BeritaArrow iconEmasArrow iconArtikel

Direktur Pegadaian : Harga Emas Terus Tumbuh, Investasi Logam Mulia Makin Disukai

Abdul Malik10 Februari 2023
Tags:
Direktur Pegadaian : Harga Emas Terus Tumbuh, Investasi Logam Mulia Makin Disukai
Elvi Rofiqotul Hidayah, Direktur Pemasaran dan Pengembangan Produk Pegadaian. (Lancaster/Bareksa)

Emas sangat kokoh untuk bisa melindungi nilai, tahan terhadap krisis, dan termasuk instrumen investasi yang terbesar yang diperdagangkan di dunia

Bareksa.com - Waktu telah membuktikan bahwa emas logam mulia menjadi salah satu instrumen investasi yang disukai. Tentu bukan tanpa alasan karena emas, seperti dikatakan Elvi Rofiqotul Hidayah, Direktur Pemasaran dan Pengembangan Produk Pegadaian memiliki sejumlah kelebihan yang salah satunya sebagai lindung nilai.

Mengapa perlu investasi emas hingga seperti apa potensi investasi emas khususnya pada tahun ini, berikut petikan wawancara Bareksa dengan Elvi Rofiqotul Hidayah, Direktur Pemasaran dan Pengembangan Produk Pegadaian :

Mengapa emas diminati sebagai instrumen investasi?

Promo Terbaru di Bareksa

Ada sejumlah alasan mengapa emas dipilih sebagai instrumen investasi. Pertama, emas termasuk 10 komoditi besar yang ditransaksikan di seluruh dunia.

Kedua, emas dari sisi harga termasuk dalam tujuh instrumen terbesar di dunia. Ketiga, sebagai alat lindung nilai yang sangat kuat terhadap krisis. Soal kebal terhadap krisis, misalnya saat krisis pada 2008 kemudian 2018 dan 2020, di mana emas membuktikan bahwa emas memberikan lindung nilai yang sangat kuat.

Jadi memang dibandingkan investasi-investasi yang lain, emas ini sangat kokoh untuk bisa melindungi nilai, tahan terhadap krisis, dan termasuk instrumen investasi yang terbesar yang diperdagangkan di dunia.

Indonesia kan memiliki asset resource yang cukup besar yakni termasuk 7 penghasil emas terbesar dunia. Maka sudah selayaknya kita sebagai warga Indonesia untuk investasinya dalam, salah satunya dalam bentuk emas. Tentu untuk tujuan jangka panjang.

Investasi Emas Sekarang, Klik di Sini

Apakah harga emas bisa mencapai Rp1,6 juta per gram pada tahun ini?

Harga emas saat ini memang secara year to date/YTD bisa sampai tumbuh 7% atau 6%-7%. Misalnya dari US$1.820 kemudian US$1.946 per troy ons dan ini disebabkan berbagai kondisi di mana salah satunya adalah ketidakpastian.

Dengan ketidakpastian membuat masyarakat atau para investor itu lebih melirik kepada emas dan hukum pasar berlaku. Semakin banyak supply dan demand, semakin banyak supply dan demand-nya tetap maka akan terjadi penurunan demikian juga apabila banyak demand sedangkan supply-nya itu tetap maka akan semakin tinggi.

Kemungkinan harga emas menjadi Rp1,6 juta (per gram) dalam hal ketidakpastian mungkin saja akan terjadi, kurang lebih demikian.

Faktor apa saja yang mendorong kenaikan harga emas di tahun 2023 ini?

Seperti yang saya sampaikan di awal itu tentu sangat tergantung hukum pasar dan banyak dipengaruhi faktor-faktor, yang pertama adalah inflasi, sebagaimana yang kita ketahui, inflasi saat ini di berbagai negara ini cukup tinggi sehingga membuat para investor yang ada di sana, ini membuat melirik emas untuk menjaga nilai dari investasinya.

Kedua adalah kebijakan suku bunga. Ketiga, nilai tukar dolar Amerika. Indonesia termasuk 7 negara penghasil emas terbesar dunia, tentu ini juga akan berdampak kepada kenaikan harga emas di Indonesia terutama di domestik.

Seperti apa gambaran naiknya minat berinvestasi emas yang dirasakan Pegadaian misalnya?

Hampir 80% kinerja Pegadaian itu didominasi oleh emas. Tentu ketika ada penambahan atau kenaikan harga emas ini sangat berdampak kepada kinerja dari Pegadaian.

