BeritaArrow iconEmasArrow iconArtikel

Harga Emas Hari Ini Tambah Murah, Kenali 5 Faktor Penggerak Nilai Logam Mulia

Abdul Malik17 Februari 2023
Tags:
Harga Emas Hari Ini Tambah Murah, Kenali 5 Faktor Penggerak Nilai Logam Mulia
Ilustrasi harga emas yang naik turun. (Shutterstock)

Emas bisa dijadikan salah satu aset dalam melakukan diversifikasi investasi

Bareksa.com - Penurunan harga emas baik di pasar dunia maupun di dalam negeri, kembali berlanjut pada hari ini, Jumat (17/2/2023). Penurunan itu akibat
data penjualan ritel dan indeks harga produsen Amerika Serikat (AS) naik di atas ekspektasi.

Harga Emas Hari ini, Jumat (17/2/2023) :

Emas​​​

Harga Beli

Emas pasar spot

US$1.829,77 per troy ounce

Emas Treasury

Rp926.567 per gram

Emas Pegadaian

Rp940.000 per gram

Emas Antam

Rp1.019.000 per gram

*Data emas spot per pukul 09.23 WIB, Sumber : Logam Mulia, Bisnis, Bareksa

Harga emas hari ini di pasar spot kembali turun 0,36% atau tambah murah menjadi US$1.829,77 per troy ounce. Penurunan juga terjadi pada harga emas di dalam negeri seperti yang tersedia di Bareksa Emas yakni emas Pegadaian turun Rp4.000 per gram menjadi Rp940.000 per gram. Harga emas Treasury di Bareksa Emas juga turu jadi Rp926.567 per gram dari sebelumnya Rp929.949 pada Kamis pagi kemarin.

Promo Terbaru di Bareksa

Dilansir CNBC Indonesia. harga emas hari ini melemah akibat data penjualan ritel dan indeks harga produsen di AS naik di atas ekspektasi. Indeks harga produsen naik 0,7% pada Januari 2023, lebih tinggi dibandingkan estimasi pasar yakni 0,4%. Data ini semakin menunjukkan jika inflasi AS masih kencang.

Pada pekan lalu, AS juga mengumumkan inflasi pada Januari menyentuh 6,4% (year on year/yoy). Inflasi di atas ekspektasi pasar yang ada di kisaran 6-6,2%. Data terbaru AS tersebut menguatkan kekhawatiran pasar jika The Fed akan melanjutkan kebijakan hawkishnya.

Investasi Emas Aman dan Mudah, Klik di Sini

Harga emas di dalam negeri antara lain dipengaruhi oleh harga emas global. Lalu apa saja faktor yang mempengaruhi menentukan harga emas di pasar global?

Melansir laman resmi Otoritas Jasa Keuangan (OJK) berikut lima faktor penyebab naik turunnya harga emas :

1. Ketidakpastiaan Kondisi Global

Berbagai situasi yang terjadi seperti politik, ekonomi, krisis, resesi, atau perang adalah salah satu pemicu naik dan turunnya harga emas. Kenapa seperti itu?

Dalam kondisi ekonomi dan politik yang kacau balau, emas seringkali dianggap sebagai penyelamat. Makanya saat terjadi krisis atau perang, biasanya harga emas akan melonjak naik. Investasi emas disebut-sebut salah satu aset aman (safe haven).

Pada sebuah kesempatan, Menteri Keuangan Sri Mulyani juga mengakui lho bahwa emas kerap menjadi pilihan investor di kala ketidakpastian ekonomi global saat ini. Setidaknya ada tiga alasan emas baru dipilih manakala ekonomi sedang tidak menentu atau terdapat gejolak geopolitik. Pertama, nilai emas tetap terjaga meski terjadi inflasi atau deflasi.

Kedua, nilai emas tetap terjaga meski terjadi krisis ekonomi atau perang. Ketiga, permintaan akan emas tidak berkurang seiring dengan ketersediaan emas yang terbatas. Tak perlu heran, pamor emas umumnya melejit ketika sedang krisis.

Contoh kasus terakhir efek dari ketidakpastiaan kondisi global, konflik yang berujung perang antara Rusia dengan Ukraina, sempat mendorong harga emas meningkat seiring dengan pelemahan dolar AS.

