Turun Dua Pekan Beruntun, Harga Emas Hari Ini Makin Murah Bunda

Harga emas spot hari ini pukul 14.24 WIB di US$1.822,7 per ounce, sepanjang pekan ini harga emas turun 0,9 persen
Abdul Malik • 24 Jun 2022
cover

Ilustrasi perempuan investor yang memborong emas batangan (logam mulia) dan membelinya di harga rendah atau murah, sehingga berpotensi meraih cuan di masa mendatang. (Shutterstock)

Bareksa.com - Harga emas hari ini semakin murah bunda. Tercatat penurunan harga logam mulia di pasar global secara mingguan, sudah berlangsung dalam dua pekan terakhir secara beruntun. Penurunan itu akibat kekhawatiran atas kenaikan suku bunga. 

Dilansir Reuters, harga emas spot hari ini (24/6/2022) pukul 14.24 WIB di harga US$1.822,7 per ounce, sedikit naik dari level terendahnya dalam sepekan US$1.820 per ounce. Meski begitu, sepanjang pekan ini harga emas turun 0,9 persen. Emas berjangka AS turun 0,3 persen jadi US$1,824.

Ketua Bank Sentral Amerika Serikat (AS), Federal Reserve (The Fed), Jerome Powell kepada anggota parlemen menyatakan komitmennya untuk mengekang inflasi dari level tertingginya dalam 40 tahun terakhir. Meskipun dia mengakui suku bunga acuan yang tinggi dan naik tajam bisa mendorong kenaikan angka pengangguran di Negeri Paman Sam. 

“Dolar AS tetap kuat dan ekspektasi sekarang condong ke arah kenaikan suku bunga acuan The Fed 75 basis poin pada Juli,” kata analis pasar senior City Index, Matt Simpson dilansir Reuters (24/6/2022).

Indeks dolar yang sedikit lebih rendah, membuat emas yang dihargakan dengan greenback lebih murah bagi pembeli yang memegang mata uang selain dolar AS. Imbal hasil acuan Obligasi Pemerintah AS 10-tahun juga turun tipis, kemungkinan bisa mendukung permintaan emas. Suku bunga dan imbal hasil obligasi AS yang lebih tinggi akan meningkatkan biaya memegang emas batangan, sebagai aset yang tidak menghasilkan bunga. 

"Emas terlihat rentan dalam waktu dekat, mengingat ketidakmampuannya untuk menembus harga US$1.850, rata-rata 200 hari, pekan ini," kata Simpson. "jika bukan karena pasar khawatir soal ancaman resesi global, maka harga emas kemungkinan akan lebih rendah. dari yang sudah ada,” dia mengungkapkan, 

SPDR Gold Trust, ETF emas terbesar di dunia, mengatakan kepemilikan emasnya turun 0,81 persen menjadi 1.063,07 ton pada Kamis dari 1.071,77 ton sehari sebelumnya. 

Harga Beli Emas Pegadaian

Senada dengan harga emas global, harga beli emas Pegadaian hari ini, Jumat (24/6) di fitur Bareksa Emas juga menurun jadi Rp918.000 per gram dibandingkan Kamis di Rp923.000 per gram. Sepekan terakhir, atau dibandingkan Jumat pekan lalu yang seharga Rp922.000 per gram, harga beli emas Pegadaian hari ini turun Rp4.000. 

Sumber : Bareksa

Perlu dicatat, emas adalah instrumen investasi yang cocok untuk jangka panjang dan sarana lindung nilai dari inflasi. Investasi logam mulia ini juga ada selisih harga beli dan harga jual, sehingga investor sangat disarankan jika berniat menjual emas, hanya ketika harga jualnya sudah lebih tinggi dari harga ketika membeli emas

​Pengen dapat cuan dari kilaunya emas? Yuk cuss segera investasi!

Investasi Sekarang

(AM)

***

Ingin berinvestasi aman di emas dan reksadana secara online yang diawasi OJK?

- Daftar jadi nasabah, klik tautan ini
- Beli reksadana, klik tautan ini
- Beli emas, klik tautan ini
- Download aplikasi reksadana Bareksa di App Store​
- Download aplikasi reksadana Bareksa di Google Playstore
- Belajar reksadana, klik untuk gabung Komunitas Bareksa di Facebook. GRATIS

DISCLAIMER​

Fitur Bareksa Emas dikelola oleh PT Bareksa Inovasi Digital, berkerja sama dengan Mitra Emas berizin.