Tips Dapat Cuan Investasi Emas untuk Investor Pemula

Investor perlu memahami emas tergolong investasi jangka menengah dan panjang atau setidakya minimal 5 tahun
Hanum Kusuma Dewi • 11 Aug 2022
cover

Ilustrasi investasi emas batangan atau logam mulia. (Shutterstock)

Bareksa.com - Emas bisa jadi salah satu instrumen investasi baik bagi investor kawakan yang ingin melakukan diversifikasi maupun bagi investor pemula sekalipun. Catatan awalnya, asalkan sesuai dengan karakter investasi emas yang sebaiknya untuk jangka panjang.

Saat ini cara untuk memulai investasi emas, salah satunya dengan investasi emas online seperti melalui fitur Bareksa Emas di super app investasi Bareksa. Investor tidak perlu lagi pergi ke toko emas membawa sejumlah uang dan membeli logam mulia.

Membeli emas secara online dapat dilakukan dengan cara bertahap atau dalam ukuran kecil. Contohnya, nilai pembelian emas di Bareksa Emas dimulai dari Rp50.000 atau ukuran mulai dari 0,1 gram saja. Kelebihan inilah yang bisa dimanfaatkan oleh investor pemula yang masih memiliki keterbatasan dana untuk investasi.

Lalu biar cuan atau dapat keuntungan, bagaimana sebaiknya investasi emas untuk investor pemula? Nah, berikut lima cara investasi emas khususnya logam mulia atau emas batangan bagi investor pemula yang Bareksa rangkum dari berbagai sumber:

1. Tentukan Tujuan

Apakah Anda merupakan investor yang ingin keuntungan cepat dan besar dalam waktu singkat? Pahami dulu bahwa setiap investasi dengan potensi keuntungan yang besar dalam waktu cepat juga punya risiko yang besar.

Termasuk dengan berinvestasi emas secara online, investor perlu memahami bahwa emas tergolong investasi untuk jangka menengah dan panjang. Setiap hari harganya memang bisa naik atau turun, tapi nilainya tidak signifikan, terlebih bila nilai investasi emas Anda masih tergolong kecil.

Namun, dalam jangka panjang, menurut data historis, harga emas cenderung naik. Makanya, instrumen investasi yang dinilai banyak kalangan kebal akan gejolak inflasi ini bisa dimanfaatkan untuk melindungi nilai kekayaan, yakni untuk berinvestasi dalam waktu yang relatif lama sekitar 5 tahun.

2. Selalu Memantau Harga

Emas online bisa dibeli kapanpun dan di manapun Anda berada, selama ponsel terhubung ke internet. Tidak ada batasan jam operasional. Meskipun mudah, cara investasi emas online bagi investor pemula tetap harus memantau harga emas karena memang nilainya fluktuatif.

Belilah emas saat harga emas rendah dan juallah saat harga naik. Cara investasi emas online bagi pemula, jangan sampai menjual emas saat harganya di bawah harga beli karena itu bisa membuat Anda merugi.

Pastikan untuk meluangkan waktu melihat perkembangan harga emas hari ini. Bila salah dalam memilih momentum beli dan jual, risiko investasi menjadi tanggung jawab investor.

Grafik Harga Beli Emas Pegadaian di Bareksa Emas

Sumber: Bareksa

3. Membandingkan Harga

Selanjutnya, saat investasi emas online, investor pemula juga perlu membandingkan emas dari platform satu dengan platform yang lain. Cara investasi emas online bagi pemula ini akan memiliki pertimbangan untuk membeli emas atau menjual, sehingga bisa mendapatkan harga terbaik. Di Bareksa Emas pun tersedia emas dari beberapa mitra pengelola emas yang bisa dipilih. 

