Cocok untuk Jangka Panjang, Ini Hasil Investasi Emas 10 Tahun

Harga emas logam mulia Antam naik 105 persen dalam 10 tahun terakhir
Bareksa • 27 Jan 2022
cover

Ilustrasi investasi emas logam mulia yang digambarkan dengan seseorang memegang tumpukan emas batangan. (shutterstock)

Bareksa.com -Emas adalah logam mulia yang sudah dikenal oleh masyarakat. Karena nilainya yang tidak akan berkarat, emas batangan sering dijadikan sebagai penyimpan kekayaan dan investasi. 

Investasi emas tergolong sangat aman untuk jangka panjang, karena emas termasuk ke dalam jenis investasi yang rendah risiko (low risk). Hal itu dikarenakan pergerakan harga emas yang cenderung mengikuti laju inflasi. 

Ketika inflasi meningkat, maka harga emas pun akan ikut naik. Sehingga emas sering dijadikan aset aman (safe haven) untuk diversifikasi ketika pasar keuangan sedang bergejolak.

Dalam jangka panjang, harga emas cenderung naik. Buktinya, lihat saja data harga jual emas batangan atau logam mulia produksi PT Antam Tbk. Selama 10 tahun terakhir, harga emas sudah naik 105 persen atau lebih dari dua kali lipat menjadi Rp944.750 per gram pada 24 Januari 2022, dibandingkan Rp460.600 per gram pada 31 Januari 2011. 

Baca juga Empat Alasan Kenapa Emas Layak Dimiliki

Grafik Pergerakan Harga Beli Emas Logam Mulia Antam


Sumber: Logammulia.com

Untuk memahami besaran nilai investasi emas itu, mari kita gunakan simulasi. Misalkan setiap bulan kita rutin membeli emas sebesar 1 gram sejak 10 tahun lalu. Maka, hari ini kita memiliki emas sebanyak 120 gram. 

Tidak terasa, investasi emas lama-lama nilainya membukit. Dengan emas batangan sebesar 120 gram, nilai investasi emas saat ini mencapai Rp113,37 juta. 

Baca juga Menyiapkan Dana Pensiun dengan Tabungan Emas

Brankas Emas yang Aman

Nilai investasi emas tersebut bukanlah angka yang kecil, dan cukup repot juga kalau kita harus menyimpan emas batangan fisiknya karena bisa saja hilang atau dicuri. Namun, jangan khawatir, bila menggunakan fitur Bareksa Emas, kita bisa memakai brankas yang aman milik mitra pengelola emas Pegadaian atau Indogold. 

Keunggulan Bareksa Emas ini hadir karena investor bisa membeli emas online dengan fasilitas titipan. Mitra pengelola emas yaitu Pegadaian dan Indogold sudah mendapatkan izin dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sebagai penyedia gadai emas

Kemudian, bila kita sewaktu-waktu butuh untuk menjual emas secara cepat, tidak perlu pergi ke toko atau kantor cabang lagi. Sebab, jual emas online bisa melalui aplikasi Bareksa dan dananya langsung masuk ke rekening investor. 

Di samping itu, beli emas online melalui Bareksa Emas juga berkesempatan meraih hadiah voucher GrabFood senilai Rp30.000 untuk investor baru dan investor setia di Bareksa. Promo Gold Invest ini berlaku hanya sampai 31 Januari 2022. Baca syarat dan ketentuan Promo Emas Gold Invest

Ada juga promo #ThREEforGood dari  Grab - Bareksa - OVO berhadiah OVO Points dan Voucher GrabFood untuk investasi emas di Bareksa Emas dengan pembayaran menggunakan uang elektronik OVO. Investasi ini sekaligus berdonasi yang donasinya akan ditanggung oleh Grab-Bareksa-OVO, sehingga tidak akan mengurangi nilai investasi.

Tersedia 2000 Voucher OVO Points dan GrabFood untuk investasi emas dan reksadana menggunakan pembayaran OVO. Promo ThREEforGood ini berlangsung hingga 28 Februari 2022. 

Baca juga Kolaborasi PT Pegadaian - Bareksa, Hadirkan Tabungan Emas Online untuk Investasi Terintegrasi

(hm)

Investasi Sekarang

***

Ingin berinvestasi aman di emas logam mulia yang diawasi OJK?
- Daftar jadi nasabah, klik tautan ini
- Beli reksadana, klik tautan ini
- Beli emas klik tautan ini
- Download aplikasi reksadana Bareksa di App Store​
- Download aplikasi reksadana Bareksa di Google Playstore
- Belajar reksadana, klik untuk gabung Komunitas Bareksa di Facebook. GRATIS 

DISCLAIMER​

Fitur Bareksa Emas dikelola oleh PT Bareksa Inovasi Digital, berkerjasama dengan Mitra Emas berizin.