2. Penawaran dan Permintaan Emas

Hukum penawaran dan permintaan juga berlaku pada emas. Lebih besar permintaan emas ketimbang penawarannya bikin logam mulia yang digemari ibu-ibu rumah tangga ini bakal naik.

Sebaliknya, harganya akan turun apabila penawaran lebih besar daripada permintaannya. Satu hal yang juga perlu dicatat bahwa ketersediaan emas di dunia ini cukup terbatas.

3. Kebijakan Moneter

Harga emas juga sangat tergantung dari kebijakan moneter yang diambil bank sentral Amerika Serikat (Federal System atau secara informal disebut The Fed). Kebijakan moneter yang dimaksud adalah kebijakan menaikkan atau menurunkan suku bunga.

Saat The Fed menurunkan suku bunga, emas berpotensi naik harganya. Alasannya, dolar menjadi tidak menarik sebagai pilihan investasi dan orang-orang cenderung menempatkan uangnya dalam bentuk emas batangan dan begitu juga sebaliknya.

4. Inflasi

Pendorong harga emas berikutnya inflasi. Inflasi adalah salah satu faktor utama yang membuat harga-harga barang semakin naik, hal ini juga berdampak pada harga emas. Semakin tinggi tingkat inflasi maka semakin mahal pula harga emas. ​

Penyebabnya masyarakat yang enggan menyimpan aset mereka dalam bentuk uang yang mudah kehilangan nilainya dan lebih memilih berinvestasi emas yang harganya cenderung stabil dan lebih aman ketika inflasi. Semakin diminati inilah, maka harga emas akan meningkat pula.

5. Nilai Tukar Dolar Amerika Serikat

Harga emas dalam negeri mengacu pada harga emas internasional yang dikonversi dari dolar Amerika Serikat (AS) ke dalam mata uang rupiah. Makanya, harga emas sangat dipengaruhi oleh pergerakan rupiah terhadap dolar AS.

Saat nilai tukar rupiah terhadap dolar AS melemah maka harga emas lokal menguat atau tinggi. Sebaliknya, bila nilai tukar rupiah menguat, maka harga emas lokal cenderung turun.

Investasi Emas Aman dan Mudah, Klik di Sini

Investasi Jangka Panjang

Banyak kalangan mengingatkan bahwa ada baiknya investasi emas dilakukan untuk investasi yang sifatnya jangka panjang. Salah satu alasannya, agar bisa lebih melihat perkembangan naik turunnya harga emas. Makanya sejumlah kalangan mengimbau, investasi emas baiknya minimal untuk 5 tahun ke depan.

Jaza Yusron, Analis Treasury (PT Indonesia Logam Pratama) pada sebuah kesempatan menyatakan emas masih memiliki peluang sebagai salah satu aset safe haven. "Selama supply emas masih terbatas dan pemintaannya terus meningkat dari tahun ke tahun, maka emas masih akan tetap jadi aset safe haven untuk beberapa tahun ke depan," ucap Jaza Yusron.


Illustration

Sumber : Tim Analis Treasury

Meski begitu, Jaza mengingatkan apapun instrumen investasi yang dipilih, sebaiknya sebelum memilih aset, kenali dulu profil risiko dan tujuan investasinya. Untuk investasi emas logam mulia, kata dia, selama di dalam portofolio ada porsi yang disiapkan untuk tujuan investasi jangka panjang, sebenarnya tidak ada waktu yang tidak tepat untuk investasi emas.

Sebab sampai saat ini, emas masih menjadi aset investasi rendah risiko yang memiliki kinerja sangat baik dalam jangka waktu yang panjang.

Investasi Emas Online

Salah satu cara mudah investasi emas adalah dengan memanfaatkan fitur Bareksa Emas yang tersedia di Bareksa. Kamu bisa berinvestasi emas dari manapun dan kapanpun. Dalam menyediakan fitur Bareksa Emas, Bareksa bekerja sama dengan Pegadaian, Treasury, dan Indogold. Bareksa Emas sebagai alternatif pilihan investor untuk memiliki emas fisik yang bisa dibeli secara digital atau emas online.

