Harga Emas Memanas di Atas US$1.800, Survei Analis Memprediksi Tren Bullish

Hasil survei menunjukkan 67% analis bersikap bullish terhadap emas dalam waktu dekat
Abdul Malik • 05 Dec 2022
cover

Ilustrasi harga emas batangan atau emas logam mulia yang meroket. (Shutterstock)

Bareksa.com - Emas mengawali Desember 2022 dengan kilau cemerlang dan semakin “memanas”. Harga logam mulia mengakhiri pekan lalu dengan level yang solid di atas US$1.800, sesuai prediksi sebelumnya, mendekati level tertingginya dalam lebih dari 3 bulan. Dilansir Kitco News (2/12/2022), kenaikan harga emas tersebut menciptakan tren bullish di logam mulia. 

Survei mingguan Kitco News terhadap sejumlah analis menemukan bahwa para analis Wall Street dan investor ritel Main Street secara signifikan memprediksi tren bullish pada emas dalam waktu dekat, karena pasar melihat momentum bullish teknis yang solid.

Reli emas dimulai pada Rabu pekan lalu, ketika Ketua Federal Reserve Jerome Powell mengatakan mungkin tepat bagi bank sentral AS untuk memperlambat laju pengetatan moneter pada Desember. Pada saat yang sama, analis juga mengatakan kekhawatiran resesi yang berkembang juga memberikan dorongan bagi aset safe-haven seperti emas.

Colin Cieszynski, kepala strategi pasar di SIA Wealth Management, mengatakan tetap bullish pada emas meskipun kenaikan suku bunga terus mendukung dolar AS. "Investor mulai menyadari emas masih merupakan aset defensif yang penting. Itu terus memainkan perannya sebagai penyimpan nilai," ungkapnya dilansir Kitco News.

Adam Button, kepala strategi mata uang di Forexlive.com, mengatakan emas juga diuntungkan oleh faktor musiman yang positif karena permintaan meningkat menjelang liburan. "Tren musiman pembelian emas pada Desember dimulai sejak hari pertama bulan itu. Dengan pernyataan The Fed dan dolar AS meluncur, jadi sentimen positif untuk emas," katanya.

Pada pekan I Desember 2022, 18 analis Wall Street berpartisipasi dalam Survei Emas Kitco News. Hasilnya 12 analis, atau 67% bersikap bullish terhadap emas dalam waktu dekat dan 6 analis atau 33% bersikap bearish untuk pekan I atau pekan kedua Desember. Tidak ada suara netral dalam survei tersebut.

Sementara itu, 1.018 suara diberikan dalam jajak pendapat online Main Street. Dari jumlah tersebut, 715 responden atau 70%, memperkirakan harga emas akan naik pekan ini. 188 lainnya atau 18%, mengatakan harga emas akan lebih rendah, sementara 115 responden atau 11% bersikap netral atas harga emas dalam waktu dekat.

Daya Tarik Emas

Emas sering dilirik orang ketika ada ketegangan politik atau perekonomian sedang buruk karena harganya relatif stabil. Tidak hanya itu, harga logam mulia ini bisa naik setiap tahun. Emas juga tergolong instrumen investasi yang sangat likuid alias mudah dicairkan menjadi uang tunai. Tidak heran juga bahwa logam kuning ini sering dijadikan jaminan pinjaman.

Apakah saat ini waktu yang tepat untuk mulai dan atau menambah nilai investasi emas? Tidak ada jawaban pasti, sebab prinsipnya investasi emas bisa dilakukan kapan saja saat Kamu memiliki dananya. Selain itu, investasi emas disarankan sebaiknya untuk jangka panjang. 

Kamu ingin beli emas? Sekarang membeli emas semakin mudah. Kamu tidak hanya bisa membeli emas di toko, tetapi juga secara online melalui smartphone. Emas digital seperti emas Treasury yang juga tersedia di Bareksa dalam fitur Bareksa Emas.