4. Tidak Buru-buru

Dalam investasi emas online bagi pemula diperlukan kesabaran dan kejelian, tidak harus buru-buru beli atau bahkan jual emas dalam jumlah banyak sekaligus. Perlu diingat, cara investasi emas online bagi pemula tergolong investasi jangka menengah dan panjang. Bila ingin dapat untung besar, maka jangan berpikir untuk jual langsung banyak.

Dengan melakukan riset dan harganya sesuai, mungkin Anda baru bisa memutuskan untuk beli atau jual banyak.

5. Memilih Tempat yang Tepat

Banyak platform penyedia investasi emas dan tabungan emas digital, maka dari itu cara investasi emas online bagi pemula jangan sampai salah memilih tempat investasi. Perhatikan betul perusahaan yang menjalankan platform investasi dan track recordnya.

Anda sebagai investor perlu memastikan keamanan dan sejauh mana jaminan atau garansi investasi Anda. Periksa kembali perizinan yang dimiliki penyedia jasa investasi emas apakah sudah tercatat resmi atau belum. Bareksa Emas bekerja sama dengan mitra pengelola emas yang telah memiliki izin dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) untuk gadai dan penitipan emas. 

Dengan mempehatikan ulasan tersebut, apakah Anda sudah yakin dan siap investasi logam mulia?

Beli Emas di Bareksa

Beli emas sekarang semakin mudah karena sudah tersedia secara online di dalam super app investasi Bareksa. Dalam fitur Bareksa EmasBareksa bekerja sama dengan mitra pengelola emas yang sudah berizin Otoritas Jasa Keuangan (OJK) yaitu Pegadaian. Emas yang tersedia di Bareksa Emas memiliki fisik berupa emas batangan atau emas Antam dengan fasilitas titipan. 

Agar Smart Investor makin semangat berinvestasi emas, Bareksa dan Pegadaian mengadakan Promo Gold Get Gold. Dengan membeli emas logam mulia senilai minimal Rp500.000, Smart Investor berkesempatan meraih Tabungan Emas senilai hingga Rp5 juta. 

Untuk berpartisipasi dalam promo ini, saat transaksi di Bareksa Emas, gunakan kode promo GETGOLD

Simak juga syarat dan ketentuannya berikut ini. 

Syarat dan Ketentuan Promo Gold Get Gold

1. Periode promo 3 Agustus - 22 Agustus 2022

2. Berlaku khusus untuk pembelian Bareksa Emas Pegadaian dengan metode pembayaran apa saja dengan memasukan kode promo GETGOLD

3. Program promo tidak berlaku untuk karyawan Bareksa

4. Nasabah dengan pembelian terbesar berhak memenangkan hadiah

5. Satu nasabah hanya berhak memenangkan satu jenis hadiah pada program promo dalam satu periode selama kuota tersedia

6. Bareksa akan mengumumkan pemenang pada tanggal 13 September 2022 melalui sosial media Bareksa dan email. 

7. Hadiah tidak dapat diuangkan dan dipindah tangankan

8. Keputusan Bareksa menentukan pemenang bersifat mutlak dan tidak dapat diganggu gugat.

9. Seluruh pajak hadiah ditanggung Bareksa

10. Bareksa dapat membatalkan pemenang jika nasabah terbukti melakukan kecurangan, atau tidak dapat dihubungi.

Segera investasi emas di Bareksa Emas, dan raih hadiahnya!

(Martina Priyanti/hm)

***

Ingin berinvestasi aman di emas dan reksadana secara online yang diawasi OJK?

- Daftar jadi nasabah, klik tautan ini
- Beli reksadana, klik tautan ini
- Beli emas, klik tautan ini
- Download aplikasi reksadana Bareksa di App Store​
- Download aplikasi reksadana Bareksa di Google Playstore
- Belajar reksadana, klik untuk gabung Komunitas Bareksa di Facebook. GRATIS

DISCLAIMER​

Fitur Bareksa Emas dikelola oleh PT Bareksa Inovasi Digital, berkerja sama dengan Mitra Emas berizin.