Permintaan Emas Naik, Begini Cara Investasi Logam Mulia Buat Safe Haven

Sekarang kamu bisa berinvestasi emas dari manapun dan kapanpun melalui fitur Bareksa Emas di Bareksa
Hanum Kusuma Dewi • 25 Jan 2023
cover

Ilustrasi investasi emas logam mulia yang digambarkan dengan tumpukan emas batangan berbagai ukuran. (shutterstock)

Bareksa.com - Pamor emas sebagai salah satu safe haven pada tahun ini diprediksi banyak kalangan akan kinclong. Harga emas yang dinilai masih berpotensi terus naik, sebaiknya dijadikan momentum untuk mulai bahkan menambah investasi emas saat sekarang ini. Investor pun tak perlu repot pergi ke toko untuk membeli emas fisik, karena investasi emas online yang aman sudah tersedia di Bareksa Emas dengan mitra berizin. 

Harga Emas Hari ini, Rabu (25/1/2022) : 

Emas​​

Harga Beli

Emas pasar spot 

US$1.936,41 per troy ounce

Emas Treasury

Rp960.328  per gram

Emas Pegadaian

Rp977.000 per gram

Emas Antam

Rp1.040.000 per gram

*Data emas spot per pukul 06.32 WIB, Sumber : Logam Mulia, CNBC Indonesia, Bareksa

Investasi Emas Aman dan Mudah, Klik di Sini

Salah satu produsen emas di dalam negeri, PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) seperti dilansir Republika menyebutkan permintaan emas pada awal tahun 2023 cukup positif. Sekretaris Perusahaan Antam, Syarief Faisal Alkadrie mengatakan permintaan emas meningkat karena adanya kesadaran masyarakat berinvestasi emas. 

"Masyarakat sudah mulai sadar pentingnya investasi emas, terlebih di saat kondisi ketidakpastian perekonomian global saat ini," kata Faisal. Lebih lanjut Faisal menyampaikan emas yang diprediksi masih akan menjadi salah satu pilihan utama konsumen untuk berinvestasi di tengah-tengah ketidakpastian global. Terkait itu dinilai harga emas akan cenderung bullish seiring permintaan yang tinggi. 

Emas Masih jadi Safe Haven

Faisal menyatakan bahwa potensi resesi global pada tahun ini, cenderung membuat emas lebih menarik sebagai instrumen investasi, mengingat emas merupakan salah satu safe-haven asset. "Sifat emas yang merupakan instrumen investasi yang memiliki sifat lindung nilai menjadi pilihan bagi masyarakat baik untuk investasi jangka panjang, maupun jangka menengah," jelas Faisal. 

Pendapat senada dikatakan Senior Analis DCFX, Lukman Leong. Seperti dilansir Republika, ia mengatakan bahwa harga emas sangat positif dan masih akan bersinar ke depannya. "Emas masih sangat positif dan akan sangat bersinar sebagai status safe haven di tengah kemerosotan ekonomi dan ketidakpastian geopolitikal global," kata Lukman. 

Soal sempat melemahnya harga emas beberapa waktu lalu, Lukman memperkirakan karena pertumbuhan ekonomi China yang melambat menjadi salah satu sentimen negatif. Namun, ia melanjutkan sebenarnya harga emas masih cukup stabil dan tidak berubah banyak sejak tahun kemarin. 

Ia menyampaikan harga emas sempat naik tinggi sebagai dampak adanya invasi Rusia ke Ukraina, hingga emudian turun tajam tertekan oleh kebijakan kenaikan suku bunga yang agresif oleh bank sentral dunia terutama the Fed atau Bank Sentral Amerika, dalam usaha memerangi inflasi. "Namun harga emas rebound besar di kuartal akhir 2022 oleh kekuatiran resesi di 2023," imbuhnya.

Lukman menilai harga emas pada tahun ini akan didukung oleh permintaan baik safe haven dari safe haven investor (ritel) dan bank sentral. Makanya, investor masih belum telat membeli emas di harga sekarang juga. Menurutnya, harga emas berpotensi paling tidak akan naik ke US$2.100 per troy ounce. 

Menurutnya, investor bisa menikmati kemudahan investasi emas yang tidak secara fisik namun dalam bentuk kontrak atau emas digital. 

Investasi Emas Aman dan Mudah, Klik di Sini

Investasi Emas dengan Penyimpanan Aman

Emas sudah sejak lama menjadi aset untuk penyimpan kekayaan. Secara harfiah, orang kaya menumpuk logam mulia dalam bentuk emas batangan untuk menjadi aset kekayaan. 

Namun, menyimpan emas batangan di rumah memiliki banyak risiko. Karena bisa saja emas dicuri atau hilang karena bentuknya yang kecil. 

Solusinya, kini sudah ada fitur Bareksa Emas yang memungkinkan kamu menyimpan logam mulia emas sebagai aset investasi. Tidak perlu ragu membeli emas online di Bareksa karena investasi ini ada fisiknya yang tersimpan di mitra pengelola emas berizin.

Smart Investor yang merupakan investor pemula sekalipun bisa dengan mudah berinvestasi emas. Hanya dengan menggunakan smartphone, kamu bisa membelinya secara online seperti lewat fitur Bareksa Emas di Bareksa.​

Kamu bisa berinvestasi emas dari manapun dan kapanpun. Dalam menyediakan fitur Bareksa Emas,  Bareksa bekerja sama dengan mitra pengelola emas berizin seperti Pegadaian, Treasury, dan Indogold. Bareksa Emas sebagai alternatif pilihan investor untuk memiliki emas fisik yang bisa dibeli secara digital atau emas online. 

Mitra pengelolaan emas di Bareksa Emas, berlisensi sebagai pedagang emas digital dari Badan Pengawas Perdagangan Berjangka dan Komoditi (Bappebti) Kementerian Perdagangan atau Otoritas Jasa Keuangan.