Investasi Emas di Bareksa Emas

Salah satu cara mudah investasi emas adalah dengan memanfaatkan fitur Bareksa Emas yang tersedia di Bareksa. Kamu bisa berinvestasi emas dari manapun dan kapanpun karena transaksi dilakukan secara online. Apalagi, Bareksa Emas saat ini menyambut mitra terbaru, yaitu Treasury sebagai alternatif pilihan investor untuk memiliki emas fisik yang bisa dibeli secara digital atau emas online

Emas Treasury menawarkan harga yang kompetitif, mudah dan aman. Treasury telah berlisensi sebagai Pedagang Emas Digital dari Badan Pengawas Perdagangan Berjangka dan Komoditi (Bappebti) Kementerian Perdagangan. 

Promo Investasi Emas

Seiring positifnya prediksi tren harga emas yang dinilai sedang bullish berdasarkan hasil survei analis, Smart Investor juga berpeluang meraih double cuan. Yakni cuan dari potensi keuntungan dari investasi emas, dan cuan dari hadiah karena berinvestasi logam mulai di Bareksa Emas. 

Bareksa dan Treasury saat ini mengadakan Promo 12.12 FundFest Bareksa Emas Treasury berhadiah menarik untuk investor baru maupun investor setia. Tersedia hadiah voucher emas senilai Rp50.000 untuk investor baru dan voucher emas Rp250.000, Rp100.000 dan Rp50.000 untuk investor pembeli terbesar. Catat minimal pembelian dan kode promonya berikut ini :

Hadiah 100 Voucher Emas Treasury Rp50.000

  • Khusus transaksi pertama emas minimal Rp250.000

  • Kode promo : FIRSTT12

Hadiah 10 Voucher Emas Treasury Rp250.000

  • Minimal pembelian emas Rp2,5 juta

  • Kode promo : 12TREA250

Hadiah 15 Voucher Emas Treasury Rp100.000

  • Minimal pembelian emas Rp1 juta

  • Kode promo : 12TREA100

Hadiah 30 Voucher Emas Treasury Rp50.000

  • Minimal pembelian emas Rp500.000

  • Kode promo : 12TREA50

Simak juga syarat dan ketentuan promo FundFest 12.12 Bareksa Emas Treasury berikut ini :

 Syarat dan Ketentuan Promo FundFest 12.12 Bareksa Emas Treasury

1. Periode promo  5 - 31 Desember 2022
2. Berlaku KHUSUS untuk pembelian Bareksa Emas TREASURY dengan metode pembayaran apa saja dengan memasukan kode promo yang dipilih
3. Program promo tidak berlaku untuk karyawan Bareksa
4. Investor dengan nominal pembelian terbesar berhak memenangkan hadiah
5. Satu investor hanya berhak memenangkan satu jenis hadiah pada program promo dalam satu periode selama kuota tersedia
6. Bareksa akan mengumumkan pemenang pada tanggal 21 Januari 2023 melalui sosial media Bareksa dan email
7. Hadiah tidak dapat diuangkan dan dipindah tangankan
8. Keputusan Bareksa menentukan pemenang bersifat mutlak dan tidak dapat diganggu gugat
9. Seluruh pajak hadiah ditanggung Bareksa
10. Bareksa dapat membatalkan pemenang jika investor terbukti melakukan kecurangan, atau tidak dapat dihubungi

Ingin dapat cuan dari investasi emas yang harganya sedang mamanas sekaligus dapat hadiah promonya? Yuk cuss segera investasi emas di Bareksa Emas.

(AM)

* * * 

Investasi Sekarang

Ingin berinvestasi aman di emas dan reksadana secara online yang diawasi OJK?

- Daftar jadi nasabah, klik tautan ini
- Beli reksadana, klik tautan ini
- Beli emas, klik tautan ini
- Download aplikasi reksadana Bareksa di App Store​
- Download aplikasi reksadana Bareksa di Google Playstore
- Belajar reksadana, klik untuk gabung Komunitas Bareksa di Facebook. GRATIS

DISCLAIMER​

Fitur Bareksa Emas dikelola oleh PT Bareksa Inovasi Digital, berkerja sama dengan Mitra Emas berizin.