Setiap hari kami melakukan evaluasi terhadap harga emas sehingga kebijakan, baik itu untuk kredit maupun investasi, tabungan emas ini bisa kita lakukan, kita monetize, kita monitor setiap harinya, dan kita berikan satu tool untuk bisa dilakukan sebagai guideline temen-temen di lapangan.

Tentu ini bisa berdampak sejak dari kenaikan harga itu, kita bisa melihat bahwa terdapat kenaikan kinerja Pegadaian terutama di produk investasi baik itu emas fisik maupun tabungan emas.

Investasi Emas Sekarang, Klik di Sini

Soal tabungan emas di Pegadaian sudah mulai ada peningkatan juga terutama untuk yang online, bagaimana Bu perkembangannya?

Iya. Untuk perkembangan di tabungan emas online kita gitu ya ini mengalami pergerakan yang cukup signifikan karena memang secara portofolio kemudahan-kemudahan yang diberikan dilayanan baik itu di partner dari Pegadaian, termasuk di dalamnya adalah Bareksa.

Kemudian juga di aplikasi Pegadaian yang lain, kita mengalami pertumbuhan di mana portofolionya ini sudah mendominasi 30%. Sudah naik dari sisi kuantitasnya tetapi pertumbuhannya sendiri sudah mendominasi 30%, dari total portofolio investasi yang ada di Pegadaian yang sebelumnya mungkin kita masih di bawah 10% ya.

Secara bertahap ini dengan dukungan awerness dengan para partnership juga dengan peminatnya masyarakat tentang edukasi emas, semakin penting karena emas termasuk 10 instrumen investasi yang terbesar baik itu dari sisi komoditasnya.

Instrumen investasinya ini terbesar yang dijual belikan secara global itu salah satunya adalah emas. Imbal balik yang terbesar terutama di saat krisis gitu ya, telah membuktikan, emas telah membuktikan kekuatannya tahan terhadap krisis 2008, krisis tahun 2018, 2020 pada saat pandemi kemarin dan terakhir saat ini pun gitu emas telah membuktikan kekuatannya.

Emas tetap survive dan menjadi safe haven dan alat pelindung nilai, itulah mengapa kita juga perlu mengedukasi kepada masyarakat untuk tetap berinvestasi sebagian dari portofolionya dengan menggunakan emas.

Berarti sudah terlihat peningkatan minat masyarakat terhadap investasi emas ?

Betul, sudah mulai kelihatan pertumbuhannya ke depannya juga dengan semakin mudah bertransaksi investasi.

Investasi Emas Sekarang, Klik di Sini

Mengenai waktu tepat investasi, apakah sekarang waktu tepat untuk mulai membeli emas?

Iya, dengan kondisi saat ini harga emas memang sedang dalam posisi positif tetapi kami juga menghimbau tentu mempertimbangkan tujuan dari investasi.

Jika emas untuk tujuan jangka pendek, tentu ini perlu mempertimbangkan fluktuatif yang seperti apa. Kami selalu mengedukasi investasi emas digunakan untuk tujuan jangka panjang.

Secara data, secara historis, investasi dalam jangka waktu sampai dengan 5 tahun, 10 tahun untuk kebutuhan investasi tersebut akan menjadi perlindungan kepada investor tersebut untuk bisa mencapai tujuannya.

Untuk para kawula muda yang ingin memiliki rumah tapi tidak ingin dengan cara mencicil, maka bisa investasi emas. Misalnya, rumah senilai 1 kilo atau 2 kilo emas maka nabungnya mulai dari berapapun gitu. Yang penting niatnya, disiplin sampai dengan masanya 1 kilo tercapai maka valuasinya akan bisa tercapai karena emas banyak yang disebut sebagai safe heaven, alat pelindung nilai gitu, kurang lebih begitu.

Tips cuan dalam investasi emas?

Kalau bisa untuk cuan di investasi emas, pertama tentu kita melihat tujuannya. Kalau untuk tujuan jangka panjang, harga emas sudah membuktikan ada kenaikan hampir sampai dengan 34% dalam waktu 5 tahun.

Dalam waktu 10 tahun ini, kalau dirata-ratakan sampai 45% per tahun tetapi untuk jangka panjang kenaikannya slowly, tapi pasti gitu sehingga ke depannya saya berharap edukasi yang kami lakukan itu selalu untuk tujuan jangka panjang bukan untuk tujuan jangka pendek.

Kalau untuk tujuan jangka pendek, mungkin bisa menggunakan instrument-instrumen investasi yang lain misalnya dalam hal trading ya.