Berikut 6 keunggulan investasi emas online di Bareksa Emas. 

1. Praktis, 100 persen Online

Mulai dari pendaftaran, transaksi jual dan beli, hingga tarik fisik emas bisa kamu lakukan tanpa harus keluar rumah.

2. Mulai dari Rp50.000

Bebas cemas memulai investasi dengan harga yang sangat terjangkau. Minimum pembelian emas di Bareksa hanya Rp50.000.

3. Pergerakan Harga Stabil

Smart investor tak perlu memantau setiap saat, sebab harga emas cenderung naik secara stabil dari tahun ke tahun. Investasi emas juga bisa menjadi pelindung aset kita (hedging) dari gerusan inflasi.

4. Pelengkap Aset Investasi

Daftar akun Bareksa sekali, sudah bisa beli emas, reksadana dan SBN dalam satu aplikasi. Dengan begitu, smart investor bisa meminimalisir risiko investasi dengan diversifikasi aset investasimu.

5. Tempat Penyimpanan Aman

Kesulitan menyimpan emas fisik? Takut hilang disimpan di lemari? Bareksa Emas menyimpan emasmu di Mitra Emas kami yaitu PT Pegadaian (Persero) dan PT Indogold Solusi Gadai

6. Terdaftar dan Diawasi Regulator

Tabungan emas smart investor di Bareksa Emas disimpan di tempat penyimpanan emas Indogold & Pegadaian yang sudah mendapatkan izin dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan nomor KEP-50/NB.1/2018. Sementara Treasury juga sudah resmi telah mendapat lisensi pedagang emas digital dan telah terdaftar di BAPPEBTI dengan nomor dengan nomor 001/BAPPEBTI/P-ED/12/2021.

Promo Investasi Emas di Bareksa

Menyambut tahun baru 2023, Smart Investor tentu punya resolusi keuangan yang ingin dicapai. Sebelumnya, pengalaman investasi emas di tahun 2022 bisa menjadi pelajaran berharga untuk melanjutkan meraih financial freedom di masa depan. 

Bareksa hadir menemani perjalanan investasi Smart Investor, sekaligus memberikan promo yang membuat makin semangat. Untuk pembelian emas logam mulia di Bareksa, Smart Investor bisa meraih reksadana hingga Rp150.000 sesuai dengan level investor saat ini. 

Catat kode promonya sesuai level investasi berikut ini :

Rookie

  • Minimal pembelian emas Rp500.000
  • Hadiah voucher reksadana @ Rp25.000 untuk 50 investor pembeli tercepat
  • Hadiah voucher reksadana @ Rp25.000 untuk 50 investor pembeli terbesar
  • Kode promo: SGOLD25

Secure & Wealthy

  • Minimal pembelian emas Rp1 juta
  • Hadiah voucher reksadana @ Rp75.000 untuk 50 investor pembeli tercepat
  • Hadiah voucher reksadana @ Rp75.000 untuk 50 investor pembeli terbesar
  • Kode promo: SGOLD75

Rich & Freedom

  • Minimal pembelian Rp2,5 juta
  • Hadiah voucher reksadana @ Rp150.000 untuk 25 investor pembeli tercepat
  • Hadiah voucher reksadana @ Rp150.000 untuk 25 investor pembeli terbesar
  • Kode promo: SGOLD150

Kalau sudah catat kode promonya, simak syarat dan ketentuan promo berikut ini :

Syarat dan Ketentuan Promo Cerita Investasi Emas 

1. Periode promo berlaku dari tanggal 11 Januari 2023 pukul 00.01 WIB - 31 Januari 2023 pukul 23.59 WIB
2. Promo berlaku untuk pembelian produk emas di Bareksa dengan metode pembayaran apa saja dan memasukkan kode promo yang dipilih sesuai dengan level investasi dari investor
3. Program promo tidak berlaku untuk karyawan Bareksa
4. Investor dengan nominal pembelian tercepat atau terbesar berhak mendapatkan hadiah5. Satu investor hanya berhak memenangkan 1 (satu) jenis hadiah pada program promo dalam satu periode selama kuota tersedia
6. Pengumuman pemenang pada tanggal 17 Februari 2023 melalui media sosial Bareksa dan email kepada para pemenang tersebut
7. Hadiah atas promo ini tidak dapat diuangkan dan dipindah tangankan
8. Keputusan Bareksa menentukan pemenang atas promo ini bersifat mutlak dan tidak dapat diganggu gugat
9. Seluruh pajak hadiah atas promo ini akan ditanggung Bareksa
10. Bareksa memiliki hak untuk dapat membatalkan pemenang atas hadiah dari promo ini jika pemenang terbukti melakukan kecurangan, pelanggaran terhadap hukum sehubungan dengan keikutsertaannya dalam promo ini atau tidak dapat dihubungi

Ayo lanjutkan perjalanan investasi emas dan raih financial freedom bersama Bareksa.

Investasi Emas Aman dan Mudah, Klik di Sini

(Martina Priyanti)

***

Ingin investasi emas dan reksadana di Bareksa? 

- Daftar jadi nasabah, klik tautan ini
- Beli reksadana, klik tautan ini
- Beli emas, klik tautan ini
- Download aplikasi reksadana Bareksa di App Store​
- Download aplikasi reksadana Bareksa di Google Playstore
- Belajar reksadana, klik untuk gabung Komunitas Bareksa di Facebook. GRATIS

DISCLAIMER

Kinerja masa lalu tidak mencerminkan kinerja di masa mendatang. Investasi reksadana mengandung risiko. Investor wajib membaca dan memahami prospektus dan fund fact sheet dalam berinvestasi reksadana.