BeritaArrow iconEmasArrow iconArtikel

Tips Investasi Emas untuk Siapkan Dana Pensiun Biar Sejahtera di Masa Tua

Abdul Malik01 November 2022
Tags:
Tips Investasi Emas untuk Siapkan Dana Pensiun Biar Sejahtera di Masa Tua
Ilustrasi lansia yang bahagia di usia pensiun karena menyiapkan dana pensiun dengan menabung emas. (Shutterstock)

Pastikan kamu membeli emas di tempat terpercaya misalnya di Bareksa Emas

Bareksa.com - Menyiapkan dana pensiun di usia muda kadang bukan menjadi prioritas, apalagi buat para generasi sandwich. Tak perlu khawatir, di tengah tuntutan dan kebutuhan yang menghimpit penghasilan bulanan, kamu masih bisa menyiapkan masa tua sejahtera dengan investasi, salah satunya di instrumen emas.

Melansir laman resmi Sikapi Uangmu OJK, sandwich generation atau generasi sandwich pertama kali diperkenalkan oleh Dorothy A. Miller (1981), seorang profesor sekaligus direktur praktikum Universitas Kentucky, Lexington, Amerika Serikat (AS). Menurutnya, generasi sandwich merupakan generasi orang dewasa yang harus menanggung hidup tiga generasi yaitu orang tuanya, dirinya sendiri, dan anaknya.

Makanya kondisi tersebut dianalogikan seperti sandwich, yaitu sepotong daging terhimpit oleh 2 buah roti. Roti tersebut diibaratkan sebagai orang tua (generasi atas) dan anak (generasi bawah), sedangkan isi utama sandwich berupa daging, mayonnaise, dan saus yang terhimpit oleh roti diibaratkan bagai diri sendiri.

Promo Terbaru di Bareksa

Agar kondisi ini tidak menjadi warisan ke anak cucu Kamu, saatnya Kamu mulai mengatur dan merencanakan keuangan di masa depan. Berinvestasi bisa menjadi salah satu cara untuk menyiapkan dana pensiun.

Nah, investasi emas bisa jadi satu pilihan untuk menyiapkan dana pensiun. Banyak kalangan menilai investasi emas cocok untuk investasi jangka panjang, minimal 5 tahun.

Mengapa emas bisa dijadikan salah satu instrumen investasi untuk menyiapkan dana pensiun? Logam mulia ini memiliki sejumlah kelebihan. Antara lain, harga emas terus naik setiap tahun, tahan terhadap inflasi, mudah dicairkan, dan mudah untuk investasi serta bisa dilakukan oleh siapa saja.

Melansir laman Galeri24, ada sejumlah cara investasi emas untuk menyiapkan dana pensiun yakni:

1. Hitung Target Masa Pensiun

Cara membeli emas untuk dana pensiun,pertama, yaitu dengan menghitung target masa pensiun kamu. Misalnya, pada saat ini Kamu berusia 25 tahun, rencananya akan pensiun di usia 60 tahun.

Dengan begitu Kamu masih punya waktu selama 35 tahun untuk berinvestasi emas. Dengan waktu yang relatif panjang, Kamu bisa memulai menabung emas dari nilai kecil.

2. Beli Emas Saat Harga sedang Murah

Kemudian dalam rentang waktu 35 tahun itu, pastikan jika Kamu selalu memantau harga emas terbaru. Jika sedang turun, cobalah segera membeli emas.

3. Konsisten Investasi

Walau masa pensiun masih lama, tapi Kamu menyiapkannya sejak sekarang adalah pilihan tepat. Justru dengan begitu Kamu bisa menabung emas sedikit demi sedikit.

Alhasil, pendapatan Kamu sekarang tak perlu dialokasikan terlalu besar untuk membeli emas. Untuk itu kamu perlu konsisten biar tenang menghadapi masa pensiun.

Keempat, Alokasi Dana Investasi Setiap Bulan
Cara membeli emas untuk dana pensiun selanjutnya, yaitu mengalokasikan pendapatan per bulan untuk membeli emas. Tak perlu besar, asal dilakukan terus menerus.

5. Beli Emas di Tempat Terpercaya

Kemudian, Kamu pastikan membeli emas di tempat terpercaya. Jika membeli di tempat yang asal usulnya tak jelas, Kamu rentan untuk ditipu.

Investasi Emas di Bareksa Emas

Tertarik investasi emas untuk dana pensiun? Saat ini investasi emas tidak memerlukan modal besar terutama jika melakukannya dengan emas fisik secara digital. Beli emas fisik secara online, di fitur Bareksa Emas di Bareksa misalnya, Kamu dapat membeli emas dengan modal mulai dari Rp50.000.

Jika tidak ingin repot membeli emas di toko, Kamu bisa memanfaatkan fitur jual beli emas online yang kini sudah tersedia di Bareksa Emas, yang bisa diakses melalui aplikasi Bareksa yang tersedia untuk ponsel (handset) berbasis iOS dan Android.

Di Bareksa Emas,Bareksa telah bermitra dengan pedagang emas online yang menyediakan fasilitas titipan atau gadai, yaitu Pegadaian, Indogold, dan Treasury. Mitra pengelola emas Bareksa Emas sudah mendapat izin dari regulator yaitu OJK ataupun Bappebti.

Emas yang diperjualbelikan Bareksa melalui fitur Bareksa Emas adalah logam mulia dengan kadar 99,99% yang diproduksi oleh ANTAM dan UBS. Emas batangan produksi ANTAM dan UBS sudah sering dijadikan alat investasi sehingga tidak perlu diragukan lagi keasliannya.

(Martina Priyanti/HM)

***

​​​​Ingin berinvestasi aman di emas dan reksadana secara online yang diawasi OJK?

- Daftar jadi nasabah, klik tautan ini
- Beli reksadana, klik tautan ini
- Beli emas, klik tautan ini
- Download aplikasi reksadana Bareksa di App Store​
- Download aplikasi reksadana Bareksa di Google Playstore
- Belajar reksadana, klik untuk gabung Komunitas Bareksa di Facebook. GRATIS

DISCLAIMER​

Fitur Bareksa Emas dikelola oleh PT Bareksa Inovasi Digital, berkerjasama dengan Mitra Emas berizin.

Pilihan Investasi di Bareksa

Klik produk untuk lihat lebih detail.

Produk EksklusifHarga/Unit1 Bulan6 BulanYTD1 Tahun3 Tahun5 Tahun

Trimegah Dana Tetap Syariah

1.314,36

Up0,41%
Up3,60%
Up0,02%
Up5,91%
Up19,01%
-

Capital Fixed Income Fund

1.764,83

Up0,56%
Up3,41%
Up0,02%
Up7,22%
Up17,48%
Up42,87%

STAR Stable Income Fund

1.915,81

Up0,53%
Up2,89%
Up0,02%
Up6,25%
Up30,81%
Up60,29%

Syailendra Pendapatan Tetap Premium

1.757

Down- 0,19%
Up3,05%
Up0,01%
Up4,62%
Up19,15%
Up47,74%

Trimegah Dana Obligasi Nusantara

1.038,38

Up0,12%
Up2,03%
Up0,02%
Up2,94%
Down- 1,75%
-

Video Pilihan

Lihat Semua

Artikel Lainnya

Lihat Semua