, Klik di Sini

​Harga emas di pasar spot dunia hari ini, Senin (20/3/2023) pukul 14.27 WIB tercatat di level US$2.000,22 per troy ounce. Harga emas di pasar dunia terbang. Padahal Jumat pekan lalu (17/3/2023), harga emas di pasar spot masih sekitar US$1.928.87 per troy ounce.

Senada dengan lonjakan harga emas di pasar spot dunia, harga emas di dalam negeri hari ini yang tersedia dalam fitur Bareksa Emas di super app investasi Bareksa, yakni Emas Pegadaian naik Rp23.000 per gram jadi Rp1.012.000 per gram.

Kenaikan harga lebih besar pada harga emas Treasury yang tersedia di fitur Bareksa Emas, hari ini Rp34.963 per gram dibandingkan harga pada Jumat, menjadi Rp1.016.863 per gram pada Senin. Kenaikan harga juga terjadi pada emas Antam hari ini menjadi Rp1.085.000 per gram, atau naik Rp22.000 per gram dibandingkan harga pada Jumat pekan lalu.

Harga emas di pasar dunia ikut mempengaruhi harga emas di dalam negeri. Faktor lainnya seperti besaran permintaan dan juga penawaran emas serta, nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika.

Sementara itu harga emas dunia dinilai masih berpeluang untuk naik terus, antara lain dipengaruhi oleh melemahnya nilai tukar dolar AS serta kekhawatiran investor atas adanya krisis perbankan.

Analis memperkirakan harga emas bisa mencapai US$2.000 per troy ounce, pada pekan ini setelah Federal Reserve atau bank sentral AS mengumumkan kebijakan moneter yang dijadwalkan pada Rabu (22/3/2023) mendatang.

"Harga emas melonjak di tengah kekhawatiran lebih banyak berita perbankan yang buruk dapat muncul selama akhir pekan dan harapan bahwa Fed akan menghentikan kenaikan suku bunga minggu depan," kata analis logam mulia independen yang berbasis di New York, Tai Wong dilansir liputan6.com.

Runtuhnya Silicon Valley Bank di AS telah membuka kerentanan bank terhadap suku bunga yang meningkat tajam, sementara tumbangnya saham Credit Suisse telah menambah gejolak pasar.

"Emas kemungkinan akan bersinar melalui kekacauan karena investor mengambil sikap waspada," kata Lukman Otunuga, analis riset senior di FXTM.

Investasi Emas Sekarang, Klik di Sini

Apa saja manfaat emas logam mulia sebagai instrumen investasi? Berikut 7 manfaat investasi logam mulia seperti dilansir Tempo :

1. Perlindungan dari inflasi

Mungkin dapat dikatakan, emas merupakan satu-satunya komoditas yang dapat mempertahankan nilainya dalam jangka panjang dan mampu menaklukkan inflasi. Dengan nilai yang meningkat seiring dengan biaya hidup, seringkali mencapai nilai tertingginya selama periode inflasi tinggi.

Saat terjadi kenaikan inflasi, nilai uang itu sendiri menjadi rendah. Sebaliknya, emas yang justru naik lebih tinggi harganya sehingga membuat emas semakin berharga.

2. Emas sebagai Diversifikasi

Investasi emas termasuk jenis investasi yang sangat baik untuk diversifikasi. Alasannya, logam mulia ini memiliki risiko yang sangat rendah namun nilainya terus mengalami kenaikan.

Selain itu, pergerakan emas biasanya berlawanan dengan pasar saham. Maka, saat pasar saham mengalami penurunan, pemilik emas tidak akan terlalu rugi karena harga emas akan meningkat.

Di sisi lain manfaat diversifikasi adalah dapat menjaga aset dari peristiwa ekonomi yang tidak terduga. Nah, emas termasuk investasi yang dapat menawarkan jenis diversifikasi dan perlindungan untuk portofolio dan tidak ada yang sama seperti keistimewaan dimiliki emas.

3. Nilainya Selalu Meningkat

Bisa dibilang, investasi emas sangat minim risiko. Salah satu alasannya keberadaan emas saat ini sangat diminati kalangan masyarakat seperti halnya negara India dimana emas dianggap menguntungkan dan tidak ada perayaan yang lengkap tanpanya.

Selain itu, keterbatasan pasokan emas juga memastikan bahwa harga akan selalu mengalami kenaikan signifikan serta memiliki permintaan sangat tinggi.