Mitra pengelolaan emas di Bareksa Emas yaitu Treasury berlisensi sebagai pedagang emas digital dari Badan Pengawas Perdagangan Berjangka dan Komoditi (Bappebti) Kementerian Perdagangan. Sementara Pegadaian juga memiliki izin dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Investasi emas secara online bukan berarti tidak ada wujudnya. Sekarang, setelah membeli emas digital Treasury di Bareksa Emas, Smart Investor juga bisa memiliki wujud fisiknya yang diantar langsung ke rumah dengan fitur Tarik Fisik.

Emas batangan yang tersedia di Bareksa Emas adalah emas murni dengan kadar 99,99%. Smart Investor dapat memilih emas Antam ataupun emas UBS untuk Tarik Fisik di Bareksa Emas.

Promo Tarik Fisik Emas Treasury

Khusus investor yang melakukan cetak fisik emas Treasury di Bareksa, ada 50 voucher reksadana senilai Rp100.000 dan diskon ongkir 50% maksimal Rp25.000. Caranya hanya melakukan cetak fisik minimal 1 gram saja dan gunakan kode promo TARIKEMAS.

Syarat dan Ketentuan Promo Cetak Fisik Emas Treasury di Bareksa

1. Periode promo 13 Februari - 28 Februari 2023
2. Promo ini hanya berlaku untuk tarik fisik emas Treasury di Bareksa minimal 1 gram
3. Program promo tidak berlaku untuk karyawan Bareksa
4. Investor yang melakukan tarik fisik tercepat dan masuk ke dalam kuota berhak memenangkan hadiah berupa cashback biaya tarik cetak emas & tambahan discount 50% (maksimal Rp25.000)
5. Satu investor hanya berhak memenangkan 1 (satu) jenis hadiah pada program promo dalam satu periode selama kuota tersedia
6. Bareksa akan mengumumkan pemenang pada tanggal 7 Maret 2023 melalui sosial media Bareksa dan email
7. Hadiah tidak dapat diuangkan dan dipindahtangankan
8. Keputusan Bareksa menentukan pemenang bersifat mutlak dan tidak dapat diganggu gugat
9. Seluruh pajak hadiah ditanggung Bareksa
10. Bareksa dapat membatalkan pemenang jika investor terbukti melakukan kecurangan, atau tidak dapat dihubungi

Ayo investasi emas dan lakukan cetak fisik di Bareksa untuk raih hadiahnya!

Investasi Emas Aman dan Mudah, Klik di Sini

(Martina Priyanti/AM)

***

Ingin investasi emas dan reksadana di Bareksa?

- Daftar jadi nasabah, klik tautan ini
- Beli reksadana, klik tautan ini
- Beli emas, klik tautan ini
- Download aplikasi reksadana Bareksa di App Store​
- Download aplikasi reksadana Bareksa di Google Playstore
- Belajar reksadana, klik untuk gabung Komunitas Bareksa di Facebook. GRATIS

DISCLAIMER

Fitur Bareksa Emas dikelola oleh PT Bareksa Inovasi Digital, berkerja sama dengan Mitra Emas berizin.

Pilihan Investasi di Bareksa

Klik produk untuk lihat lebih detail.

Produk EksklusifHarga/Unit1 Bulan6 BulanYTD1 Tahun3 Tahun5 Tahun

Trimegah Dana Tetap Syariah

1.311,79

Up0,68%
Up3,10%
Up0,02%
Up6,29%
Up20,00%
-

Capital Fixed Income Fund

1.757,84

Up0,53%
Up3,44%
Up0,02%
Up7,40%
Up18,25%
Up43,13%

STAR Stable Income Fund

1.908,88

Up0,50%
Up2,87%
Up0,01%
Up6,27%
Up31,65%
Up59,98%

Syailendra Pendapatan Tetap Premium

1.762,89

Up0,50%
Up2,81%
Up0,01%
Up5,44%
Up20,06%
Up48,78%

Trimegah Dana Obligasi Nusantara

1.038,34

Up0,52%
Up2,03%
Up0,02%
Up2,02%
Down- 2,73%
-

Video Pilihan

Lihat Semua

Artikel Lainnya

Lihat Semua