Investasi Emas Sekarang, Klik di Sini

Investasi Emas di Bareksa Emas

Salah satu cara mudah investasi emas adalah dengan memanfaatkan fitur Bareksa Emas yang tersedia di Bareksa. Kamu bisa berinvestasi emas dari manapun dan kapanpun. Dalam menyediakan fitur Bareksa Emas, Bareksa bekerja sama dengan Pegadaian, Treasury, dan Indogold. Bareksa Emas sebagai alternatif pilihan investor untuk memiliki emas fisik yang bisa dibeli secara digital atau emas online.

Mitra pengelolaan emas di Bareksa Emas yaitu Treasury berlisensi sebagai pedagang emas digital dari Badan Pengawas Perdagangan Berjangka dan Komoditi (Bappebti) Kementerian Perdagangan. Sementara Pegadaian juga memiliki izin dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Promo Investasi Emas

Bagi Smart Investor yang konsisten investasi emas, ada Promo Top Investment Emas berhadiah Reksadana. Tersedia hadiah voucher reksadana senilai Rp25.000 untuk 100 investor pembeli tercepat dan hadiah 50 voucher reksadana senilai Rp100.000 untuk investor dengan pembelian terbesar. Catat kode promo dan minimal pembeliannya berikut ini.

Hadiah 100 Voucher Reksadana @ Rp25.000

Hadiah 50 Voucher Reksadana @ Rp100.000

Baca juga syarat dan ketentuan promonya berikut ini.

Syarat dan Ketentuan Promo Top Investment Emas Februari 2023

1. Periode promo berlaku dari tanggal 6 Februari 2023 pukul 00.01 WIB - 23 Februari 2023 pukul 23.59 WIB
2. Promo berlaku untuk pembelian produk Bareksa Emas dengan metode pembayaran apa saja dan memasukkan kode promo yang dipilih
3. Program promo tidak berlaku untuk karyawan Bareksa
4. Investor dengan nominal pembelian terbesar berhak mendapatkan hadiah
5. Satu investor hanya berhak memenangkan 1 (satu) jenis hadiah pada program promo dalam satu periode selama kuota tersedia
6. Pengumuman pemenang pada tanggal 11 April 2023 melalui media sosial Bareksa dan email kepada para pemenang tersebut
7. Hadiah atas promo ini tidak dapat diuangkan dan dipindahtangankan
8. Keputusan Bareksa menentukan pemenang atas promo ini bersifat mutlak dan tidak dapat diganggu gugat
9. Seluruh pajak hadiah atas promo ini akan ditanggung Bareksa
10. Bareksa memiliki hak untuk dapat membatalkan pemenang atas hadiah dari promo ini jika pemenang terbukti melakukan kecurangan, pelanggaran terhadap hukum sehubungan dengan keikutsertaannya dalam promo ini atau tidak dapat dihubungi.

Ayo lanjutkan perjalanan investasi emas dan raih financial freedom bersama Bareksa.

Investasi Emas Sekarang, Klik di Sini

(Martina Priyanti/hm)

***

Ingin investasi emas dan reksadana di Bareksa?

- Daftar jadi nasabah, klik tautan ini
- Beli reksadana, klik tautan ini
- Beli emas, klik tautan ini
- Download aplikasi reksadana Bareksa di App Store​
- Download aplikasi reksadana Bareksa di Google Playstore
- Belajar reksadana, klik untuk gabung Komunitas Bareksa di Facebook. GRATIS

DISCLAIMER

Fitur Bareksa Emas dikelola oleh PT Bareksa Inovasi Digital, berkerja sama dengan Mitra Emas berizin

Pilihan Investasi di Bareksa

Klik produk untuk lihat lebih detail.

Produk EksklusifHarga/Unit1 Bulan6 BulanYTD1 Tahun3 Tahun5 Tahun

Capital Fixed Income Fund

1.748,29

Up0,58%
Up3,53%
Up0,01%
Up7,70%
Up17,67%
Up43,61%

STAR Stable Income Fund

1.898,99

Up0,50%
Up2,86%
Up0,01%
Up6,45%
Up29,99%
Up62,18%

I-Hajj Syariah Fund

4.754,41

Up0,54%
Up2,81%
Up0,01%
Up6,47%
Up22,16%
Up40,57%

Syailendra Pendapatan Tetap Premium

1.753,99

Up0,56%
Up2,15%
Up0,01%
Up5,48%
Up20,25%
Up50,17%

Trimegah Dana Obligasi Nusantara

1.034,33

Up0,65%
Up1,63%
Up0,01%
Up2,65%
Down- 2,82%
-

Video Pilihan

Lihat Semua

Artikel Lainnya

Lihat Semua