4. Likuiditas yang Tinggi

Permintaan emas yang tinggi memastikan bahwa emas mudah dijual. Kondisi itu membuat emas jadi aset sangat likuid. Keberadaan emas sangat dihargai di manapun sehingga sangat mudah untuk mencairkannya menjadi uang tunai saat sedang mengalami krisis.

Investasi Emas Sekarang, Klik di Sini

5. Penyeimbang Devaluasi Mata Uang

Ketidakpastian keuangan dapat mengakibatkan mata uang terkuat kehilangan nilainya. Kala mata uang ini dapat dicetak 'sesuka hati', sebaliknya emas sebagai aset berwujud tidak dapat direproduksi dengan mesin makanya diyakini dapat melindungi para investor dari devaluasi mata uang.

6. Mudah Diperjualbelikan

Emas sebagai barang yang sangat mudah diperjualbelikan berkat kemampuan untuk mempertahankan nilainya dalam jangka panjang. Emas dapat bertahan dari ketidakpastian finansial yang turun naik. Makanya, sebagian besar negara percaya memiliki cadangan emas yang sangat besar yang dapat digunakan untuk memerangi berbagai situasi.

7. Emas Mudah Dimiliki

Seiring perkembangan teknologi, sekarang ini untuk memiliki investasi emas tidak butuh proses panjang. Dengan pemanfaatan media elektronik, setiap individu bisa berinvestasi emas baik itu bentuk perhiasan, kepingan bahkan batangan.

Banyak manfaat dari berinvestasi di logam mulia bukan? Sebelum mulai berinvestasi, pastikan lebih dahulu instrumen investasi ini sesuai dengan profil risiko kamu ya!

Investasi Emas Sekarang, Klik di Sini

Investasi Emas Online

Salah satu cara mudah investasi emas adalah dengan memanfaatkan fitur Bareksa Emas yang tersedia di Bareksa. Kamu bisa berinvestasi emas dari manapun dan kapanpun. Dalam menyediakan fitur Bareksa Emas, Bareksa bekerja sama dengan Pegadaian, Treasury, dan Indogold. Bareksa Emas sebagai alternatif pilihan investor untuk memiliki emas fisik yang bisa dibeli secara digital atau emas online.

Mitra pengelolaan emas di Bareksa Emas yaitu Treasury berlisensi sebagai pedagang emas digital dari Badan Pengawas Perdagangan Berjangka dan Komoditi (Bappebti) Kementerian Perdagangan. Sementara Pegadaian juga memiliki izin dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Investasi emas secara online bukan berarti tidak ada wujudnya. Sekarang, setelah membeli emas digital Treasury di Bareksa Emas, Smart Investor juga bisa memiliki wujud fisiknya yang diantar langsung ke rumah dengan fitur Tarik Fisik.

Emas batangan yang tersedia di Bareksa Emas adalah emas murni dengan kadar 99,99%. Smart Investor dapat memilih emas Antam ataupun emas UBS untuk Tarik Fisik di Bareksa Emas.

Investasi Emas Sekarang, Klik di Sini


(Martina Priyanti/AM)

***

Ingin investasi emas dan reksadana di Bareksa?

- Daftar jadi nasabah, klik tautan ini
- Beli reksadana, klik tautan ini
- Beli emas, klik tautan ini
- Download aplikasi reksadana Bareksa di App Store​
- Download aplikasi reksadana Bareksa di Google Playstore
- Belajar reksadana, klik untuk gabung Komunitas Bareksa di Facebook. GRATIS

DISCLAIMER

Fitur Bareksa Emas dikelola oleh PT Bareksa Inovasi Digital, berkerja sama dengan Mitra Emas berizin.

Pilihan Investasi di Bareksa

Klik produk untuk lihat lebih detail.

Produk EksklusifHarga/Unit1 Bulan6 BulanYTD1 Tahun3 Tahun5 Tahun

Trimegah Dana Tetap Syariah

1.314,83

Up0,43%
Up3,55%
Up0,02%
Up5,95%
Up19,11%
-

Capital Fixed Income Fund

1.764,51

Up0,56%
Up3,41%
Up0,02%
Up7,20%
Up17,66%
Up42,85%

STAR Stable Income Fund

1.915,47

Up0,53%
Up2,89%
Up0,02%
Up6,23%
Up30,99%
Up60,26%

Syailendra Pendapatan Tetap Premium

1.758,34

Down- 0,10%
Up3,14%
Up0,01%
Up4,70%
Up19,30%
Up47,85%

Trimegah Dana Obligasi Nusantara

1.038,12

Up0,08%
Up2,01%
Up0,02%
Up2,91%
Down- 1,48%
-

Video Pilihan

Lihat Semua

Artikel Lainnya

Lihat Semua